alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fdceec5c7798f2058b4570/siapa-pribumi-asli-indonesia-yang-sebenarnya
Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya?
Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya?


Beberapa dari kamu yang sering mengaku sebagai orang Indonesia asli sering gak sadar bahwa seluruh suku yang ada di Indonesia sebenarnya termasuk bangsa pendatang sesuai bukti prasejarah yang ada.mengutip dari sumber yg ada disini ane cuma menjelaskan secara singkat saja.cekidot


Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya?



Manusia modern baru masuk ke tanah air pada Era Pleistosen. Nah, manusia pendatang ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu Melanesia dan Austronesia. Orang Melanesia datang sejak 50.000 tahun lalu. Melanesia mayoritas berasal dari Afrika dan biasanya bermata biru, menandakan bahwa sebenarnya hampir gak ada satupun dari kita saat ini yang merupakan “pribumi” sejak awal, kecuali campuran dan gennya telah berkembang. Migrasi kedua sekitar 16.000-35.000 tahun lalu dari Indocina masuk ke Nusantara lewat jalur darat. Setelah itu disusul orang Austronesia sekitar 4.000 tahun lalu dari Formosa ke bagian barat dan timur Nusantara. Akhirnya mereka semua berkembang menjadi berbagai suku yang kita kenal saat ini.


Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya?


Jauh setelah Austronesia dan berbagai variasi di dalamnya, datanglah tiga bangsa ke nusantara secara berurutan, yaitu: India, Tionghoa kemudian Arab.
Baik itu keturunan Austronesia maupun "pendatang" semua telah berbaur dan menciptakan generasi baru sebagai satu keutuhan Nusantara, kemudian persatuan tersebut dipecahkan oleh bangsa kolonial asal Eropa yang mendoktrin istilah "pribumi".
Para pejuang kemerdekaan Indonesia telah berupaya membuat negara mengakui bahwa siapapun yang bertempat tinggal, berbudaya dan berbahasa Indonesia adalah Warga Negara Indonesia. Hal tersebut memang dirusak kembali di rezim orde baru, tapi kembali dipersatukan oleh Gus Dur.



Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya?



Mengingat bahwa semua yang tinggal, berbudaya dan berbahasa Indonesia adalah Warga Negara Indonesia, maka sudah gak zamannya lagi kita mempermasalahkan "pribumi" dan "non-pribumi", karena gak satupun dari kita adalah penghuni asli atau darah murni sejak awal Nusantara ada. Jadi, jangan lagi berpikiran kuno atau primitif seperti itu. Tanpa perlu mengadakan Sumpah Pemuda lagi, mari kita bersama berjuang mengharumkan nama Indonesia, gak peduli siapapun kita dan apapun latar belakang kita.
emoticon-No Sara Please
emoticon-I Love Indonesia

Sumber : https://science.idntimes.com/discove...ebenarnya/full
Boleh gan :
emoticon-Cendol Gan

emoticon-Rate 5 Star
Negara Kesatuan RI emoticon-Salaman emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By 1stepcloser
Negara Kesatuan RI emoticon-Salaman emoticon-I Love Indonesia (S)


Yoi gan..emoticon-Salaman
. Sepi ya kalo gk bwt trit di Lounge emoticon-Nohope


Quote:Original Posted By seringboering
Quote:Original Posted By 1stepcloser
Negara Kesatuan RI emoticon-Salaman emoticon-I Love Indonesia (S)


Yoi gan..emoticon-Salaman
. Sepi ya kalo gk bwt trit di Lounge emoticon-Nohope

Haha.. namanya jg kasak kusuk, bs nge trit di Lounge bisa jg di mari. Ane jg iseng msuk sini emoticon-Big Grin
kalo bicara soal sejarah mah banyak versi gan, kalo di buku sejarah wktu SD sih mengatakan emang austronesia yang pertama sampe ke nusantara...
Quote:Original Posted By penyair.salemba
kalo bicara soal sejarah mah banyak versi gan, kalo di buku sejarah wktu SD sih mengatakan emang austronesia yang pertama sampe ke nusantara...


Rancu gan...disini ditulis Melanesia yg jauh datang terlebih dahulu dibanding Austronesia...emoticon-Shakehand2

Thanks koment nya emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By seringboering
Rancu gan...disini ditulis Melanesia yg jauh datang terlebih dahulu dibanding Austronesia...emoticon-Shakehand2

Thanks koment nya emoticon-thumbsup


ya itu yang ane inget sih gan, hehe mungkin ada salah juga buku sejarah SD yang ane baca waktu itu... sejarah emang harus kita lihat dari banyak sumber dan pendapat dari sejarawan yang berbeda kayaknya, jadi biar kita filter sendiri buat dapetin kesimpulan yang paling benar... buktinya ane aja baru dapet keterangan yang lain pas buka trit ini... ane yang harus bilang makasih gan, karena stiap ane baru nemuin info yang berbeda, ane jadi tertarik lagi buat pelajarin hal yang tadinya mungkin ane keliru hehe
Quote:Original Posted By penyair.salemba
ya itu yang ane inget sih gan, hehe mungkin ada salah juga buku sejarah SD yang ane baca waktu itu... sejarah emang harus kita lihat dari banyak sumber dan pendapat dari sejarawan yang berbeda kayaknya, jadi biar kita filter sendiri buat dapetin kesimpulan yang paling benar... buktinya ane aja baru dapet keterangan yang lain pas buka trit ini... ane yang harus bilang makasih gan, karena stiap ane baru nemuin info yang berbeda, ane jadi tertarik lagi buat pelajarin hal yang tadinya mungkin ane keliru hehe


Sama bree... emoticon-Shakehand2
Selama Bendera Merah Putih masih berkibar dan Garuda masih mencekram Pita Bhineka Tunggal Ika, kita semua sama-sama orang Indonesia..
NKRI Harga Mati emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By fatille
Selama Bendera Merah Putih masih berkibar dan Garuda masih mencekram Pita Bhineka Tunggal Ika, kita semua sama-sama orang Indonesia..
NKRI Harga Mati emoticon-I Love Indonesia


Setuju gan..emoticon-Shakehand2


emoticon-I Love Indonesia
Semua wni sama dimata hukum
Quote:Original Posted By pabloo
Semua wni sama dimata hukum


Bener gan..emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By pabloo
Semua wni sama dimata hukum


Lahir, makan, besar, hidup, berkarya, di bumi Indonesia : semuanya adalah WNI.
tidak ada lagi namanya SARA.
penduduk asli indonesia adalah pak tarno karena orang yang seperti pak tarno cuma ada di indonesia emoticon-Cool
ane ikutan jadi pribumi saja deh emoticon-Embarrassment
I love america..
emoticon-Cool
Gak usah lah sensitif sama ras pribumi/non pribumi...
Mau gimanapun kalau udah lahir dan tinggal tetap disini udah satu kesatuan bangsa indonesia👍
berbeda beda tetap satu juga, tidak ada yang namanya keturunan, sekali wni tetap wni
saya pribumi emoticon-Big Grin
sekalian gembok