alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fdbcbb5a5163ea488b456a/ketua-mpr-generasi-muda-harus-melek-politik
Ketua MPR: Generasi Muda Harus Melek Politik
Ketua MPR: Generasi Muda Harus Melek Politik

Jakarta, GATRAnews - Generasi muda Indonesia baik itu kalangan pelajar dan mahasiswa harus dan wajib melek politik. Generasi muda Indonesia harus paham dan memahami peta politik di Indonesia. Hal tersebut sangat penting, sebab generasi muda adalah juga memiliki hak politik yang sangat potensial dan jumlahnya sangat besar.

 
Hal tersebut diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada lebih dari 500 mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persatuan Umat Islam (PUI), Majalengka, Jawa Barat, Senin (24/4).
 
“Generasi muda mesti paham peta politik di Indonesia sehingga bisa memahami hak-hak dan kewajibannya. Dalam implementasi demokrasi memilih pemimpin daerahnya atau pemimpin nasional, generasi muda bisa mengetahui latar belakang calon-calon pemimpin yang akan dipilihnya,” ujarnya.
 
Menurut Ketua MPR, rakyat Indonesia harus memahami sila-sila dalam Pancasila dan mengimplementasikannya. Menurut Zulkifli hasan, banyak yang salah kaprah dan salah paham soal orang yang ber Pancasilias dan tidak Pancasilais.
 
Dalam Pancasila ada sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.  Artinya, setiap rakyat Indonesia adalah rakyat yang ber Tuhan apapun agamanya. Sebagai umat yang beragama harus menjalankan perintah agamanya, rakyat yang beragama Islam harus menjalankan perintah agamanya dari mulai sholat, puasa dan lain sebaginya termasuk memilih pemimpin Islam.
 
“Umat Islam yang memilih pemimpin Islam itu bukan rasis.  Umat islam memilih pemimpin Islam itu artinya menjalankan perintah agamanya dan artinya dia adalah rakyat yang ber Pancasila atau Pancasilais. Demikian pula umat agama lain,” katanya.
 
Lebih jauh, Zulkifli Hasan memaparkan soal kedaulatan. Di Indonesia yang berkuasa adalah rakyat. Kedaulatan penuh ada di tangan rakyat. Pemimpin nasional dan pemimpin daerah tidak akan mendapatkan jabatannya jika tidak dipilih rakyat.  
 
“Jadi rakyatlah yang berkuasa.  Rakyatlah yang menentukan masa depan bangsa. Suara rakyat sangatlah berharga. Untuk itu janganlah mau dihargai murah dengan sedikit sembako atau uang lima puluh ribuan. Bijaklah dalam memilih. Hak politik adalah hak rakyat. Susah senangnya rakyat, tergantung dari hak pilih rakyat mau memilih yang mana, itu harus dipahami dengan benar,” terangnya.

Reporter: Ervan Bayu
Editor: Dani Hamdani  
 

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...-melek-politik

---


- Ketua MPR: Generasi Muda Harus Melek Politik Ketua MPR: Semakin Banyak yang Mensosialisasikan 4 Pilar Semakin Baik
×