alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fce31198e31b35448b4567/pakar-tata-kota-hentikan-reklamasi-hentikan-penggusuran-itu-demi-keadilan
Pakar Tata Kota: Hentikan Reklamasi, Hentikan Penggusuran, Itu Demi Keadilan…
Minggu, 23 April 2017 15:00 WIB
Eramuslim.com – Rekonsiliasi akan terjadi dengan sendirinya di tingkat elite dan masyarakat Jakarta jika Anies Baswedan sebagai gubernur baru mau melanjutkan program dan pembangunan yang baik dari pemerintahan sebelumnya.

Anies hanya tinggal melanjutkan apa yang sudah baik, dan sebisa mungkin meningkatkannya menjadi lebih baik lagi. Hal itulah yang pasti akan menimbulkan rekonsiliasi setelah masyarakat Jakarta terpecah oleh dinamika Pilkada.

“Contohnya proyek MRT. Itu sudah melewati empat gubernur. Dimulai Foke, Jokowi, Ahok dan kemudian akan diresmikan oleh Pak Anies. Itu tidak berarti Anies saja yang berjasa, tapi semuanya (berjasa),” jelas ahli tata kota, Marco Kusumawijaya, pada diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (22/4).

Begitu juga dengan Transjakarta yang tidak mungkin bisa dihentikan. Anies bersama wakilnya, Sandiaga Uno, harus terus memperbaiki moda transportasi massal agar memberi pelayanan yang lebih baik lagi ke masyarakat.

Namun, Marco menilai ada hal-hal yang bisa membuat proses rekonsiliasi sedikit terhambat di kalangan elite politik. Misalnya, rencana Anies-Sandi menghentikan proyek reklamasi di pantai utara Jakarta.

“Itu mungkin menimbulkan sedikit persoalan di tingkat elite. Tapi, saya rasa tidak demikian kalau di tingkat bawah ya,” imbuhnya.

Marco menduga Anies-Sandi bakal banyak melakukan perubahan, salah satunya menghentikan penggusuran rumah rakyat dan menggantinya dengan program-program perumahan rakyat yang lebih proaktif. Hal itu memang sangat jauh berbeda dengan sikap pendahulunya yang kerap melakukan relokasi warga lewat cara penggusuran.

“Itu sifat yang saya bilang sama sekali beda. Tapi saya duga itupun tidak akan menimbulkan ketegangan lebih lanjut, malah akan mendamaikan,” tambah Marco.

Yang akan dilakukan Anies-Sandi, prediksi dia, adalah memperjuangkan persatuan rakyat Jakarta. Untuk menegakkan persatuan itu, Anies-Sandi mau​ menerapkan prinsip keadilan sosial.

“Jadi, program menghentikan reklamasi, menghentikan penggusuran, harus kita lihat sebagai program keadilan. Dan itu insya Allah akan menenangkan,” jelasnya.

https://m.eramuslim.com/berita/nasio...medium=twitter

emang betul, pemimpin harus buat keadilan untuk bisa persatukan warganya. apa yang dikatakan ahli tata kota ini make sense
Wacana.
Biarin aja ngapa.
Eramuslim emang udah gila dari dulu
Hentikan penggusuran.. tapi diam2 dibakar itu satu kampung. Mana yg lebih biadab?
Nyetop reklamasi....? udah telat jon.... emoticon-Ngacir...emoticon-Traveller
demi keadilan emoticon-Leh Uga
kumuh dibiarin ,,, ajegileee keadilan kitu? emoticon-Hammer
ini yang di bilang pakar ? goblok nya ampe kiamat emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By indonistan..
keadilan itu apa sih?
membiarkan rakyat indon terperongok digubuk reyot pinggir kali yg bau dan banyak nyamuk masuk kategori adil?

apakah dgn menghentikan reklamasi yg mampu menampung ribuan orang, mempekerjaan ribuan orang dan kelak akan jadi ikon indonesia masuk kategori adil?

menjadi adil gak perlu jedotin pala dan nungging lima kali sehari
cukup berpikir rasional dan gunakan nalar
keadilan akan tercipta dgn sendirinya

Sakit komentar ente gan. Kompor mleduk buat ente emoticon-thumbsup
Yg kaya tetap kaya, yg miskin tetap miskin, itu kali maksudnya. emoticon-Cape deeehh
Pengalaman saya, lebih gampang hanya berkata, tapi akan lebih sulit waktu melakukannya
ah sudah sudah biarkan mereka apa kata mereka emoticon-I Love Indonesia emoticon-Salaman
Mungkin anies-sandi punya rencana tata kota yang lebih baik. Semisal memang bisa diwujudkan penataan kota tanpa menggusur kenapa ngga? Kalijodo misalnya, semisal ditangani sama anis-sandi kaga akan semerawut kek sekarang, ngapain punya taman kota kalo orang-orang yang ada pada digusur? kan harusnya bisa dicariin solusi lain, bagunan-bangunan liar sepanjang jalur hijau disana kan bisa aja di sulap jadi kampung wisata rohani buat warga jakarta emoticon-Big Grin

Ria rio, kampung pulo dan lain-lain. harusnya ngga di gusur. Ibarat ada lemari baju diisi sepatu sama kentang goreng. Jangan sepatu atau kentang gorengnya dipindah, kan bisa dicariin solusi lain. kentang gorengnya dilipet kayak baju atau sepatunya disablon biar serupa kaos misalnya emoticon-Big Grin
Penduduk jakarta tiap tahun nambah
Lahan jakarta terbatas

Loe mau tampung dimana lagi ?
Reklamasi perlu untuk nambah lahan
Lahan reklamasi bisa dijadikan pemukiman dan infrastruktur penunjang

Yg nolak reklamasi kudunya mikir dulu
Kembali kehabitat nya...
mantap penilaiannya
sampe gue pun bingung
Quote:Original Posted By BMAGLY
Penduduk jakarta tiap tahun nambah
Lahan jakarta terbatas

Loe mau tampung dimana lagi ?
Reklamasi perlu untuk nambah lahan
Lahan reklamasi bisa dijadikan pemukiman dan infrastruktur penunjang

Yg nolak reklamasi kudunya mikir dulu


mungklin mau bikin rumah apung gan ....
ya udah jangan ada penggusuran di bantaran kali lagian ngapain sih di atur lha orangnya sendiri gak mau di atur

dan gak usah ada pembangunan balikin modal pilkada plus untungnya dulu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By indonistan..
keadilan itu apa sih?
membiarkan rakyat indon terperongok digubuk reyot pinggir kali yg bau dan banyak nyamuk masuk kategori adil?

apakah dgn menghentikan reklamasi yg mampu menampung ribuan orang, mempekerjaan ribuan orang dan kelak akan jadi ikon indonesia masuk kategori adil?

menjadi adil gak perlu jedotin pala dan nungging lima kali sehari
cukup berpikir rasional dan gunakan nalar
keadilan akan tercipta dgn sendirinya

emoticon-Ngakak
Jangan dicegah...

ambil popcorn sama equil.. lalu nikmati bingung cara ngeles nya krn bakal jilat ludah sendiri..

emoticon-Toast
Quote:Original Posted By indonistan..
keadilan itu apa sih?
membiarkan rakyat indon terperongok digubuk reyot pinggir kali yg bau dan banyak nyamuk masuk kategori adil?

apakah dgn menghentikan reklamasi yg mampu menampung ribuan orang, mempekerjaan ribuan orang dan kelak akan jadi ikon indonesia masuk kategori adil?

menjadi adil gak perlu jedotin pala dan nungging lima kali sehari
cukup berpikir rasional dan gunakan nalar
keadilan akan tercipta dgn sendirinya


quote ini ajah emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By BMAGLY
Penduduk jakarta tiap tahun nambah
Lahan jakarta terbatas

Loe mau tampung dimana lagi ?
Reklamasi perlu untuk nambah lahan
Lahan reklamasi bisa dijadikan pemukiman dan infrastruktur penunjang

Yg nolak reklamasi kudunya mikir dulu


Sang pakar tata kota ini berfikir kalau Jakarta itu akan melar kayak karet emoticon-Ngakak