alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fdd20814088d705f8b4570/ini-poin-poin-rekomendasi-hasil-kongres-ekonomi-umat
Ini Poin-Poin Rekomendasi Hasil Kongres Ekonomi Umat
Sumber

Ini Poin-Poin Rekomendasi Hasil Kongres Ekonomi Umat
24/04/2017 13:41


JAKARTA – Kongres Ekonomi Umat Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) rammpung digelar sejak 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. Penutupan acara ini akan ditutup langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Ada sejumlah rekomendasi dalam kongres yang berlangsung tiga hari tersebut. Dalam keterangan persnya, Senin (24/4). Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, Azrul Tanjung mengatakan, rekomendasi pertama, Kongres Ekonomi Umat menegaskan sistem perekonomian nasional yang adil, merata, dan mandiri dalam mengatasi kesenjangan ekonomi.

Kedua, mempercepat redistribusi dan optimalisasi sumber Daya Alam secara arif dan berkelanjutan, Ketiga, yaitu memperkuat sumberdaya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan IPTEK, inovasi, dan kewirausahaan.

Dalam poin deklarasi keempat, yaitu menggerakkan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menjadi pelaku usaha perekonomian nasional. Kelima, yaitu mewujudkan mitra sejajar Usaha Besar dengan Koperasi, usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam sistem produksi dan pasar terintegrasi.

“Poin deklarasi kelima adalah Pengarusutamaan ekonomi syariah dalam perekonomian nasional, tetap dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” ujarnya. Sementara poin keenam, yaitu membentuk Komite Nasional Ekonomi Umat untuk mengawal Arus Ekonomi Baru Perekonomian Indonesia.

Selain melahirkan deklarasi, Kongres ini memiliki sasaran kajian dan rekomendasi aksi ekonomi umat. Rekomendasi pertama, adalah Pembagian tugas dalam menghimpun pusat data dan kajian pemberdayaan umat.

Rekomendasi kedua adalah distribusi dan kerjasama dalam berbagai kajian pemberdayaan ekonomi umat yang dikaitkan dengan isu-isu perkembangan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal, nasional, maupun global. Rekomendasi ketiga adalah tersusunnya rekomendasi langkah aksi ekonomi umat yang dapat dilaksanakan secara sinergi sebagai upaya nyata pemberdayaan ekonomi umat. (ryu)
Wah ekonomi syariah bakal dikembangkan gan. emoticon-Selamat

ngurus sertifikat halal aja ga becus
×