alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fce683dac13e62658b456c/delapan-prinsip-agar-jalanan-kota-jadi-manusiawi
icon-hot-thread
Delapan prinsip agar jalanan kota jadi manusiawi
Delapan prinsip agar jalanan kota jadi manusiawi
BERKELINDAN | Delapan prinsip ini saling bertaut. Harus menjadi bagian terpadu dari perencanaan wilayah.
Ingin memindahkan ibu kota negara? Silakan. Mau memperkaya kota yang sudah ada, misalnya Palangkaraya di Kalimantan Tengah, maupun membuat kota baru di Jonggol, Kabupaten Bogor, persoalannya sama: bukan cuma bikin gedung perkantoran dan membangun perumahan.

Merancang dan menata kota adalah pekerjaan besar. Banyak hal harus diperhitungkan. Demikian pula dalam menangani kota yang sudah jadi dan terus berkembang seperti Jakarta -- siapa pun gubernurnya.

Ketika menyebut Jakarta Raya, persoalannya bukan cuma lima kota dan satu kabupaten dari Daerah Khusus Ibukota melainkan juga wilayah tetangga. Itulah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek, plus Tangerang Selatan) yang merupakan wilayah provinsi lain.

Kenyataannya sebagian orang Bodetabek bekerja di Jakarta. Bahkan uang untuk membeli rumah, dan kendaraan, pun didapat dari bekerja di DKI.

Warga pinggiran -- tepatnya: luar kota -- itu harus melakukan ulang alik untuk bekerja. Kadang untuk rekreasi akhir pekan pun mereka melakukan mobilitas lintas kota lintas provinsi. Dengan mobil pribadi maupun taksi berarti siap merambati kemacetan.

Bayangkan jika keluarga dari Jatiwarna, Bekasi, dengan melintasi Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR; Jakarta Outer Ring Road) sejauh 22km, untuk berbelanja dan mengudap lebih memilih ke Pondok Indah di Jakarta Selatan, dengan melewati Pasar Rebo di Jakarta Timur.

Sesekali, juga via jalan tol, sejauh 42km, mereka bertandang hingga Bumi Serpong Damai nun di Tangerang Selatan, Banten. Dalam situasi normal keluarga tersebut akan berkonvoi bersama truk, truk, dan truk. Membuang waktu dan bensin -- sekalian menambah polutan.

Sudah sejak tahun 1970-an muncul wacana agar Jabodetabek diurus oleh pejabat setingkat menteri. Mungkin tepat mungkin belum tentu. Namun pembentukan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada 2015 adalah bukti pengakuan terhadap masalah bersama sejumlah wilayah.

Sajian infografis penyerta artikel ini merupakan adaptasi dari Eight Principles dan Transit-oriented Development: Are You on the Map?.

Keduanya merupakan artikel di laman Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), yang bermarkas di New York, Amerika Serikat, dan sejak 2013 dilibatkan oleh Pemprov DKI dalam menata perparkiran dan pembangunan yang berorientasi kepada angkutan umum massal.

Senyampang membahas transportasi kota, kami mengingatkan topik Obsat, pekan depan (Rabu, 26 April 2017): "Laju Transportasi Baru".
Delapan prinsip agar jalanan kota jadi manusiawi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...jadi-manusiawi

---

Baca juga dari kategori INFOGRAFIK :

- Delapan prinsip agar jalanan kota jadi manusiawi Berbahaya tapi masih disuka: berponselria sambil berkendara

- Delapan prinsip agar jalanan kota jadi manusiawi Polri akan hadapi massa yang ganggu TPS

- Delapan prinsip agar jalanan kota jadi manusiawi Pilkada DKI: pemilih di Jakpus paling sedikit

moga aja bs kyk gt
numpang pejwan dulu
Prinsip mewujudkan gebetan manusiawi
Ya pengguna nya harus manusiawi juga emoticon-Traveller
Mengejawantahkan 8 prinsip itu kedalam sistem di lapangan itu yang susah.. disana akan terlibat lagi dengan prinsip psikologi, sosial-budaya, ekonomi, dan lain sebagainya
kalau jadi pejalan kaki susah gan, orang orang kita lebih suka punya kulit putih daripada coklat. jadi takut kepanasan tuh.

make up nya tebel tebel lagi, kalau luntur di jalan kan kasian gebetan.
dibangun rusak lagiemoticon-Traveller
anjir jonggol jadi ibukota bakal di tebangin dah tuh hutan emoticon-Ngakak
YANG PENTING TUH ORANGNYA, KALO GA KE DIDIK YA LIAT AJA JALANAN INDONESIA TUH

Coba ke sini Amrik, aturan jelas buat ditakutin pengendara bukan buat dilanggar

Gaada tuh yg serobot2 gajelas
Wqhhh sepi ya disini
memanusiawikan jalanan...
emoticon-Traveller
ane sepakat sama 8 prinsip tsb
Oh jd seperti itu
teori hanya sebatas teoriemoticon-Ngacir2
kadang gue heran. TROTOAR ditanem pohon. ditanem tiang ditanem kabel ditanem juga pot segede gaban ..


ujung ujungnya pejalan kaki malah pake pinggir jalan emoticon-Ngakak. ancur banget emoticon-Ngakak


trotoar yg pernah gue liat paling bagus dan gede pertama kali liat itu di malioboroemoticon-Ngakak (S)
klo di pindah bkl di tebang deh pohon pohon di palangkaraya emoticon-Turut Berduka
Harus tertib dari PKL.
Ane jadikan hot thread dulu ya, biar makin banyak yang peduli dengan jalanan kita. emoticon-Cool
Walik cantik.. emoticon-Kiss