dirganaufallAvatar border
TS
dirganaufall
[NGOBROL] SANTAI ABOUT ENTREPRENEUR & STARTUP
ASSALAMUALAIKUM WR. WB SAHABAT KASKUS

Daripada ghibah dan mendapat dosa lebih baik ngobrol santai disini tentang STARTUP dan ENTREPRENEUR
Sebelum membahas lebih lanjut sebenarnya apasih perbedaan STARTUP dengan ENTREPRENEUR

#ENTREPRENEUR
entrepreneur atau bisa disebut usaha/perusahaan rintisan biasanya fokus pada membuat profit secepat mungkin, dan tujuan utama mereka adalah menjadi perusahaan yang berkelanjutan untuk mensejahterakan hidup dan karier sang pemilik perusahaan.


#STARTUP
startup adalah sebuah eksperimen yang lebih berisiko karena dibuat untuk mencoba model bisnis baru atau aspek pasar yang punya potensi pertumbuhan yang jauh lebih besar.

Perbedaan pentingnya adalah di saat perusahaan kecil mungkin mencari pertumbuhan yang signifikan berkat ekspansi organik, sebuah startup sejak awal didesain agar menjadi scalable. Startup ingin membuat pasar baru atau menggebrak pasar yang sudah ada, dan untuk itu, mereka berharap bisa mendapatkan pertumbuhan atau perkembangan yang signifikan.

Satu lagi perbedaan pentingnya adalah strategi pertumbuhan yang dilakukan oleh keduanya. Di saat perusahaan kecil fokus meningkatkan pendapatan dengan visi jangka pendek untuk meningkatkan profitabilitas, startup tidak bergantung pada satu cara untuk berkembang.

Salah satunya adalah dengan akuisisi pengguna secara alami, berbeda dengan perusahaan yang berinvestasi (misalnya menggunakan uang) untuk mendapatkan pengguna dan kemudian menghasilkan pendapatan — biasanya dengan cara beriklan. Contoh untuk yang satu ini antara lain YouTube dan Facebook. Ada juga contoh lain yang fokus pada meningkatkan pendapatan tanpa memikirkan profitabilitas (misalnya yang dilakukan Amazon).

startup sudah tidak bisa disebut sebagai startup?

Karena tidak adanya aturan yang ketat di dunia startup, tidak ada jawaban pasti kapan sebuah startup bisa dinyatakan “lulus”. Tapi, di bawah ini kami memberikan daftar indikasi umum yang bisa Anda gunakan untuk menentukan posisi bisnis sebuah startup.

Momen yang sangat jelas

Jika Anda memiliki pendapatan sekitar $20 juta, Anda mungkin masih dalam tahap percobaan pasar dan dalam jalur yang tepat untuk mencapai rencana bisnis yang berkesinambungan.

Salah satu indikasi yang cukup jelas adalah ukuran fisik startup tersebut dalam hal pegawai. Jumlah pegawai tetap antara 80 hingga 100 orang adalah indikasi dasar sebuah startup sudah tidak bisa lagi disebut sebagai startup.

Pertanda lain yang juga tak kalah jelas adalah ketika startup tersebut exit. Jika startup itu dibeli, atau startup tersebut terdaftar di pasar saham, startup tersebut sudah tidak bisa lagi disebut sebagai startup.

Kurva pertumbuhan

Ketika Paul Graham dari Y Combinator menjelaskan bahwa startup sudah bukan lagi startup ketika mereka sudah mencapai fase puncak dari kurva S. Menurutnya, pertumbuhan sebuah startup memiliki tiga titik penting:

Tumbuh sangat lambat bahkan sama sekali tidak bertumbuh karena masih berkutat dengan proses pengembangan produk.
Tumbuh dengan cepat ketika target pasarnya sudah teridentifikasi dan startup tersebut dengan cepat melakukan scaling terhadap produknya untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.
Fase puncak: Sebuah posisi yang mengindikasikan pertumbuhan startup-nya sudah melambat karena berkurangnya kebutuhan pasar.

Meski begitu, hal ini tetap menimbulkan pertanyaan: bagaimana cara mengetahui bahwa pertumbuhan cepat sebuah startup berhenti dan fase puncaknya mulai muncul? Jika Anda menggambarkannya dalam sebuah grafik, jawabannya cukup jelas. Meski begitu, penurunan tingkat pertumbuhan yang konsisten berkisar dari lima hingga tujuh persen per tahun (menurut Y Combinator) hingga akhirnya tumbuh kembali tujuh persen per tahun.

Mencapai kondisi product/market fit

Konsep ini mengarah pada kesinambungan produk Anda terhadap target pasar. Setelah calon target pasar untuk sebuah produk ditentukan, jumlah permintaan atas produk tersebut perlu diukur dengan tepat untuk memastikan bisnis yang dijalankan bisa berkesinambungan.

Ada beberapa metode untuk mengetahuinya, mulai dari mengevaluasi posisi dan operasional perusahaan, atau melalui polling/pemungutan suara.

Apakah Anda menjual semua saham Anda? Apakah Anda memperoleh pengguna baru lebih cepat daripada kemampuan Anda menambah kapasitas server? Apakah Anda kesulitan merekrut pegawai sales/support untuk mengimbangi permintaan pasar? Beberapa pertanyaan tersebut adalah indikator populer yang disarankan oleh Marc Andreessen dari VC bernama Andreessen Horowitz.

Metode populer lain seperti yang dijelaskan di sebuah blog oleh Sean Ellis, seorang ahli pemasaran dan serial entrepreneur, menyarankan startup untuk mengenali pelanggan melalui survei mengenai reaksi mereka ketika tidak bisa lagi mengakses produk Anda.

Jika paling tidak 40 persen pelanggan memberi respon sangat negatif — atau dengan kata lain mereka akan sangat kecewa jika tidak bisa lagi mengakses produk Anda — ia mengatakan bahwa startup Anda sudah mencapai kondisi product/market fit.

Ketika sebuah startup menjadi tidak tergantikan di mata penggunanya serta masuk ke dalam metrik di atas, hampir dipastikan bahwa startup tersebut sudah tidak bisa lagi disebut sebagai startup.

Mentalitas

Poin terakhir: banyak orang yang menganggap bahwa startup lebih mengarah ke mentalitas daripada sebuah kategori bisnis, atau dengan kata lain sebuah perusahaan sudah menjadi perusahaan yang dewasa ketika sudah tidak lagi menggunakan budaya startup-nya.

Tapi sekali lagi, bila melihat perbedaan umum antara startup dan perusahaan besar. Perusahaan besar memiliki pemegang saham yang harus dipertimbangkan serta dilayani, dan ini berarti pandangan mereka cenderung lebih fokus pada jangka pendek dan lebih konservatif.

Di sisi lain, startup biasanya memiliki ruang gerak yang lebih luas dan lebih bebas mengambil risiko dan bertindak cepat tanpa harus memikirkan protokol atau birokrasi perusahaan. Meski begitu, tidak jarang juga kita melihat sebuah perusahaan besar punya badan internal yang bergerak dengan lebih mandiri dan fleksibel yang mirip dengan cara startup — misalnya saja Google X.


Quote:


SILAHKAN TULISKAN IDE BISNIS ANDA DIBAWAH DAN APA SAJA YANG DIBUTUHKAN, EXAMPLE :
Bisnis : PLatform anak Muda
Dibutuhkan : Programmer,marketing,tempat, partner,dll
asal : jogja
kontak/line/wa : 082311888464
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan