alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5916def5e052274c5d8b4568/serial-edukasi-nuklir-bagaimana-pengelolaan-limbah-radioaktif-pltn
icon-hot-thread
[Serial Edukasi Nuklir] Bagaimana Pengelolaan Limbah Radioaktif PLTN?
Spoiler for Basa-basi:


Spoiler for Pendahuluan:


Spoiler for Kategorisasi:


Spoiler for High Level Waste:


Spoiler for Opsi Pengelolaan HLW:


Spoiler for Penutup:


Spoiler for Quote:


Spoiler for Penulis:


Spoiler for Daftar Pustaka:

Quote:Bahan bakar bekas memancarkan radiasi beta, yang dalam air bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Sifat itu menghasilkan efek bahan bakar bekas memancarkan cahaya biru, yang dikenal sebagai radiasi Cherenkov.

bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya?
Quote:Original Posted By tnuclrigregnif


bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya?


dalam medium air, kecepatan cahaya tidak sampai 1 C. mungkin hanya 0,75 C. dalam kondisi itu, partikel bisa bergerak lebih cepat dari cahaya.
Quote:Original Posted By dic.thorium
dalam medium air, kecepatan cahaya tidak sampai 1 C. mungkin hanya 0,75 C. dalam kondisi itu, partikel bisa bergerak lebih cepat dari cahaya.


Akhirnya ada yang bisa lebih cepat dari cahaya
Tp bukannya malah mengalami kemunduran waktu yah ? emoticon-Bingung
wahh seru klo ada pengolahan uranium
Quote:Original Posted By lauda.9396


Akhirnya ada yang bisa lebih cepat dari cahaya
Tp bukannya malah mengalami kemunduran waktu yah ? emoticon-Bingung


Bukan ranah saja untuk menjawab itu, gan. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dic.thorium

Basa-basi
Dari berbagai perdebatan mengenai energi nuklir, topik yang sering muncul adalah mengenai limbah radioaktif yang dihasilkan oleh PLTN. Stigmatisasi yang disematkan pada limbah radioaktif PLTN gampang ditebak: bahwa limbah PLTN berbahaya dan sangat sulit ditangani. Kekhawatiran ini, menurut yang saya amati, berpangkal pada ketakutan akan radiasi nuklir, yang selama puluhan tahun mengalami disinformasi di kalangan masyarakat.

Di sini, saya akan memberi gambaran umum bagaimana limbah radioaktif PLTN dikelola.

Spoiler for Pendahuluan:


Spoiler for Kategorisasi:


Spoiler for High Level Waste:


Spoiler for Opsi Pengelolaan HLW:


Spoiler for Penutup:


Spoiler for Quote:


Penulis
R. Andhika Putra Dwijayanto, S.T.
Departemen Multimedia Komunitas Muda Nuklir Nasional, asisten penelitian TAHRMoPS bidang proteksi radiasi

Daftar Pustaka
Bahman Zohuri, Patrick McDaniel. 2015. Thermodynamics In Nuclear Power Plant Systems. Swiss: Springer International Publishing.
Bernard L. Cohen. 1990. The Nuclear Energy Option. Pittsburgh: Plenum Press.
Max Carbon. 2006. Nuclear Power, Villain or Victim? Our Most Misunderstood Source of Electricity, 2nd Edition. Madison: Pebble Beach Publisher.
World Nuclear Association. Radioactive Waste Management. Diakses dari http://www.world-nuclear.org/informa...anagement.aspx


HT please... emoticon-2 Jempol

klo bisa ada tambahan banyak gambar untuk ilustrasi atau video. seperti Trit tentang kebocoran mesin reaktor Nuklir kemaren...
emoticon-Jempol
thanks gan, share pengetahuannya, semoga ALLAH merahmati share pengetahuan ini..emoticon-Maaf Agan
Quote:Original Posted By lauda.9396
Akhirnya ada yang bisa lebih cepat dari cahaya
Tp bukannya malah mengalami kemunduran waktu yah ? emoticon-Bingung

Einstein mempostulasikan (berdasar persamaan Maxwell) tidak ada yg lebih cepat dari c
Dimana c ini adalah kecepatan cahaya di ruang hampa, bukan cahaya itu sendiri
Karena memang kecepatan cahaya bisa berubah ubah, tergantung medium yg dilewati
Maka kalimat "tidak ada yg lebih cepat dari cahaya" sebenarnya juga kurang tepat
Quote:Original Posted By nowbitool


HT please... emoticon-2 Jempol

klo bisa ada tambahan banyak gambar untuk ilustrasi atau video. seperti Trit tentang kebocoran mesin reaktor Nuklir kemaren...
emoticon-Jempol
thanks gan, share pengetahuannya, semoga ALLAH merahmati share pengetahuan ini..emoticon-Maaf Agan


nanti coba saya tambah ilustrasi video.
Mantap... nambah pengetahuan lagi tentang nuklir ini...

Mungkin kebanyakan nonton film, jadinya kalau sudah ngomongin soal radiasi, yang terbayang langsung ke godzilla, makhluk mutan dan semacamnya...

Thanks...
mungkin bisa dibuat untuk bahan perang.

masukin ke roket ntar limbahnya jatoh kemusuh dan the endemoticon-Takut (S)

btw saya bikin HT yaemoticon-Hansip
Produk limbah bahan bakar nuklir tuh kek mana ya ? Kalo bisa mulus nya di kasih dong emoticon-Request
Sebenarnya Indonesia udah ada rencana mau buat PLTN tapi apa daya masyarakatnya ketakutan emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By fummy.
Produk limbah bahan bakar nuklir tuh kek mana ya ? Kalo bisa mulus nya di kasih dong emoticon-Request


produk fisi hasil reaksi pembelahan nuklir. kalau gambarnya secara khusus enggak ada, gan. soalnya bentuknya sama kayak bahan bakarnya sendiri. emoticon-Big Grin

bahan bakar nuklir konvensional pakai pelet uranium. limbahnya ya bentuknya sama kayak ini.[Serial Edukasi Nuklir] Bagaimana Pengelolaan Limbah Radioaktif PLTN?

Quote:Original Posted By kazekage810
Sebenarnya Indonesia udah ada rencana mau buat PLTN tapi apa daya masyarakatnya ketakutan emoticon-No Hope


jadi mari kita luruskan pada masyarakat bahwa nuklir itu bersih, reliabel, selamat, dan murah. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dic.thorium



jadi mari kita luruskan pada masyarakat bahwa nuklir itu bersih, reliabel, selamat, dan murah. emoticon-Big Grin


Kalo bahan bakunya sih mahal per gram berapa ratus juta emoticon-Hammer2

Tapi hemat secara 1 kg uranium = 3,5 ton batubara emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By kazekage810


Kalo bahan bakunya sih mahal per gram berapa ratus juta emoticon-Hammer2

Tapi hemat secara 1 kg uranium = 3,5 ton batubara emoticon-Recommended Seller


enggak semahal itu. kalau menilik harga bijih uranium, konversi dan pengayaan saat ini, saya hitung-hitung uranium diperkaya 4% itu sekitar USD 1800-2000/kg. sekitar Rp. 24-27 juta per kg. dalam PLTN, itu bisa menghasilkan sekitar 356 ribu kWh, sehingga biaya uranium itu sebesar Rp 76/kWh.
Quote:Original Posted By kazekage810


Kalo bahan bakunya sih mahal per gram berapa ratus juta emoticon-Hammer2

Tapi hemat secara 1 kg uranium = 3,5 ton batubara emoticon-Recommended Seller


Bahan baku mahal?
[Serial Edukasi Nuklir] Bagaimana Pengelolaan Limbah Radioaktif PLTN?

U3O8 itu hitungannya sekitar 600-700 ribu rupiah per kg.
Quote:Original Posted By dic.thorium
enggak semahal itu. kalau menilik harga bijih uranium, konversi dan pengayaan saat ini, saya hitung-hitung uranium diperkaya 4% itu sekitar USD 1800-2000/kg. sekitar Rp. 24-27 juta per kg. dalam PLTN, itu bisa menghasilkan sekitar 356 ribu kWh, sehingga biaya uranium itu sebesar Rp 76/kWh.


Ane kurang tau harga uranium tepatnya emoticon-Malu

Tapi ada thread kaskus pernah jelasin benda termahal di dunia uranium salah satunya emoticon-Ngakak

Kalo perhitungannya kayak gitu berarti murah juga yak emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By tonnyc
Bahan baku mahal?
[Serial Edukasi Nuklir] Bagaimana Pengelolaan Limbah Radioaktif PLTN?

U3O8 itu hitungannya sekitar 600-700 ribu rupiah per kg.


Nemu aja pricelist nya emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By kazekage810


Ane kurang tau harga uranium tepatnya emoticon-Malu

Tapi ada thread kaskus pernah jelasin benda termahal di dunia uranium salah satunya emoticon-Ngakak

Kalo perhitungannya kayak gitu berarti murah juga yak emoticon-Matabelo


ya memang murah. makanya saya bisa bilang kalau PLTN itu murah, karena walau biaya modalnya lumayan mahal, tapi bahan bakarnya murah. emoticon-Big Grin

yang mahal itu plutonium dan uranium-233, kalau uranium-235 sih murah-murah saja.