alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/591f1b0c96bde6f9048b4568/ditolak-ormas-peresmian-gereja-di-mojosongo-solo-dijaga-ketat-polisi
Ditolak Ormas, Peresmian Gereja di Mojosongo Solo Dijaga Ketat Polisi

Ditolak Ormas, Peresmian Gereja di Mojosongo Solo Dijaga Ketat Polisi
Anggota Polresta Solo mengadang puluhan anggota ormas yang berusaha masuk ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Kampung Busukan, Mojosongo, Jebres, Solo, yang akan diresmikan Kamis (18/5/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)




Solopos.com, SOLO — Puluhan anggota ormas menggelar aksi unjuk rasa menolak peresmian Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Kampung Busukan RT 002/RT 027, Mojosongo, Jebres, Solo, Kamis (18/5/2017). Aksi itu mendapatkan pengawalan ketat anggota Polresta Solo.

Pantauan solopos.com , aksi tersebut dimulai pukul 08.30 WIB dengan menutup jalan kampung menuju ke gedung GKI. Massa aksi berusaha masuk ke gereja untuk menghentikan aktivitas jemaat di dalam gereja. Namun, upaya tersebut diadang anggota Brimob dan Dalmas bersenjata lengkap dan temeng.

Salah seorang peserta aksi, Suparman, mengatakan pengurus gereja saat membangun gereja tanpa meminta persetujuan warga. Selain itu, kata dia, mereka juga memalsukan syarat administrasi pembangunan sehingga warga menggelar aksi.

“Kami meminta gereja ditutup karena terbukti menyalahi aturan. Warga sudah memperingatkan pada pengurus gereja tetapi hari ini [Kamis] justru diresmikan,” kata dia.

Pendeta GKI Busukan, Waski, mengatakan tidak ada yang salah dalam pembangunan GKI di Busukan. Pemkot Solo sudah menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sekarang gereja akan diresmikan Kamis ini.

“Kami punya bukti lengkap soal berkas syarat pembangunan gedung GKI. Warga yang menolak justru bukan warga asli Busukan,” kata dia.

Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo, mengatakan warga yang menolak diharapkan menempuh jalur hukum yang berlaku. Polresta Solo tidak mau ada orang yang bermain hakim sendiri dalam persoalan ini.

“Kami sudah menemukan kedua belah pihak agar menjaga diri jangan sampai ada gesekan,” kata dia.



SUMUR
MUI apa tanggepannya?
Di negara mayoritas islam harusnya pengelola sosialisasi ke warga yang islam, jangan seenaknya bangun gitu aja..lagian perizinan, surat2 tanahnya legal ga tuh..ga usah teriak2 intoleran deh, cek dulu masalahnya, itu biasanya perizinan sama ga menghargai orang muslim..!!
gereja ilegal yak ?

kalo resmi ga mungkin di ramein gitu ..
yg dpt ijin aja gak boleh apa lagi yg gak ada ijin
bakar aja bakar, toh paling sebulan masuk selemoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By walker2314
gereja ilegal yak ?

kalo resmi ga mungkin di ramein gitu ..

Yg legal aja diricuin hahahaah
Eh mesjid semua ada ijinx ga? Mau jalankan aturan? Yakin? Mau rata tuh sebagian mesjid?
Pendeta GKI Busukan, Waski, mengatakan tidak ada yang salah dalam pembangunan GKI di Busukan. Pemkot Solo sudah menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sekarang gereja akan diresmikan Kamis ini.

“Kami punya bukti lengkap soal berkas syarat pembangunan gedung GKI. Warga yang menolak justru bukan warga asli Busukan,” kata dia.

apakah dari kawasan pemasok telolis? emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By banpuku



Yg legal aja diricuin hahahaah
Eh mesjid semua ada ijinx ga? Mau jalankan aturan? Yakin? Mau rata tuh sebagian mesjid?


masjid ga pernah di ramein tu ..
emank gereja nya kali yak
ilegal
emoticon-Malu (S)
mungkin takut kehilangan member kali
kondisi kayak gini, yang di inggris masih berani ngomong indonesia menjunjung tinggi toleransiemoticon-Big Grin, kontradiktif sekaliemoticon-Big Grin
udeh akh,gitu amat akur dong
sama2 penggemar komik fantasi kok ribut,harusnya akur,marvel & dc comic aja superheronya bisa akur emoticon-Malu (S)
ormas lagi ormas lagi emoticon-Frown

kapan ormas bisa ke bulan emoticon-Marah


Quote:Original Posted By duniatanpamoral
yg dpt ijin aja gak boleh apa lagi yg gak ada ijin
bakar aja bakar, toh paling sebulan masuk selemoticon-Leh Uga


Bakar gpp gan.. Malah dapet makan siang gratis di istana...

asal jangan di hina aja, bisa kena bui 2 tahun... emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By Phiong333
udeh akh,gitu amat akur dong
sama2 penggemar komik fantasi kok ribut,harusnya akur,marvel & dc comic aja superheronya bisa akur emoticon-Malu (S)


emoticon-Frownemoticon-Frown

semoga terputus di generasi ini saja ya emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By filusufkacang


Bakar gpp gan.. Malah dapet makan siang gratis di istana...

asal jangan di hina aja, bisa kena bui 2 tahun... emoticon-Ultah


ah elu sup,. belagak goblok

yang diundang emang pelaku heh

Quote:Original Posted By xaruduy
Di negara mayoritas islam harusnya pengelola sosialisasi ke warga yang islam, jangan seenaknya bangun gitu aja..lagian perizinan, surat2 tanahnya legal ga tuh..ga usah teriak2 intoleran deh, cek dulu masalahnya, itu biasanya perizinan sama ga menghargai orang muslim..!!


sosialisasi apaan tong ? UU yg mengatur sosialisasinya mana ?

Pengurusan IMB untuk tempat ibadah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006/nomor 8 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/ Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat.

BAB I. KETENTUAN UMUM.

Pasal 1: "Dalam Peraturan Bersama ini yang dimaksud dengan:

3. Rumah ibadat adalah bangunan yang memiliki ciri-ciri tertentu yang khusus dipergunakan untuk beribadat bagi para pemeluk masing-masing agama secara permanen, tidak termasuk tempat ibadat keluarga.
4. Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan yang selanjutnya disebut Ormas Keagamaan adalah organisasi nonpemerintah bervisi kebangsaan yang dibentuk berdasarkan kesamaan agama oleh warga negara Republik Indonesia secara sukarela, berbadan hukum, dan telah terdaftar di pemerintah daerah setempat serta bukan organisasi sayap partai politik.
6. Forum Kerukunan Umat Beragama, yang selanjutnya disingkat FKUB, adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.
7. Panitia pembangunan rumah ibadat adalah panitia yang dibentuk oleh umat beragama, ormas keagamaan atau pengurus rumah ibadat.
8. Izin Mendirikan Bangunan rumah ibadat yang selanjutnya disebut IMB rumah ibadat, adalah izin yang diterbitkan oleh bupati/walikota untuk pembangunan rumah ibadat."



jadilah mayoritas yg cerdas emoticon-Recommended Seller
halah nuduhnya gitu lagi. palsu ini itu, kagak sosialisasi ke sekitar lah. mirip bekasi dah. atau emang modusnya begitu?
Quote:Original Posted By filusufkacang


Bakar gpp gan.. Malah dapet makan siang gratis di istana...

asal jangan di hina aja, bisa kena bui 2 tahun... emoticon-Ultah


coba di cek lagi yg di bakar dibangun lagi gak
amazing bangat dahemoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By 4141525
ah elu sup,. belagak goblok

yang diundang emang pelaku heh


Loh emang saya ngatain sapa yah? Kok situ langsung kelojotan??

Bakar-membakar itu di bolehkan di negara ini..

Asal jangan menghina.. emoticon-Ultah
Nama nya juga negara mayoritas muslim, pasti menolak.

Gk usah heran, pembangunan masjid oleh komunitas Turki di Amsterdam juga tidak disukai oleh penduduk lokal kok.

youtube-thumbnail