fabian1960
TS
fabian1960
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
Pernah naik pesawat pastinya tau dong kalau kokpit itu ruangan khusus yang dipake pilot dan co-pilot, nggak boleh sembarang orang masuk ke dalam ruangan kokpit saat pesawat sedang mengudara. Bahkan udah ada peraturannya.


Ane kutip dari sini, sekarang yang mesti diketahui adalah landasan hukum penerbangan ada tiga:
ICAO: Internasional Civil Aviation Organization
CASR: Civil Aviation Safety Regulation
BOM: Basic Operation Manual



Singkatnya: Dunia mengeluarkan peraturan penerbangan secara umum melalui ICAO. Lalu masing-masing Negara mengadopsi peraturan tersebut dan disesuaikan dengan kondisi negara setempat melalui CASR. Kemudian masing-masing Operator/Maskapai Penerbangan mengadopsi CASR untuk diterapkan dalam peraturan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi maskapai melalui BOM Maskapai. Jadi kalau ada pernyataan: Peraturan di Maskapai Amerika tidak membolehkan siapapun penumpang masuk ke kokpit (diatur oleh FAA).

Jadi kalau ada pernyataan: Peraturan di Maskapai Amerika tidak membolehkan siapapun penumpang masuk ke kokpit (diatur oleh FAA). Nah, sangat bisa terjadi ada pengecualian (hal-hal khusus) yang kemudian dalam beberapa syarat salah satu maskapai Indonesia membolehkannya (diatur oleh CASR). Mengapa? Karena masing-masing maskapai membuat BOM yang tentu saja selalu ‘me-refer’ kepada aturan di atasnya, CASR dan ICAO. Amerika mempunyai FAA dan Indonesia mempunyai CASR.



Namun ada fase dimana ruang kokpit tidak dapat diinterupsi (apalagi ada yang masuk), memanggil kokpit melalui interphone saja tidak diperbolehkan kecuali hal-hal urgent yang menyangkut prosedur keselamatan.
Fase tersebut adalah:
1. Pada saat pesawat sudah bergerak menuju ke landasan pacu.
2. Pada saat pesawat take-off sampai mencapai ketinggian 10.000 kaki (atau lampu kenakan sabuk pengaman sudah dipadamkan)
3. Pada saat pesawat sudah approach untuk landing (lampu tanda kenakan sabuk pengaman menyala untuk landing) sampai pesawat berhenti setelah mendarat.

Quote:




Di dalam BOM (Basic Operational Manual) salah satu maskapai dituliskan:

ADMISSION TO FLIGHT DECK

1. To ensure the security of the flight deck, unauthorized persons shall not be allowed to enter the flight deck.
2. Flight Attendant also be vigilant and observe the surroundings carefully before asking permission to enter the cockpit. The active crew member shall strictly follow the guidance in the ASM 2.3.
3. The procedural means by which the crew: i) Prevents access to the flight deck by unauthorized personnel; ii) Identifies authorized personnel requesting entry into the flight deck; iii) Monitors the area outside the flight deck door prior to permitting authorized personnel access to or egress from the flight deck.
4. The following documents are issued by the company or DGCA that must be carried by personnel who intend to enter the flight deck, except crew member on duty or DGCA air carrier inspector, or an authorized representative of the director, who is performing official duties, presents his identification credentials to the PIC of an aircraft.

PIC Verifications
  • The PIC has final authority to allow an admission.
  • The PIC is responsible to supervise behaviors of personnel who are admitted to the cockpit


Nah di Indonesia, Captain dapat menggunakan wewenang ini:
The PIC has final authority to allow an admission –Jadi selama kondisi di luar apa yang dinamakan ‘sterile cockpit’ yaitu kondisi kokpit yang tidak dapat diganggu:
  • before and during take-off,
  • prior to and during landing
  • ATC calls, because they require pilots’ attention
  • navigation or weather problems, since they require problem-solving and decision-making from the flight crew
  • during emergencies


Maka Captain dapat memutuskan (sebagai kebijakannya) penumpang untuk masuk ke kokpit atas dasar: The PIC is responsible to supervise behaviors of personnel who are admitted to the cockpit -Atau keputusan tersebut karena Captain sudah mengenal betul dan memberikan garansi bahwa penumpang yang diijinkan dikenali karakter, sifat dan kebiasaannya. Dan dalam kondisi cuaca yang baik serta tidak dalam waktu yang lama (mengganggu fase sterile cockpit tersebut)




Nah ane baca nih di Facebook gan, katanya ada seorang perempuan dan anaknya yang masuk ke dalam kokpit saat pesawat sedang terbang. Setelah diprotes, ternyata pilot justru mengatakan kalo penumpang boleh aja masuk ke kokpit pesawat boleh atas ijin captain dan cuaca sedang cerah. Pas ane baca, post ini udah dishare dengan total 7,458 shares.

emoticon-Takut



Berikut isi posting selengkapnya gan:

Quote:


Berikut fotonya gan, kalo mau liat rekamannya langsung klik di fbnya aja gan postnya:









Yang ane nggak kebayang, itu kan bawa anak kecil ke dalam kokpit ya gan, terus di kokpit kan banyak tombol-tombol yang punya fungsi masing-masing. Misalnya nih amit-amit orang tuanya lengah terus si anak itu mencet aja gitu karena nggak ngerti, kan pasti ngebahayain para penumpang yang ada di pesawat.

Bahkan udah pernah kejadian di Aeroflot Flight 593, kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 23 Maret 1994 yang melibatkan pesawat penumpang Aeroflot Airbus A310-304. Pesawat jatuh di perbukitan Siberia dengan korban tewas seluruh 75 penumpang termasuk kru. Dari perekam suara kokpit diketahui bahwa anak sang pilot yang masih berumur 15 tahun, Eldar Kudrinsky, mengendalikan kontrol pesawat pada awal insiden dan secara tidak sengaja mengaktifkan suatu fitur otomatis dari autopilot A310. Pilot tidak menyadari hal tersebut dan tidak ada alarm yang bisa menginformasikan pilot akan hal itu.

Jadi sebenernya, boleh nggak sih masuk ke dalam kokpit saat pesawat mengudara?

Dikutip dari Kompas.com, menurut pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan hanya orang-orang tertentu yang boleh masuk ke dalam kokpit saat pesawat mengudara. Orang-orang tersebut seperti personel yang berlisensi pilot atau instruktur pilot.

"Kedua (personel) berlisensi teknisi penerbangan, inspektur penerbangan, dan petugas maskapai yang ditunjuk," kata Alvin saat dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).

Menurutnya, personel yang bisa masuk tersebut juga mesti mendapatkan izin dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Aturan tentang kokpit tersebut juga diatur dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR) yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan pada tahun 2009.

Pada bagian 121, pasal 547, dinyatakan bahwa yang bisa masuk ke dalam kokpit pesawat itu adalah: kru pesawat, pelaku inspeksi yang ditunjuk oleh maskapai, pegawai pemerintah, pemegang sertifikat khusus, atau siapapun yang diizinkan oleh pilot yang memegang kendali dan telah diberikan otorisasi dari manajemen dan perusahaan maskapai penerbangan.

Di peraturan CASR 121 menjelaskan lebih detail orang-orang yang bisa masuk ke dalam kokpit pesawat seperti inspektur pengangkut udara atau perwakilan resmi yang sedang memeriksa atau mengamati operasi penerbangan, pengatur lalu lintas udara yang diberi wewenang untuk memperhatikan prosedur Air Traffic Control.

Perwakilan bagian teknis dari pabrik pembuat pesawat terbang atau komponennya yang tugasnya terkait langsung dengan pemantauan pesawat terbang atau peralatan operasi dalam penerbangan. Semua personel tersebut mesti memiliki sertifikat di bidang penerbangan dan mendapatkan izin dari pihak yang berwenang.

"(Aturan kokpit) demi keselamatan dan keamanan penerbangan memang diatur ketat," kata Alvin.

Ia menambahkan bahwa aturan ada karena menyangkut nyawa ratusan orang di dalam pesawat. Selain ini, lanjutnya, aturan tersebut diharapkan agar pilot dan kopilot jangan sampai terganggu konsentrasinya.

Jadi, kapan penumpang boleh masuk ke kokpit?

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan pada saat mengudara tak ada penumpang yang boleh masuk ke kokpit pesawat. Penumpang bisa masuk saat penerbangan telah selesai.

"Kapten dapat mengizinkan penumpang untuk melihat kokpit saat penerbangan selesai, ketika pesawat dalam kondisi parkir di apron," kata Alvin saat dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).

Alvin mengatakan selama penerbangan berlangsung, pintu kokpit terkunci secara elektronik. Pintu menuju kokpit bisa dibuka oleh kapten pesawat menggunakan remote atau nomor kombinasi yang ditekan oleh kru kabin.

emoticon-2 Jempol

Alangkah lebih baik dan bijak kalo menunggu sampai landing baru ketemu gitu. Selain nggak bakal ganggu konsentrasi pilot, penumpang lain juga nggak merasa keganggu. Apalagi dalam hal ini penerbangan Denpasar-Jakarta kurang lebih 2 jam aja. Jadi mungkin bisa sabar sampai landing, meskipun di dalam kokpit ya emang nggak ngapa-ngapain sih. Itu menurut ane gan. CMIIW. emoticon-Ngacir Tubrukan
Diubah oleh fabian1960 26-05-2017 08:30
0
87.4K
582
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan