alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/591965335a51638a738b4569/tambang-emas-freeport-di-papua-dalam-mitos-dan-fakta
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
*jgn lupa klik share thread ini utk mendukung membasmi hoax yg disebarkan para bigot tidak bertanggung jawab

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
grasberg gold mine,papua

prolog

“hutang indonesia lunas apabila mampu mengolah sendiri tambang emas freeport di papua”

“indonesia sudah jadi negara kaya raya apabila dulu suharto tidak menggadaikan tambang grasberg ke USA”


Yang lebih bombastis lagi sampai ada klaim seperti ini :

“amerika dibangun oleh kekayaan papua”

https://www.google.com/search?q=amer...ient=firefox-b


Serius?

Sehebat itukah tambang emas grasberg papua yg dikelola freeport ?


Q & A
Quote:
Q : Grasberg papua kan tambang emas terbesar dunia ?

A : Mengenai tambang grasberg dioperasikan freeport dengan cara : open pit, the Deep Ore Zone underground mine,the Big Gossan underground mine dan hanya menghasilkan 1jt an ounce per tahun

Pada 2011, produksi emas Freeport Indonesia sebesar 1.44 juta ounce
Pada 2012,produksi emas Freeport Indonesia sebesar 862.000 ounce
Pada 2015, produksi emas Freeport Indonesia sebesar 1,23 juta ounce
Pada 2016, produksi emas freeport indonesia sebesar 1,05 juta ounce

https://m.tempo.co/read/news/2017/01...eport-melonjak

apakah tambang emas grasberg terbesar didunia ?

tambang emas Muruntau di uzbekistan( dioperasikan dengan cara : open-pit mine dan heap leach operations) menghasilkan emas 2x lipat lebih banyak pertahun dibanding garsberg

pada 2014,tambang emas muruntau menghasilkan emas 2.6 juta ounces

http://www.mining.com/the-worlds-top...10-gold-mines/
https://en.wikipedia.org/wiki/Murunt...u_gold_deposit



Quote:
Q : jadi grasberg papua masih kalah dengan muruntau ? tapi tetap menghasilkan emas dalam jumlah besar untuk freeport kan ?

A : bukan Cuma muruntau yg mengalahkan atau menyaingi garsberg,masih byk tambang emas lain yg sama wah nya atau bahkan lebih..silahkan googling sendiri tambang emas South Deep di afrika selatan, tambang emas Lihir mine di Papua nugini,yanacocha di peru,cortez dan goldstrike(carlin trend) di USA,dan msh byk lagi.

freeport mcmoran bahkan tidak termasuk dalam 10 perusahaan tambang dunia penghasil emas terbesar dunia :
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
http://www.mining.com/update-worlds-...old-producers/



Quote:
Q : ok,freeport mcmoran tidak termasuk 10 perusahaan tambang penghasil emas terbesar dunia.. tapi pengoperasian tambang grasberg membuat freeport mc moran kaya raya kan?

A: meski freeport indonesia profit,tapi kontribusinya tidak bisa menyelamatkan lap.leuangan freeport mc moran 5 tahun terakhir total merugi
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
http://s2.q4cdn.com/089924811/files/...CX_AR_2016.pdf

menyelamatkan induk perusahaan freeport mcmoran saja dari kerugian tidak bisa,bagaimana bisa kontribusi tambang grasberg meningkatkan kemakmuran rakyat indo?

kalau merasa freeport adalah perusahaan yg kaya raya akibat tambang emas papua,bahkan membuat amerika kaya raya,kamu bisa beli sahamnya : Freeport-McMoRan(FCX) di New York Stock Exchange(NYSE)

Sayangnya harga saham freeport kalau kamu beli 22 tahun lalu harganya kurang lbh sama dengan sekarang,bahkan turun 15%(lom lagi kamu malah tekor banyak kegerus inflasi)

14 juli 1995 : 13$ / saham
12 mei 2017 : 11,51$ / saham

https://www.google.com/search?q=free...ient=firefox-b

kalau TS pribadi sih sebagai pemain saham kecil kecilan ogah ngisi portofolio saham TS dengan emiten yg lap.keuangannya kadang untung kadang rugi,kalau di indo saham laporan keuangan jenis ini sangat berpotensi jadi saham gorengan,hehehe


Quote:
Q : tapi tambang papua jadi andalan freeport mcmoran kan?apalagi 96% pertambangan emas freeport berasal dari papua !

A : memang benar 96% pertambangan emas freeport berasal dari tambang papua,grasberg,tapi bukan berarti profit dan omset terbesar dari sana,penyumbang pemasukan(revenue) dan laba(profit) terbaik untuk freeport mcmoran secara global berasal dari tambang mereka di amerika utara(North America copper mines-freeport) secara signifikan,baru disusul freeport indonesia yg ditempel ketat dengan freeport amerika selatan,setidaknya dlaam 5 tahun terakhir ini bisnis tembaga lah yg memberikan induk perusahaan freeport mcmoran untung plg besar,disusul emas,dan baru kemudian minyak yg bikin freeport merugi


Quote:
Q : jadi dari mana mitos "keperkasaan" tambang papua berasal ? ( yg konon katanya bisa membuat USA jadi kaya raya) ??

A : dari buku terbitan forbes wilson ( kelak jadi pemimpin freeport indonesia ) yang menimbulkan overhype berlebihan bagi warga indonesia,padahal buku yg menceritakan temuan potensi tambang potensial sih biasa biasa aja ya,hehehe

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

buku tulisan forbes wilson tersebut menceritakan tentang tambang ertsberg papua(yg lbh dulu ditambang sebelum grasberg) yg memiliki kandungan tembaga terbesar didunia saat itu,namun perlu dicatat ertsberg sendiripun tidak memberikan kekayaan bombastis utk freeport krn stlh berinvestasi besar besaran(200jt usd lbh) ketika digali harga tembaga dipasaran dunia saat itu tertekan sehingga freeport hny mendapatkan untung sedikit

yg menentukan margin laba perusahaan pertambang adalah harga pasaran komoditi tersebut dipasaran bukan seberapa byk kandungan pada lahan yg digali,jadi meskipun grasberg atau ertsberg memiliki kandungan 100x dr skrg tidak akan membuat margin laba freeport melonjak 100x..seandainya biaya operasional lbh gede dr hrg pasaran dunia ya tetap saja tekor..

jika Freeport ini di nasionalisasikan toh Jargon "demi kemakmuran nasional" hanyalah omong kosong. Karena dimasa freeport berjaya(mencetak laba) duit Rp. 25 Trilyun (laba tahun 2009 Freeport McMoran ketika masih jaya jaya nya profit dalam satu tahun) atau 23 triliun ( 2010) kalau dibagi ke seluruh penduduk Indonesia -- masing-masing cuma akan kebagian Rp. 100 ribu setahun - atau kira-kira 300 perak per hari per orang...! Apa orang se-Indonesia bisa makmur dengan angka segitu...? Bayar pemakaian WC Umum saja nggak cukup,hahaha..


Quote:
Q : dengar dengar royalti Freeport cm 1% dari penjualan!

A : riciannya 1% utk emas(standard dunia 3%),Dan 3% utk tembaga(standad dunia 6%) Yg tertuang dalam kk,namun semua itu sudah berubah semenjak kk diganti IUPK ,jadi 3,75% utk emas(diatas standard Bagi hasil pertsmbangan dunia Yg cm 3%) Dan 3,75% utk tembaga(masih dibawah standard dunia yg 6%)

https://www.kumparan.com/dewi-rachmat-k/membedah-perseteruan-pajak-freeport-prevailing-vs-nail-down

https://www.tempo.co/read/news/2014/07/25/090595742/habis-2021-kontrak-freeport-berubah-jadi-iupk

itu dari omset,jgn lupa itu baru dr royalti,lom lagi dr deviden saham(pemerintah ri pny saham freeport indonesia 9,6% sampai tanggal 16-5-2017 ini) dan pajak(nah yg gede dipajak sebenarnya ! pertahun pajak yg dibayar freeport 8-10x dibanding total royaltinya,tp hater freeport kalau nulis artikel suka pura pura amnesia ngungkit pajak ini..ngungkitnya royalti 1% terus,hahaha...)

ambil contoh(lagi) tahun 2009 dan 2010 ketika freeport untung 25 atau 23 triliun rupiah

berapa yg didapat pemerintah RI dari total royalti,pajak,dividen? 8 triliun

https://mediaharapan.com/freeport-ha...tah-indonesia/


mereka yg kerja,mereka yg tanam modal gede(utk ertsberg saja freeport indonesia invest 200jt usd),mereka yg resiko rugi,sementara pemerintah ri sebagai tuan tanah cuma terima duit aja...

23 t(dalam masa untung freeport) berbading 8 t utk pemerintah ri



Quote:
Q : dulu tahun 60an ketika pertama kali buka tambang apakah Freeport Untung Besar? sebelum ditemukan tambang grasberg,bukankah freeport lbh dulu menemukan tambang Ertsberg ?? tambang tembaga yg saat itu terbesar didunia ? yang ditulis dalam buku terbitan forbes wilson tersebut ?

A : Pembangunan tambang ertsberg ini menelan biaya hampir US$200 juta. Walaupun pembangunan tambang Ertsberg ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa, tetapi kinerja keuangan tambang ini pada awalnya sangat mengecewakan, karena harga tembaga yang terus terdepresiasi dan tingginya biaya operasional, hanya menyisakan sedikit keuntungan untuk Freeport selama dekade 1970an.

source :
https://www.library.ohiou.edu/indopu...6/16/0007.html


Quote:
Q : ah tapi kok saya masih ragu ya?soalnya dari kecil saya dicekokin cerita grasberg adalah kekayaan indonesia yg luarrrrr biasa sampai seharusnya bisa memakmurkan indonesia

A : tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

Hitung-hitungan Bongkahan Emas Tambang Freeport di Papua

Isu tentang PT Freeport Indonesia selalu menjadi perhatian di Indonesia. Hal ini mengingat perusahaan tersebut telah cukup lama mengeruk tambang emas di Bumi Cendrawasih, Papua.

Total cadangan emas, perak dan tembaga yang ada di tambang Grasberg, Papua sekitar 3,8 miliar ton. Freeport sendiri sejak era 1990-an telah mengeruk sekitar 1,7 miliar ton dan kini bersisa 2,1 miliar ton.

Lantas, berapa besar bongkahan emas yang akan diperoleh raksasa tambang Amerika Serikat (AS) tersebut dari sisa cadangan tersebut?

Pakar Tambang Bawah Tanah Institut Teknologi Bandung (ITB) Ridho Kresna Wattimena mengungkapkan, Freeport mengeruk tambang di Papua dengan metode block caving yang merupakan metode pengerukan tambang bawah tanah (underground mining) yang paling murah yaitu sekitar USD2 miliar hingga USD10 miliar.

"Tapi untuk mendapatkan hasilnya butuh waktu cukup lama. Block caving biaya produksi paling murah sekitar USD2-10 miliar," katanya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Dengan menggunakan metode ini, kata dia, penambang butuh waktu 15 tahun hanya untuk membuat terowongan sekitar 1,6 kilometer (km) di bawah tanah. Hanya untuk membuat terowongan tersebut, dana yang digelontorkan sudah 70% dari total modal yang dikeluarkan.

Belum lagi, jika sudah mulai menambang dengan metode tersebut maka penambang tidak boleh berhenti. Sebab, alat-alat yang digunakan akan langsung rusak dalam waktu yang tidak lama.

"Jadi, jika kantong tidak kuat jangan coba-coba pakai metode block caving. Jangan sampai pakai blok caving terus berhenti. Ini hanya Freeport," imbuh dia.

Menurutnya, hasil tambang yang akan diperoleh Freeport dari dana fantastis tersebut pun sangat kecil. Untuk ukuran 5,5 ton bijih, emas yang terkandung hanya sekitar 5 gram, kemudian tembaga 55 kilogram (kg), dan perak sekitar 22 kg.

"Hasil tambang Freeport yang di dapat kecil. Dari 5,5 ton bijih yang didapat Freeport hasinya hanya 5 gram emasnya. Kadar 1 ton hanya 0,1 gram," tandasnya


https://ekbis.sindonews.com/read/120...pua-1494224369

baca juga : Tax Manager Freeport: Banyak Mitos Hoax Tentang Kami

"Kami ini diklaim produksi 726 juta ton emas di koran Kompas. Padahal produksi seluruh perusahaan emas di dunia pun, ditulis di Majalah Gold Council, tiap tahunnya hanya 2.500 ton," ungkapnya dalam kuliah umum di UGM, Rabu (09/03/2017).

Isu membesar-besarkan usaha Freeport juga seringkali dikaitkan dengan bentuk tambang. Banyak masyarakat dan artikel di media yang menggambarkan Freeport menambang gunung emas dan selalu untung besar.

Padahal menurut Mukhlis, yang ditambang Freeport adalah perusahaan bijih besi (ore) dan konsentrat. Kandungan emas dalam ore tersebut sejumlah empat per million. Jadi setiap satu ton ore, hanya empat miligram emas yang bisa diperoleh.

http://krjogja.com/web/news/read/266...x_Tentang_Kami



Quote:
Q : tapi aktivitas penambangan grasberg di papua merusak alam kan?

A : untuk yg satu ini kita mesti obyektif,aktivitas pertambangan memang merusak alam,namun kalau itu jadi alasan kita mengusir freeport,lantas bagaimana dengan ratusan perusahaan pertambangan lokal lain di indonesia ?

ambil contoh di kalimantan saja deh.. apa dampak aktivitas pertambangan disana..dan itu bukan dilakukan oleh freeport,tapi oleh perusahaan pertambangan indonesia sendiri loh

saya berapa tahun lalu pernah ngobrol sama orang indo yg kerja di freeport,dia cerita freeport memberikan ratusan beasiswa keluar papua bahkan sampai ke luar negri utk rakyat papua,suku suku disana diberi uang perbulan oleh freeport,pekerja yg mememiliki anak diberi tunjangan uang utk anaknya sekolah,bangun jalan,fasilitas,dll intinya banyak warga timika sendiri yg beranggapan freeport lbh berkontribusi utk rakyat sana dibanding pemerintah pusat.kalau perusahaan tambang lokal di kalimantan melakukan balas budi kepada penduduk lokal seperti freeport, mungkin fasilitias di kalimantan sudah setara kota kota besar jawa kali ya


Quote:
Q : mengenai smelter? knp freeport seperti ogah ogahan bangun smelter?

A : smelter menguntungkan utk pemerintah RI krn berarti pemasukan yg lbh besar utk pemerintah,namun bagi perusahaan tambang krn berarti investasi yg lbh besar,utk membangun smelter freeport indo perlu dana 30 triliun rupiah,ini setara laba bersih mereka setahun !

sebagai WN indonesia tentu saya berharap pemasukan yg lbh besar utk pemerintah RI,namun perlu jg diingat proses smelter juga berarti kerusakan lingkungan

namun apabila melihat dari kacamata bisnis tentu saya seadainya pemilik freeport mengeluh harus investasi sebesar laba saya setahun hanya tanpa keuntungan utk saya dan cm demi memenuhi persyaratan pemerintah setempat..jadi kalau dr kacamata bisnis wajar wajar saja sih menurut saya freeport mengeluh..dan bukan cm freeport,tp byk perusahaan tambang lain

Mengapa smelter tak menguntungkan bagi pebisnis pertambangan?

https://www.merdeka.com/piala-dunia/mengapa-smelter-tak-menguntungkan-bagi-pebisnis-pertambangan.html

Dia menambahkan untuk membangun smelter, Freeport membutuhkan dana yang mencapai 2,2 miliar dolar AS

http://www.suara.com/bisnis/2016/12/07/133507/freeport-menolak-bangun-smelter-sebelum-perpanjangan-kontrak

4 Perusahaan Tambang Enggan Bangun Smelter di Indonesia

https://www.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/2300691/4-perusahaan-tambang-enggan-bangun-smelter-di-indonesia


Quote:
Q : jadi pada akhirnya freeport bangun smelter atau tidak?

A : sudah,di gresik,namanya pt smelting gresik

Bangun 'Smelter' di Gresik Jawa Timur, Freeport Sewa Lahan Milik AKRA

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/08/01/170959526/bangun.smelter.di.gresik.jawa.timur.freeport.sewa.lahan.milik.akra

dan sudah beroperasi :

https://www.detik.com/finance/energi/d-3442992/smelter-gresik-beroperasi-lagi-produksi-freeport-pulih-40



Quote:
Q : seandainya nih, Kalau seluruh laba Freeport indo diberikan untuk indo,apakah cukup utk memakmurkan indo?

A : laba bersih tahunan Freeport Indonesia Hanya 20 triliun rupiah-40 triliun rupiah setara 1-2% Dr APBN tahunan indo Yg mencapai 2000an triliun,sangat tidak signifikan utk meningkatkan kemakmuran Bagi indo


Quote:
Q : kenapa pemerintah Dan Freeport Indonesia akhirnya sepakat merubah kk jadi IUPK?APA bedanya?

A : dengan IUPK,pemerintah RI bisa merubah besaran royalti,dividen,Pajak,pungutan lain tanpa perlu bernegosiasi dengan Freeport .Freeport Disisi lain oke oke saja asal ada kepastian Bisnis jangka panjang

https://www.kumparan.com/dewi-rachmat-k/membedah-perseteruan-pajak-freeport-prevailing-vs-nail-down


Quote:
Q : TS nya antek asing ya?

A : TS bukan antek asing atau antek pribumi,
mengenai pada akhirnya freeport indonesia dibeli pemerintah indo atau tidak,TS ga ambil pusing,TS hanya ingin meluruskan informasi utk meredam mitos,delusi dan dongeng indah semu yg ditawarkan ribuan artikel ultra nasionalis indonesia bahwa seandainya indonesia mengelola sendiri tambang grasberg akan meningkatkan perekonomi indonesia secara signifikan

Pemerintah RI pun ga bodoh asal asalan mau melakukan investasi buruk,nawar saham freeport semurah mngkn :

https://www.google.com/search?q=peme...ient=firefox-b

freeport hanyalah bisnis biasa,bukan bisnis super seperti contoh contoh perusahaan ini :
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

atau ini tabel 100 negara dan company penghasil revenue/gdp tertinggi :

yg warna orange : negara
warna hijau : perusahaan

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

perusahaan perusahaan warna hijau itu lah yg mampu mengubah nasib kemakmuran negara apabila berhasil diambil alih (itu kalau ada dana utk beli perusahan2 raksasa tersebut)

tidak ada freeport disana,sangat sangat jauh

akhir kata TS scr pribadi melihat kengototan pemerintah RI beli saham PT freeport indonesia demi emosional popularitas dimata rakyat semata bukan murni krn analisa bisnis

berhasil atau tidak pemerintah RI mengambil alih freeport indonesia,laba dari freeport tidak akan berdampak signifikan bagi kemakmuran rakyat indonesia


RULES DEBATE CLUB
Dalam rangka adanya revisi UU ITE, mulai Januari 2017 akan diberlakukan aturan baru.

Berikut adalah aturan-aturan terbaru :

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

***********************************************************************************************************
Sebelum anda mulai membuat thread atau posting di Debat Club ("DC") anda harus telah membaca dan menyatakan diri setuju dengan Kaskus General Rules dan Kaskus Term Of Use
emoticon-Angkat Beer
*akan ts update berkala krn perlu waktu utk analisa

ini adalah tulisan anti-freeport paling populer yg entah sdh dibagi,copas berapa ribu kali di fb,blog,forum,dsb :

https://coretan-rooney.blogspot.co.id/2014/04/amerika-perampok-kekayaan-indonesia.html?m=1

TS akan jawab satu persatu klaim nya :

Quote:
judul : Amerika 'perampok' kekayaan indonesia (Papua)


merampok : tanpa sepengetahuan si pemilik,perampok tidak akan membagi hasil,bayar pajak,melakukan kebijakan balas budi bagi warga sekitar/csr

Quote:AMERICA BUILD FROM PAPUA GOLD [NEGARA AMERIKA DIBANGUN DARI EMAS PAPUA]

sudah ts jawab di os,laba bersih freeport indo terlalu kecil utk mempengaruhi kemakmuran amerika bahkan indonesia

Quote:Freeport adalah pertambangan emas terbesar di dunia!Namun termurah dalam biaya operasionalnya


tidak sama sekali..namun kalau masuk 5 besar mngkn msh bisa,operasional plg murah?lagi lagi bukan,lihat os

Quote:Sebagian kebesaran dan kemegahan Amerika sekarang ini adalah hasil perampokan resmi mereka atas gunung emas di papua

gdp USA : 18036.65 billion US dollars in 2015.

18.000 miliar US dolar

laba freeport indo 2015 : US$ 2,65 miliar

https://www.tempo.co/read/news/2017/01/26/090840156/pendapatan-freeport-indonesia-tahun-lalu-capai-rp-44-triliun

2,65 dibagi 18.000 x 100%: 0,00014%

ini ibarat kamu nyumbang bangun masjid rp.100 doang dan kamu koar koar kesemua orang bahwa masjid tersebut dibangun oleh kekayaan kamu,ga salah sih...cuma kontribusimu ibarat sebutir pasir di hamparan pasir pantai...

norak

malu maluin

Quote:Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negeri ini, para jenderal dan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini. Mereka ini tidak lebih baik daripada seekor lintah!

lintahnya pejabat atau freeport?

Quote:
Akhir tahun 1996, sebuah tulisan bagus oleh Lisa Pease yang dimuat dalam majalah Probe. Tulisan ini juga disimpan dalam National Archive di Washington DC. Judul tulisan tersebut adalah “JFK, Indonesia, CIA and Freeport”.

Walau dominasi Freeport atas gunung emas di Papua dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di negeri ini sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Dalam tulisannya, Lisa Pease mendapatkan temuan jika Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959.bla bla bla...tulisan lisa pease bisa kamu lihat disini :

http://www.thesecrettruth.com/freeport-indonesia.htm

versi bahasa indonesia :

http://lipsus.kontan.co.id/v2/freeport/lisapease


pembahasan freeport indonesia membuat nama lisa pease menjadi legenda di pembahasan freeport indonesia krn di copas ribuan kali oleh hater freeport utk mendukung "bukti" konspirasi freeport

mari bahas sumbernya dulu,apakah otentik?

1.majalah probe
2.klaim kematian jfk terkait freeport indonesia
3.tulisan lisa pease masuk washington national archieves
4.freeport sulphur mencoba berkali kali membunuh fidel castro


1.majalah probe di amerika..sejujurnya ts baru pertama kali dengar "majalah" ini,apakah sekelas time,atau sekelas majalah gosip the sun?

http://probemag.weebly.com/about.html

PROBE Magazine covers aspects of the American urban life, which include, but not limited to, music, entertainment, business, health, finance, art, and community. From fashion designers to aspiring-artists to entrepreneurs,

kita bisa ambil kesimpulan kalau majalah probe sebenarnya memprioritaskan topik american urban life(kehidupan perkotaan sosial warga US),apakah cukup kompeten membahas bisnis apalagi terkait bumbu konspirasi tingkat tinggi? saya tidak akan bilang majalah probe tidak layak dipercaya atau menjatuhkannya,namun saya cuma mau bilang apakah majalah "FHM","maxim" akan jadi andalanmu membahas bisnis dan konspirasi?

2.kita sama sama tau ada ribuan cerita konspirasi siapa didalang kematian JFK,dan saya cm melihat tulisan lisa pease sebagai salah satunya.krn kisah siapa dalang dibalik kematian jfk msh misteri sampai skrg(pelakunya/penembaknya tertangkap namun siapa yg jd dalangnya tidak pernah dipastikan siapa dan apa motifnya)

3.washington national archieves :

https://www.archives.gov/dc-metro/washington

memasukan kata kunci judul artikel lisa pease di pencarian : JFK, Indonesia, CIA and Freeport
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

tidak ada yg cocok


kata kunci author "lisa pease" ditemukan,tp judul artikelnya ga ketemu :

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

coba mencari kaitan kata JFK dengan indonesia..ada 9..tapi tidak ada yg terkait freeport sama sekali :

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

kesimpulan : artikel dengan judul : JFK, Indonesia, CIA and Freeport tidak ditemukan di washington national archieves,setidaknya di mesin pencarian websitenya

4.freeport mencoba membunuh fidel castro?

Quote:Walau dominasi Freeport atas gunung emas di Papua dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di negeri ini sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Dalam tulisannya, Lisa Pease mendapatkan temuan jika Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959.

Saat itu Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan. Freeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya terkena imbasnya. Ketegangan terjadi. Menurut Lisa Pease, berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Castro, namun berkali-kali pula menemui kegagalan.


bahkan wiki sebagai sumber berbagai campuran artikel berbobot maupun tidak bermutu,bahkan konspirasi tidak menulis demikian..meski wiki mengakui CIA berkali kali mencoba membunuh fidel castro,tp tidak menulis satu kata "freeport" pun terkait percobaan pembunuhan fidel castro

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

Quote:
Ditengah situasi yang penuh ketidakpastian, pada Agustus 1959, Forbes Wilson yang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen. Dalam pertemuan itu Gruisen bercerita jika dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Gunung Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jaques Dozy di tahun 1936. Uniknya, laporan itu sebenarnya sudah dianggap tidak berguna dan tersimpan selama bertahun-tahun begitu saja di perpustakaan Belanda. Van Gruisen tertarik dengan laporan penelitian yang sudah berdebu itu dan membacanya.

berapi-api, Van Gruisen bercerita kepada pemimpin Freeport Sulphur itu jika selain memaparkan tentang keindahan alamnya, Jean Jaques Dozy juga menulis tentang kekayaan alamnya yang begitu melimpah. Tidak seperti wilayah lainnya diseluruh dunia, maka kandungan biji tembaga yang ada disekujur tubuh Gunung Ersberg itu terhampar di atas permukaan tanah, jadi tidak tersembunyi di dalam tanah. Mendengar hal itu, Wilson sangat antusias dan segera melakukan perjalanan ke Irian Barat untuk mengecek kebenaran cerita itu. Di dalam benaknya, jika kisah laporan ini benar, maka perusahaannya akan bisa bangkit kembali dan selamat dari kebangkrutan yang sudah di depan mata.



coba saja search google : East Borneo Company, Jan van Gruisen

atau : east borneo company

atau : jan van gruisen

hanya muncul di artikel berbahasa indonesia yg mengumbar tulisan anti-freeport

ini cukup aneh seolah olah mereka adalah perusahaan dan makhluk karangan artikel indonesia belaka

padahal byk artikel bahasa inggris terkait freeport maupun forbes wilson dalam bahasa inggris yg ditemukan mesin pencarian google


satu satunya yg ditemukan di mesin pencarian google artikel bahasa inggris adalah : Jean Jaques Dozy

itupun hanya wiki (dengan link pranalar luar yg error) dan link bbc yg ketika diklik malah tidak ketemu nama orangnya :
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan faktatambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta

Quote:
Wilson juga mendapatkan temuan yang nyaris membuatnya gila. Karena selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut ternyata juga dipenuhi bijih emas dan perak!! Menurut Wilson, seharusnya gunung tersebut diberi nama GOLD MOUNTAIN, bukan Gunung Tembaga. Sebagai seorang pakar pertambangan, Wilson memperkirakan jika Freeport akan untung besar dalam waktu tiga tahun sudah kembali modal. Pimpinan Freeport Sulphur ini pun bergerak dengan cepat. Pada 1 Februari 1960, Freeport Sulphur meneken kerjasama dengan East Borneo Company untuk mengeksplorasi gunung tersebut.


mngkn penulis artikel yg gila...ertsberg didominasi tembaga,kalau grasberg baru byk emas nya,namun grasberg baru ditemukan tahun 1980an..bukan 60an..jadi tidak ada yg salah dengan penamaan tembagapura saat itu krn dinamai tahun 60an

dan yg jelas kinerja tambang ertsberg 3 tahun awal mengecewakan krn profit kecil akibat harga pasaran tembaga yg jatuh

boro boro balik modal 3 tahun..

https://www.library.ohiou.edu/indopubs/1997/06/16/0007.html

Quote:Ketika pertambangan ini dibuka hingga sekarang, pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ons tembaga dan 724,7 JUTA ons emas. FHI mencoba meng-Uangkan jumlah tersebut dengan harga per gram emas, anggap saja Rp. 600.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/ 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 600.000. = Rp.434.820.000.000.000.000.000 Rupiah!!!!! ada yang bisa bantu cara baca nilai tersebut? Itu hanya emas belum lagi tembaga serta bahan mineral lain-nya


724,7 jt ton emas yg sudah digali hanya dr tambang papua saja?

papua mulai operasional 1973 sampai 2017 baru 44 tahun

724.700.000 ton dibagi 44 tahun : 16.470.454 ton..atau 16,5jt ton emas pertahun?

data dr mana?

padahal pertahun tambang emas dr seluruh dunia hny mampu menggali 2.500 ton emas pertahun

Each year, approximately 2500 tons of gold were mined throughout the world.South Africa leads the world in gold mining, and the U.S., Russia, Canada, and Australia are also major producers. Gold is distributed widely over the earth, and gold mining is pursued in most countries with some success.

http://onlygold.com/FAQ/Gold-Facts-And-Statistics.asp

The best estimates currently available suggest that around 183,600 tonnes of gold have been mined throughout history

http://www.gold.org/gold-mining/what-gold-mining-companies-produce/how-much-gold-has-been-mined

sepertinya si penulis artikel sengaja (atau memang tidak tau?) menyesatkan publik : freeport menggali jutaan ton ore yg belum dipisahkan dr emasnya ,oleh penulis dianggap jutaan ton yg digali itu bongkahan emas murni semua ,padahal :

Untuk ukuran 5,5 ton bijih, emas yang terkandung hanya sekitar 5 gram, kemudian tembaga 55 kilogram (kg), dan perak sekitar 22 kg


https://ekbis.sindonews.com/read/1203403/34/hitung-hitungan-bongkahan-emas-tambang-freeport-di-papua-1494224369


Quote:
Bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, ya.. dialah URANIUM! bahan baku pembuatan bahan bakar nuklir itu ditemukan disana. Belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana, tapi kabar terakhir yang beredar menurut para ahli kandungan uranium disana cukup untuk membuat senjata Nuklir yang dapat menghancurkan planet bumi dalam sekejap hanya dengan kandungan uranium disana. Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negeri ini, para jenderal dan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini.


bukti? hasil google cm artikel bahasa indonesia atau artikel bahasa inggris tp dari media indonesia

ts ubek ubek google ga ada lap.resmi yg mengklaim freeport indo menambang uranium

sama sekali tidak ada data mentah

cuma artikel yg nulis "gosipnya","katanya"

nambang uraniumnya di planet namec kali







lanjut nanti..
reserved utk argumen kontra Yg berbobot

Quote:
Q : royalty rata rata negara lain 3% utk emas Dan 6% utk tembaga,sementara Freeport Indonesia dulu cm memberikan 1%(sekarang sdh berubah jadi 3,75% semenjak berubah jadi IUPK)utk emas Dan 3,5(IUPK jadi 4%)utk tembaga

https://m.tempo.co/read/news/2014/07/25/090595742/habis-2021-kontrak-freeport-berubah-jadi-iupk



A : namun mesti diingat bahwa dengan royalti kecil tersebut (tahun 3014 kebawah)di cover dengan Pajak sebagai penyeimbangnya,Faktor Faktor lain jg tentu jadi pertimbangan seperti biaya operasional tiap tambang Yg berbeda Beda,buktinya tambang grasberg (tahun 2014 kebawah sebelum royalti diubah IUPK)bukanlah Yg plg menguntungkan utk induk perusahaan Freeport Mc Moran,laba bersih Freeport Indonesia kalah dengan Freeport Amerika utara


nyimak
papua merdeka = 5 juta ponsterling emoticon-Embarrassment

ehm... ehm....
pernah denger isu uranium dari sana

kalo bener isu itu,,kalo indonesia ngeyel papua tinggal merdeka,,gak dapet apa2
tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
http://www.mining.com/the-worlds-top...10-gold-mines/

tambang emas freeport di papua dalam mitos dan fakta
https://www.fool.com/investing/2017/...per-and-y.aspx
Hadeuh....... gara2 inilah cinak2 dibantai th 1965 di indonesia dg alasan komunis.

Mungkin,, bisa terjadi seperti celah laut timor... setelah di tandatangani dg australia.... th 1998, cinak2 kembali di bantai dg berbagai alasan. Yang kemudian timor2 lepas dari nkri menjadi timor leste merdeka.

Ntahlah dg papua ini,, yg konon kabarnya ada gunung yg lebih sangat besar lagi kandungan emas dan uraniumnya daripada yg di gali freefort saat ini.

Apakah cinak2 akan dibantai lagi... hanya supaya papua merdeka ?

Hanya TUHAN-lah yg tau........

emoticon-No Hope

Jd maksudnya pemerintah memperjuangkan saham free port cuma demi alasan pencitraan gitu?

Ane malas baca os yg panjang banget

Jd intinya, mau saham kecil saham lebih besar ga ada untungnya buat indonesia getoh?
Quote:Original Posted By FrenchDragoon
Jd maksudnya pemerintah memperjuangkan saham free port cuma demi alasan pencitraan gitu?

Ane malas baca os yg panjang banget

Jd intinya, mau saham kecil saham lebih besar ga ada untungnya buat indonesia getoh?


YANG AMAT SANGAT DITAKUTI ADALAH MUSANG BERBULU DOMBA, BOS..... emoticon-Nohope
Intinya, produksi emas di Papua, dalam hal ini yang dilakukan Freeport, gak sebesar gembar-gembor yang ada. tapi tetap saja tergolong besar. Dan selain emas, tambang yang dikelola Freefort juga tambang tembaga.

Salah satu alasan jatuhnya nilai saham Freeport, ya soal larangan ekspor dan konflik dengan pemerintah RI. Tapi ya, itu salah mereka sendiri yang ngeyel terus.
Quote:Original Posted By martinveriyang


YANG AMAT SANGAT DITAKUTI ADALAH MUSANG BERBULU DOMBA, BOS..... emoticon-Nohope


ya itu gak ada kaitan dengan free port besar kecil menguntungkan atau tidak

Itu persoalan lain
freeport..hmm...emoticon-Thinking

1. royalti.
2. limbah.
3. divestasi.

emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By FrenchDragoon


ya itu gak ada kaitan dengan free port besar kecil menguntungkan atau tidak

Itu persoalan lain


Menguntungkan indonesia ???... siap2 saja kayak th 1998. Dimana celah laut timor dg autralia menguntungkan indonesia. Yg kemudian..... emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By reborn.sr
freeport..hmm...emoticon-Thinking

1. royalti.
2. limbah.
3. divestasi.

emoticon-Recommended Seller


Kalo gak ada pengkhianatan di bangsa indonesia sendiri,, ya makmurlah emoticon-thumbsup: asal jangan seperti celah laut timor dg ahstralia saja. emoticon-thumbdown:


Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Intinya, produksi emas di Papua, dalam hal ini yang dilakukan Freeport, gak sebesar gembar-gembor yang ada. tapi tetap saja tergolong besar. Dan selain emas, tambang yang dikelola Freefort juga tambang tembaga.

Salah satu alasan jatuhnya nilai saham Freeport, ya soal larangan ekspor dan konflik dengan pemerintah RI. Tapi ya, itu salah mereka sendiri yang ngeyel terus.


tembaga : ersberg,ketika ditemukan memiliki kandungan tembaga terbesar dunia(skrg tidak lg)

begitu jg grasberg,ketika ditemukan memiliki kandungan emas terbesar dunia,kalau skrg ga lagi..tp masih masuk 5 besar dunia

btw mau kandungan gede atau nggak sebenarnya tidak menentukan profit

yg menentukan profit situasi harga pasaran emas/tembaga dipasaran dunia

selain berita negatif(nego sm pemerintah) yg bikin investor wait dan sell,toh operasional freeport jg mengecewakan ,lap tahunan sering rugi

freeport pusing tekor mulu,makanya nego trus sm pemerintah,hahaha
Quote:Original Posted By omdikenyotom


tembaga : ersberg,ketika ditemukan memiliki kandungan tembaga terbesar dunia(skrg tidak lg)

begitu jg grasberg,ketika ditemukan memiliki kandungan emas terbesar dunia,kalau skrg ga lagi..tp masih masuk 5 besar dunia

btw mau kandungan gede atau nggak sebenarnya tidak menentukan profit

yg menentukan profit situasi harga pasaran emas/tembaga dipasaran dunia

selain berita negatif(nego sm pemerintah) yg bikin investor wait dan sell,toh operasional freeport jg mengecewakan ,lap tahunan sering rugi

freeport pusing tekor mulu,makanya nego trus sm pemerintah,hahaha


Liat aja dumptruk catepillarnya aja yg muatannya bisa ratusan kubik sekali angkut,, yg kalo tinbun rumahnya piwan langsung tertinbun habis rumah dia. emoticon-Ngakak (S)

Dasar otak dia aja gak beres,, mana mungkin gak untung kalo investasi yg gitu besar... bisa2 itu alat2 tambang sampe itu pabrik yg ada disana adalah hasil dari papua sana,, yg uda mulai operasi sejak th 1967... siapa yg tau ???
mntapp...... newmont masuk ke 2 emoticon-Big Grin
posisinya ada di nusa tenggara brat klo g salah :beer
Quote:Original Posted By Atractive
mntapp...... newmont masuk ke 2 emoticon-Big Grin
posisinya ada di nusa tenggara brat klo g salah :beer


Mantapnya rakyat yg dibawah makan berita doang aja... rakyat yg dibawah2,, ya... harus rajin dan berusaha sendiri. Cuma itu papua kalo mau merdeka sendiri.. musti ada yg harus dibantai lagi,, kayak yg sudah2 lalu....