alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fddfe7620881394c8b4585/ketua-mui-pertanyakan-dasar-tuntutan-ahok
Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok
Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma`ruf Amin heran dengan tuntutan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jaksa penuntut umum menyatakan Ahok tidak menistakan agama.


Ma'ruf lantas mempertanyakan dasar tuntutan tersebut. Menurut Ma'ruf hampir seluruh saksi menyatakan Ahok menistakan agama.


'Pendapat MUI sudah jelas bahwa Ahok sudah menghina Alquran dan menghina ulama. Pendapat NU yang diwakili Kiyai Mifahul Akhyar juga sama,' kata Ma`ruf usai Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia di Jakarta Pusat, Senin 24 April 2017.


Ma`ruf mengklaim, Muhammadiyah juga menganggap bahwa Ahok telah menistakan agama Islam. Tak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta itu juga dinilai telah memecah belah umat.


'Semuanya bilang seperti itu, sekarang yang dijadikan dasar pendapatnya siapa?' tutur Ma`ruf.


Ia meminta ahli hukum menelisik tuntutan itu. Apakah tuntutan yang dijatuhkan sudah sesuai dengan aturan atau tidak. 'Lalu, publik apakah sudah memenuhi rasa keadilan atau tidak?' ujarnya.


JPU mengesampingkan Pasal 156a KUHP yang didakwakan kepada Ahok. Unsur niat yang dituduhkan kepada Ahok dalam kasus penodaan agama tidak terpenuhi.

 

'Mengingat kesengajaan Pasal 156a huruf a KUHP adalah dengan maksud untuk memusuhi dan menghina agama, maka pembuktian Pasal 156a huruf a KUHP tidak tepat diterapkan dalam kasus a quo,' ujar Jaksa Ali Mukartono saat membacakan berkas tuntutan, Kamis 20 April.

 

Ali menjelaskan, penerapan Pasal 156a KUHP berdasar UU Nomor 1/PNPS Tahun 1965 di mana hanya bisa diterapkan apabila pelaku memiliki niat. Dalam perkara ini, Ahok tak terbukti memiliki niat menghina agama.

 

'Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa delik sebagaimana diatur dalam Pasal 156a huruf a KUHP hanya diliputi oleh kesengajaan dengan maksud untuk menghina pada agama, bukan bentuk kesengajaan yang lain,' terang Ali.

 

Berdasarkan fakta-fakta persidangan, kata jaksa, ucapan yang disampaikan Ahok berkaitan dengan pengalamannya sejak bertarung di Pilgub Bangka Belitung 2007.

 

'Maka terlihat bahwa niat terdakwa adalah lebih ditujukan pada orang lain atau elite politik dalam pilkada, bukan pada agama' kata Ali

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/Rk...-tuntutan-ahok

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok Hukum yang Merdeka

- Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok Tuntutan Jaksa untuk Ahok Sudah Tepat

- Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok Kemendagri Memastikan Ahok tak Dicopot

Drama meneh..
suruh pak kyai jadi jaksa nya... tuntut potong leher sekalianemoticon-Big Grin
hampir semua saksi menyatakan pak ahok menista agama? kayaknya bapak ini hanya mengikuti proses persidangan kala dihadirkan saksi saksi dari jaksa dan mengabaikan saksi dari PH emoticon-Ngakak
mungkin satu hal yg membuat jaksa tdk menjatuhkan hukuman maksimal adalah kesaksian yg tdk berkualitas termasuk kesaksian bapak ini , jadi mesti introspeksi diri emoticon-Ngakak
masih aja nih kaum bumi datar udh dapet roti gubnya, masih ngebvacot...pdhal emang ga ada bukti penisemoticon-Big Grin
Kayaknya masih kesal, sebagai ketua MUI dicecar ama ahok di pengadilan. Jadi belum bisa menghilangkan kemarahan yg ada di hati, so..ingin Ahok dituntut hukuman berat/maksimal.
Dari sini ada pelajaran yg bisa saya tarik : memaafkan adalah hal yang paling berat, meski itu buat seorang ulama. Seingat saya, ahok udah minta maaf, tapi emang sih terserah ama pak Ma'ruf diterima atau nggak.
Kekecewaan terhadap tuntutan JPU adalah bukti pak Ma'ruf masih kesal / marah pada Ahok.
Apakah tuntutan JPU (yg dianggap ringan) juga memukul harga diri sbg ketua MUI yg mengeluarkan fatwa penistaan ? Yang bisa menjawab tentu pak Ma'ruf sendiri...
Ada hal yg lebih bijak yg bisa dilakukan : Tidak mengomentari tuntutan JPU, dan mengikuti proses hukum yg ada sampai pada putusan dg kekuatan hukum tetap.
Ini proses baru di PN, masih bisa upaya banding ke PT dan kasasi ke MA.
Quote:Original Posted By batzyndrome
masih aja nih kaum bumi datar udh dapet roti gubnya, masih ngebvacot...pdhal emang ga ada bukti penisemoticon-Big Grin

Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok

ente jangan bawa bawa fenis ane gan
masih merongrong saja, padahal gak semua saksi mengatakan basuki tjahaya purnama menistakan agama emoticon-No Hope
sepertinya ada yang sulit untuk memaafkan Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok
Quote:Original Posted By babi.brizik

Ketua MUI Pertanyakan Dasar Tuntutan Ahok

ente jangan bawa bawa fenis ane gan


lancrotken!emoticon-2 Jempol
ternyata Bukan Anak Kecil Saja Yang Bisa disebut Bandel . . . .
Yang sudah uzur Juga Bisa . . . .

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Traveller

Proses hukum di indon gak beda jauh maen ketoprak sama wayang, suka2 dalangnya mau kayak gimana ceritanya. Kasus ahok ya tergantung jaksa agungnya siapa? kalok jaksa agungnya yg sekarang ya you know lah...belom ada jaksa agung yg sekelas Lopa.
heran, dividio padahal tidak ada kata ulama... kemudian kebanyakan saksi cuma liat potongan vidio ga melihat secara keseluruhan, duh ukama sekarang mudah banget kesinggungnya...
main dua kaki dia
"Kita sepakat bahwa semua ini diproses secara terhormat, secara proporsional melalui proses hukum," kata Ma'ruf.

"Jadi di pribadi internal umat Islam, sehingga tidak boleh melakukan langkah-langkah penegakan sendiri menggunakan aparat negara, tidak boleh apalagi sendiri sebagai LSM atau ormas. Itu tidak boleh karena fatwa untuk kebutuhan amaliyah pribadi, tidak bisa dipaksakan ke orang lain," kata Mahfud dalam sebuah diskusi "Fatwa MUI dan Hukum Positif" di kompleks PTIK, Jakarta, Selasa, 17 Januari 2017.

"Sebenarnya, tidak ada hubungannya dengan politik, pilkada, tetapi dikaitkan dengan berbagai masalah, kemudian menjadi tidak proporsional, bahkan di luar konteks sehingga masalah ini menjadi begitu mengganggu dan hiruk pikuk," ucap Ma'ruf seusai pertemuan.

'Semuanya bilang seperti itu, sekarang yang dijadikan dasar pendapatnya siapa?' tutur Ma`ruf.

para saksi dari dua belah pihak di persidangan (saksi ahli,saksi plapor,saksi fakta)
yg nyiyir beraninya di kaskus doang... hihihihi.. coba lu nyiyirin tu kyai di real life atau di medsos pakai id nama real loe... paling pake diapers terkencing2.... tiru tu junjungan lu lantang nantangin ni kyai...ujung2nya jiper2...emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk