alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fdf25cde2cf26c2a8b4567/apa-itu-server-pulsa
Thumbs up 
Apa Itu Server Pulsa?
Hallo Masyarakat....Ha..ha.emoticon-Big Kiss .
Yang lagi muter-muter cari ide bisnis, mungki ada baiknya mempertimbangkan bisnis server pulsa, utamanya yang sudah jualan pulsa dan laris manis. Oke,, bagi pemuda-pemuda juga cocok dengan bisnis ini.
Nah, sebagai pengetahuan, yuk kita membaca wawasan atau sedikit pengetahuan mengenai server pulsa. Siap?? Oke...

Beberapa hal yang wajib diketahui sebelum terjun menjadi pelaku bisnis server pulsa sejati, diantaranya pengertian server pulsa, alat yang dibutuhkan, cara kerja dan masih buanyak lagi.

Apa Itu Server Pulsa
Nah, ini wajib tahu, jadi apa sih server pulsa itu?
Quote:
Server pulsa adalah sebuah perangkat komputer yang sudah diinstal software pulsa yang sudah dihubungkan dengan beberapa modem yang sudah terisi stok pulsa chip dari provider yang ada di Indonesia, berupa MKIOS ( Produk Telkomsel), MTRONIK Produk Indosat), DOMPU ( Produk XL dan Axis) , VTRI ( Produk Three) dll.
Spoiler for Gambar Server Pulsa:




Alat-Alat untuk Server Pulsa
Lalu apa saja alat yang dibutuhkan dalam sebuah server pulsa?
Quote:
- Perangkat Komputer Lengkap ( CPU, Keyboard, Mouse dll). Disarankan supaya menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi yang mumpuni ( minimal Dual Core Ram 1 GB). Tak kalah pentingnya, pastikan Power Supply yang outputnya minimal 450 watt.Untuk OS, bisa menggunakan Windows XP, Windows 7 dll.
- Modem/ HP, HP ini digunakan untuk memasukkan chip stok operator produk yang kita jual. ( MKIOS, MTRONIK dll).
- UPS ( Cadangan Daya Listrik). Berfungsi untuk memastikan bahwa komputer tetap menyala dan tranksasi pengisian pulsa tetap berjalan.
- Software Pulsa ( Asli, jangan Bajakan). Penggunaan software bajakan sangat rentan terhadap serangan malware. Jadi, gunakan software berlisensi. ada banyak pilihan software isi pulsa di Indonesia, sebut saja OTOMAX, FLASH MACHINE, IRS, TIGER ENGINE, C2 METRO, PULSA MACHINE, ROKET PULSA dll.
Spoiler for Salah Satu Jenis Modem Dalam Server Pulsa: Modempool 8 Port:




Cara Kerja Server Pulsa
Nah, kalau mau tahu, ini dia cara kerja server pulsa. Yuk dihayati... haduh..kyk puisi aja ya... dibaca aja deh...
Quote:
Server Pulsa bukan mesin yang digunakan menciptakan pulsa sendiri. Sebuah Server Pulsa hanyalah menyalurkan Transaksi Proses Pengisian dari Agen Pulsa/ Counter Pulsa ke operator setiap provider ( Telkomsel, Indosat, Three, XL, Smartfren, Esia, Ceria, Token PLN, dll). Jadi server pulsa itu menggabungkan produk pulsa dari setiap operator tadi, untuk dijual ke agen dalam bentuk pulsa all operator.
Pada prinsipnya, server pulsa dibuat untuk memudahkan pekerjaan dalam menjual pulsa.
Spoiler for Skema cara kerja server pulsa::

Spoiler for Andaikan tidak ada server pulsa..:




Potensi Keuntungan
Tak kalah pentingnya, sebuah bisnis pasti harus diperhatikan potensi keuntungannya, termasuk dalam berbisnis server pulsa.
Quote:
Keuntungan bisnis server pulsa adalah dari per transkasi isi pulsa yang dilakukan oleh agen kita.
Misal begini:
Pulsa Telkomsel 5000, harga dari provider Telkomsel Rp 5350,-. Sebelum dijual ke agen, maka kita markup Rp 150,- menjadi Rp 5.500,-
Perhitungan kasar keuntungan:
Jika server pulsa anda ada 100 agen, dengan masing-masing agen bertranskasi pulsa sebanyak 50 kali per hari. Maka server anda anda 100 X 50 transkasi dalam satu hari.
100 agen x 50 transkasi = 5000 transaksi.
Lalu Rp 150 x 5000= 750000. Jadi keuntungan anda Rp 750.000, per hari.




Alasan Memilih Bisnis Server Pulsa
Berikut ini beberapa alasan dalam berbisnis server pulsa.
Quote:
Beberapa alasan yang kuat untuk anda memulai bisnis pulsa ini, diantaranya:

- Adalah bisnis dengan prospek yang cerah.
- Modal yang dibutuhkan relatif kecil ( bandingkan dengan membangun stadion futsal, isi ulang air minum, warnet, cuci mobil hidrolik dll)
- Produk yang dijual adalah barang unik yang sistem distribusi menggunakan sistem elektronik sehingga biaya relatif murah.
- Produk yang dijual adalah barang unik yang tidak akan pernah basi, tidak rusak dan tidak ada kata hilang.
- Memiliki pangsa pasar dan nilai jual yang dinamis positif.
- Produk bisa didistribusikan secara skala nasional dengan mudah dan bisa diikuti banyak orang yang berminat menjadi mitra.




Tips-tips Bisnis Server Pulsa
Beberapa tips bagi calon pengusaha server pulsa:
Quote:
1. Bekali diri Kamu dgn wawasan yg memadai
Siapapun Kamu, baik kamu pemodal, pengelola, ataupun pekerja, terus memerlukan wawasan yg lumayan biar server pulsa Kamu dapat berlangsung dgn baik. Mengetahui seluk beluk product seluler itu wajib. Pelajari system transaksi dari masing-masing operator supaya Kamu tahu apa yg Kamu menjual. Cari kabar sebanyak-banyaknya dari dealer di kota Kamu, dari sarana, & dari teman-teman sesama pengusaha pulsa yang lain.

2. Persiapkan Fisik, Mental & Finansial
Kamu mampu bersikap santai dikala berlangsung hambatan? Kamu bisa memaparkan problem hambatan terhadap pembeli waktu itu? Kamu mampu berkomunikasi bersama efektif pada developer software berkaitan problem di system Kamu buat meminta pertolongan? Kamu dapat melaksanakan recovery system bersama segera waktu berjalan problem? Kalau ada komponen yg rusak (server, computer, modem, dll), apakah Kamu telah menyiapkan dana utk penggantiannya? Bila jawabannya “YA”, mari teruskan ke No. berikutnya.

3. Permodalan Yg Memadai
Usaha server pulsa tak sama dgn agen. Agen tak perlu bekal gede, tak perlu investasi agung, namun server pulsa perlu bekal gede atau memadai. Tidak Sedikit yg salah kaprah berkaitan aspek ini lantaran keliru, mempunyai anggapan server pulsa tak perlu bekal tidak sedikit. Memang Lah betul bahwa di luar sana ada server pulsa yg dijalankan dgn aset yg kurang memadai. Tapi mesti diingat : tidak dengan bekal yg lumayan, Kamu perlu dikala yg teramat lama utk berkembang & perlu effort yg luar biasa cuma utk mampu bersi kukuh!

4. Full time dan Konsentrasi!
Usaha server pulsa tak sama bersama jadi agen. Agen mampu menjalankan juga sebagai sambilan, part time. Namun menjalankan usaha server pulsa murah mesti full time. Terhadap prinsipnya, hasil kerja full time terang dapat lebih baik akhirnya dari terhadap hasil kerja part time. Dikarenakan mengelola operasional server pulsa perlu konsentrasi & ketekunan. Betul, tentu ada diluar sana yg menjalankan server pulsa sbg sambilan atau part-time. Tapi mesti dicatat : hingga hri ini, belum sempat ada server pulsa yg dijalankan dengan cara part-time sanggup berkukuh menghadapi persaingan. Seluruhnya Server pulsa yg tumbuh akbar dijalankan dengan cara full-time oleh pemiliknya.

5. Pakai Stok Sendiri
Memanfaatkan stok sendiri memang lah perlu bekal yg pass, namun terang jauh tambah baik dari kepada dilempar ke server lain. Elemen ini berpengaruh ke mutu transaksi. Status transaksinya terang, sukses atau tidak berhasil (kecuali sedang ganjalan). Sebaiknya Kamu memanfaatkan stok sendiri buat 3 operator gede : Telkomsel, Indosat & XL. Alokasikan aset Kamu supaya stok Kamu lumayan buat ke3 operator tersebut.

6. Koneksi Memastikan Prestasi dan Reputasi
Seandainya Kamu memanfaatkan h2h, camkan baik-baik : tak seluruhnya h2h sama, kemana kamu terkoneksi memastikan prestasi & reputasi Kamu di mata konsumen. Kalau supplier h2h itu sistemnya bagus, sehingga reputasi Kamu di mata pengguna baik, & prestasi Kamu serta baik diliat dari volume transaksi. Jikalau supplier h2h itu sistemnya buruk, reputasi Kamu turun & prestasi kamu serta menurun diliihat dari volume transaksi. Hindari supplier h2h yg bisnisnya tak sehat, jual dgn harga tak wajar atau bahkan terlampaui murah, lebih-lebih jikalau sistemnya tidak jarang bermasalah. Pelanggaran prinsip ini mampu Kamu perhatikan dari maraknya kasus musibah server h2h & penipuan oleh supplier h2h yg marak berjalan. Hindari jaringan h2h berantai, semakin tidak sedikit rantainya, semakin agung resikonya, semakin mungil bisa saja transaksi



Sumber artikel:
Quote:
Spoiler for Sumber referensi::


Oke yes... Itu pengetahuan lengkap bagi calon jutawan server pulsa. Semoga menjadi bekal untuk kalian.... Salam Sukses...emoticon-Ngakak (S)
×