alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fd579cded770703c8b4567/jika-ahok-diputus-bebas-hakim-abaikan-sema-no-11-tahun-1964
Jika Ahok Diputus Bebas, Hakim Abaikan SEMA No 11 Tahun 1964
Jakarta, Aktual.com – Tuntutan jaksa ke terdakwa penista agama yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membuat masyarakat khususnya umat Islam kecewa. Terlebih, Ahok hanya mendapatkan besaran hukuman satu tahun bui dan dua tahun masa percobaan atas kasus penistaan agama.

Setelah menghadapi tuntutan, masyarakat tentunya menunggu sikap majelis hakim untuk memutus ‘si penista agama’. Apakah hakim akan berpihak untuk rakyat atau sebaliknya membela Ahok sesuai dengan tuntutan jaksa yang notabenya dibawah kendali kader Partai Nasdem, dalam hal ini Jaksa Agung M Prasetyo.

Pakar hukum pidana dari Universitas Padjajaran Prof Romli Atmasasmita misalnya. Lewat akun twitternya, dia merasa kecewa dengan putusan jaksa itu. Sebab, dalam hal ini, jaksa telah mencoreng hukum di negara ini.

“Saya himbau majelis hakim sekalian saja Ahok divonis bebas agar jelas bahwa negara hukum kita negara hukum atas kepentingan kekuasaan bukan demi keadilan,” ujar dia lewat akun twitternya yang ditulis Aktual.com, Minggu (23/4).

Terlebih, lanjut dia, jaksa hanya mengenakan pasal 156. Padahal sebelumnya Ahok dikenakan dua pasal yakni Ahok disangka melanggar delik penghinaan terhadap agama. Dia dikenai Pasal 156-a Kitab Undang-undang Hukum Pidana juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pasal 156-a KUHP berbunyi: “Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya 5 tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan: a. Yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.”

Sedangkan Pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE berbunyi: “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan.”

“Ucapan Ahok tidak memusuhi umat Islam, tapi menodai agama Islam Pasal 156 a huruf a; dengann sengaja di muka umum memusuhi atau menodai agama.”

Lantas, guru besar hukum pidana itu pun merujuk pada Surat Edaran Mahkamah Agung nomor 11 tahun 1964 yang berbunyi ‘karena agama merupakan unsur yang penting untuk pendidikan rohkanian, maka Mahmamah Agung menganggap perlu mengintruksian, agar barang siapa melakukan tindak pidana yang berifat penghinaan terhadap agama diberi hukuman berat.

“SEMA RI No 11 tahun 64 tentang instruksi kepada hakim terhadap kasus penghinaan terhadap agama harus mendapat hukuman berat,” katanya.

Sumber : http://www.aktual.com/jika-ahok-dipu...11-tahun-1964/
kita tunggu saja ntar keputusan pak hakim bagaimana
klo hasilnya gag sesuai keinginan ya tinggal banding saja
orang bersalah bisa saja bebas, orang tidak bersalah bisa saja masuk bui.

keadilan dan pengadilan sebenearnya dialam sana.


Setuju prof emoticon-Angkat Beer

http://m.hukumonline.com/berita/baca/lt4d12271e94d02/romli-atmasasmita-bersyukur-divonis-lepas-oleh-ma
Quote:Original Posted By root1010
orang bersalah bisa saja bebas, orang tidak bersalah bisa saja masuk bui.

keadilan dan pengadilan sebenearnya dialam sana.




emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
Jika Ahok Diputus Bebas, Hakim Abaikan SEMA No 11 Tahun 1964
Jika Ahok Diputus Bebas, Hakim Abaikan SEMA No 11 Tahun 1964
Jika Ahok Diputus Bebas, Hakim Abaikan SEMA No 11 Tahun 1964
Jika Ahok Diputus Bebas, Hakim Abaikan SEMA No 11 Tahun 1964
Taon 64 ? emoticon-Bingung (S)
Yg sejaman sama padjajaran atawa majapahit ada skalian gak ? emoticon-Bingung
kasus yg di paksakan...

sekarang keputusan pun mau di paksakan...

maksa bener sih...
Romli romli emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By root1010
orang bersalah bisa saja bebas, orang tidak bersalah bisa saja masuk bui.

keadilan dan pengadilan sebenearnya dialam sana.



yaudah.sono buruan mati
pengadilan paling adil cuma di alam sono kan emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By mbahmomon
kita tunggu saja ntar keputusan pak hakim bagaimana
klo hasilnya gag sesuai keinginan ya tinggal banding saja

kalo jaksanya ga mau banding gmn ? emoticon-DP
Di vonis bebas sajalah ..
inilah carut marut hukum di indonesia..
Ap kabar "pra peradilan?"
Untuk meloloskan BG tiba2 "pra peradilan" muncul
Dan Akhirnya BG menang...
Saat rezim "lawak" berkuasa..
Hukum yg hitam-putih bisa menjadi abu2..
Quote:Original Posted By wilir
Di vonis bebas sajalah ..
inilah carut marut hukum di indonesia..
Ap kabar "pra peradilan?"
Untuk meloloskan BG tiba2 "pra peradilan" muncul
Dan Akhirnya BG menang...


ga cuma itu pasal2 karet macem penistaan agama & uu ite harusnya dikaji ulang lagi... terlalu absurd penerapannya emoticon-Cape d... (S)
Mantan #KORUPTOR Lagi Celoteh ni Ceritanya . . . .

Jika Ahok Diputus Bebas, Hakim Abaikan SEMA No 11 Tahun 1964

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By .boedoet.
Taon 64 ? emoticon-Bingung (S)
Yg sejaman sama padjajaran atawa majapahit ada skalian gak ? emoticon-Bingung


surat edarannya udah buluk ya ray emoticon-Traveller

yg buat aja udah ga faham konteks saat ini emoticon-Cape d...
Quote: “Saya himbau majelis hakim sekalian saja Ahok divonis bebas agar jelas bahwa negara hukum kita negara hukum atas kepentingan kekuasaan bukan demi keadilan,” ujar dia lewat akun twitternya yang ditulis Aktual.com, Minggu (23/4).

Kekuasaan diatas hukum dan duit bisa mengatur kekuasaan.....sebab inilah indonesia
emoticon-Ultah
Gak masalah divonis bebas... emoticon-Smilie


Keadilan milik Allah saja emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By ganros
kasus yg di paksakan...

sekarang keputusan pun mau di paksakan...

maksa bener sih...


betul banget...
Kalau bebas udah pasti gak mungkin , mungkin hukuman percobaan aja karena kalau bebas pasti rusuh lagi dan kalau mau dimasukin penjara terlalu maksa .

Hakim yang serba salah jadinya ini , maju & mundur sama2 kena .

Semoga masyarakat bisa terima apapun keputusan dari hakim mengenai hukuman yang diterima pak Ahok .
Tahun 64 emoticon-Matabelo