alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fd6ecadcd770133b8b4568/coba-cara-ini-untuk-tentuin-karir-yang-pas-buat-kita
COBA CARA INI UNTUK TENTUIN KARIR YANG PAS BUAT KITA
COBA CARA INI UNTUK TENTUIN KARIR YANG PAS BUAT KITA


Waktu kecil, kita pasti sering ditanya apa cita-cita kita. Dulu pilihan untuk nentuin karir lumayan terbayang jelas, kalo nggak guru, dokter, polisi atau pilot dsb. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan kehidupan, pilihan karir menjadi semakin banyak. Bahkan, banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang ada saat ini. Banyak pilihan belum tentu bikin hidup lebih gampang. Ada kalanya, banyak pilihan malah bikin kita malah tambah bingung. Nah dari pada bingung, mending baca panduan ini supaya kita nemuin karir dan pekerjaan impian kita.





1. PILIH HOBI DAN LAKUKAN HOBI TERSEBUT SELAMA 31 HARI

yakin kita pasti punya beberapa hobi, nah dari berbagai hobi yang kita punya, pilih salah satu dan lakukan selama 31 hari non stop. Misal kita suka motret dan bercita-cita jadi fotografer, biasakan diri kita untuk memoto selama 31 hari tanpa henti. Logikanya adalah hobi>aktivitas>passion. Kalo kita bisa tahan melakukan hobi tersebut selama 31 hari, kita bisa mempertimbangkan bahwa hobi kita ini bisa menjadi sebuah pekerjaan dan karir.



2. TANYA

Ketika kita terlintas sebuah pekerjaan atau karir, coba tanyakan pilihan kita sampe kita nggak punya pertanyaan lagi. Misal kita pengen punya karir dalam dunia kedokteran, jawab terus pertanyaan-pertanyaan kayak gini;

Kenapa dokter?
Karena kita bisa menolong orang banyak

Kenapa?
Karena kita merasa bermanfaat

Kenapa?
Karena kita merasa lebih puas kalau kita melakukan pekerjaan yang bermanfaat

Dengan bertanya “kenapa,” kita nggak lagi terpaku pada sebuah pekerjaan, tetapi pada nilai-nilai yang pengen kita percaya.



3. CARI MENTOR

Ingat, ilmu itu bukan hanya di dalam kelas atau sekolah. Malah, orang-orang yang ada di sekitar kita bisa jadi punya ilmu yang kita butuhin dalam menentukan karir kita. Sebelum kita mulai cari pekerjaan, coba cari orang yang menurut kita punya pekerjaan yang menurut kita dream job banget. Setelah kita nemuin orang ini, coba tawarkan jasa kita secara gratis. Selama kita kerja bareng orang tersebut, jangan cuma nunggu untuk kesempatan, gunakan hal ini untuk belajar sebanyak-banyaknya. Jika kita nggak nemuin mentor, jangan ragu untuk ikutan program magang. Pilih program magang yang jelas dan jangan sampe kita cuma disuruh bikin kopi dan teh saja.



4. KARAKTER

Hal yang penting juga ditanyakan adalah karakter kita. Kalo kita orang yang nyaman bekerja dengan kebebasan maka udah pasti kita nggak akan betah berada di kantor terus menerus. Beruntungnya saat ini, kerja dari rumah bukan merupakan hal yang aneh. Beberapa perusahaan mengizinkan karyawannya untuk kerja dari rumah. Namun, ada juga beberapa orang yang butuh dengan ritme yang teratur. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mencari tau mengenai karakter kita dan mencari perusahaan atau karir yang cocok dengan karakter tersebut.

Selamat mencoba..Good luck..

Sumber: media online