alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fda100dcd770a9748b4569/ternyata-nama-obat-asam-lambung-ini-memang-ada-di-lingkungan-kita
Ternyata Nama Obat Asam Lambung Ini Memang Ada di Lingkungan Kita
Ternyata Nama Obat Asam Lambung Ini Memang Ada di Lingkungan Kita. Yang Mana Khasiatnya Sangat Baik, Alami Dan Aman Juga Lo.
Ternyata Nama Obat Asam Lambung Ini Memang Ada di Lingkungan Kita
Penyakit asam lambung atau penyakit Gastroesophageal Reflux Disease ( GERD ) adalah penyakit yang sangat umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung dari lambung menuju esofagus yang juga disebut kerongkongan yaitu saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Hal ini menyebabkan rasa sakit di ulu hati dan rasa terbakar di bagian dada. Penyebab terjadinya sakit asam lambung adalah Lower Esophageal Sphrincter (LES) yang tidak berfungsi maksimal atau melemah. LES merupakan lingkaran otot antara esofagus dan lambung yang berfungsi sebagai "penjaga gerbang" agar asam lambung atau makanan yang dimakan tidak masuk ke kembali esofagus. Walau belum diketahui penyebab pasti dari otot LES yang melemah, ada beberapa faktor resiko yang diduga terkait dengan kondisi ini, seperti:

Kelebihan berat badan atau obesitas
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak
Terlalu banyak mengkonsumsi kopi, coklat, minuman beralkohol dan merokok
Hamil
Stres
Obat-obatan (seperti jenis obat hipertensi Calcium Channel Blocker)
Hernia Hiatus

Penderita diabetes juga lebih berisiko menderita penyakit asam lambung. Hal ini disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dapat merusak saraf yang mengendalikan otot perut yang berakibat makanan yang dimakan akan lebih lama berada di lambung. Keadaan ini menyebabkan kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus lebih besar. Ketika asam lambung naik ke esofagus, dinding kerongkongan (esofagus) dan mulut akan mengalami iritasi. Berikut ini adalah gejala yang umum dialami oleh penderita asam lambung:

Rasa asam dan pahit di mulut
Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati
Kesulitan menelan
Laringitis atau peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau
Batuk kering terutama di malam hari
Gigi menjadi rusak
Bau napas tidak sedap
Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba

Pengobatan penyakit asam lambung sangat bervariasi, mulai dari pengobatan yang dilakukan sendiri, obat-obatan khusus sampai prosedur operasi yang dilakukan sebagai langkah terakhir. Obat-obatan yang dapat mengatasi Asam Lambung (GERD)

Antasida untuk menetralisir asam lambung dan meredakan rasa sakit akibat tukak lambung
Alginat yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung dan esofagus dari asam lambung
Penghambat reseptor H2 untuk mengurangi jumlah produksi asam lambung
Penghambat Pompa Proton mengurangi jumlah produksi asam lambung di perut
Prokinetik yang berfungsi mempercepat proses pengosongan perut sehingga makanan dan asam lambung lebih cepat masuk ke usus

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meringankan gejala asam lambung bahkan mencegah berulangnya sakit asam lambung, seperti:

Makan tepat pada waktunya
Makan secukupnya (tidak terlalu kenyang)
Jangan langsung berbaring sehabis makan mminimal 2-4 jam
Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak
Kurangi berat badan jika berlebih
Kurangi minum teh, kopi, minuman beralkohol dan merokok
Kurangi stress
Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Jika anda mengalami gejala asam lambung yang selalu menetap dan tidak ada perubahan sebaiknya anda mengunjungi dokter agar anda mendapatkan pengobatan yang tepat dan spesifik. Informasi tentang asam lambung bisa anda baca di artikel dan diskusi di bawah ini: Nama Obat Asam Lambung Terimakasih Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit