alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f967d79e7404bd338b4569/teladani-perjuangan-kartini-melalui-lima-fakta-ini
Teladani Perjuangan Kartini Melalui Lima Fakta Ini
Selamat Hari Kartini
Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia emoticon-Selamat emoticon-Ultah

Quote:
Teladani Perjuangan Kartini Melalui Lima Fakta Ini
Teladani Perjuangan Kartini Melalui Lima Fakta Ini

Ibu kita Kartini, Putri sejati
Putri Indonesia, Harum namanya
Ibu kita Kartini, Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya, Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia


Penggalan lirik tersebut menceritakan betapa mulianya sosok Kartini dalam mengangkat derajat kaum perempuan di Indonesia. Hingar bingar lagu tersebut semakin terasa saat peringatan Hari Kartini tiba yang jatuh pada hari ini.

Ya, setiap 21 April, masyarakat Indonesia memperingati hari kelahiran perempuan dengan nama lengkap Raden Adjeng Kartini. Beliau dikenal akan jasa-jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Kartini semasa hidupnya, simak lima fakta berikut yang diolah berbagai sumber:

1. Anak bangsawan
Kartini lahir pada 21 April 1879 dari keluarga bangsawan di Jepara, Jawa Tengah. Ia anak ke-5 dari 11 bersaudara. Ibunya bernama M.A. Ngasirah dan ayahnya bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat.

2. Hanya bersekolah sampai usia 12 tahun
Hingga usia 12 tahun, Kartini menjalani pendidikan Bahasa Belanda di ELS (Europese Lagere School). Ayahnya melarang Kartini melanjutkan pendidikan, karena dianggap telah siap dipingit. Padahal Kartini telah memiliki rencana melanjutkan pendidikan Sekolah Guru di Belanda.

3. Rajin mengirim bertukar surat dengan teman-teman di Belanda
Tak ingin menghabiskan waktu di rumah hanya dengan sia-sia, Kartini mencari akal untuk terus memperluas wawasannya. Ia mulai menulis surat untuk teman-teman korespondennya di Belanda. Dari situlah ia mengenal Rosa Abendanon dan menemukan semangat berapi-api untuk memperjuangkan pendidikan kaum perempuan di Indonesia.

4. Menikah usia 24 tahun dan meninggal usia 25 tahun
Di tengah membaranya mimpi untuk memperjuangkan pendidikan kaum hawa di Indonesia, Kartini dipaksa menikah pada 12 November 1903 dengan Bupati Rembang bernama K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang telah memiliki 3 istri. Meski demikian sang suami mendukung keinginan Kartini mendirikan sekolah khusus perempuan. Sayangnya, Kartini meninggal empat hari setelah melahirkan putra pertamanya pada 13 September 1904.

5. Surat-surat Kartini Dibukukan dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang
Untuk melanjutkan perjuangan Kartini, rekan-rekannya di Belanda, membukukan surat-surat hasil pemikiran Kartini dengan judul Door Duisternis tot Licht.. Agar dimengerti masyarakat Indonesia, buku ini kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

sumber


Quote:Salah satu kutipan yang terkenal adalah sebuah surat yang Kartini buat untuk Rosa Manuela Abendanon-Mandri tahun 1901,

"Kami, gadis-gadis Jawa, tidak boleh memiliki cita-cita, karena kami hanya boleh mempunyai satu impian, dan itu adalah dipaksa menikah hari ini atau esok dengan pria yang dianggap patut oleh orangtua kami."

sumber


Kalau bole tahu siapa kira2 yang dianggap agan-sista Kartini di zaman sekarang emoticon-Big Kiss
Hari kartini banyak banget thread bertemna kartini
inti nya kartini cuma berteori tanpa ada praktek.

talk more, do less.
Nama ibu ane kartini
selamat hari kartini gans
Quote:Original Posted By VinayDelZexay
inti nya kartini cuma berteori tanpa ada praktek.

talk more, do less.


Ente kejam gan
emoticon-Mewek
Itu jaman segono para cewe cuma mikir dapur n kimpoi doank lho
Lha ibu Kartini uda mikir jauh
Bersekolah hanya 12 tahun.. Diteladani?
ya gatau gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wahyu3auv3


Ente kejam gan
emoticon-Mewek
Itu jaman segono para cewe cuma mikir dapur n kimpoi doank lho
Lha ibu Kartini uda mikir jauh


bukannya kejam, kenyataan nya kontribusi nya emang gak ada kok.
kata siapa cewek zaman segitu cuma mikirin dapur? di jawa doang kali. di aceh sama perempuan sudah jadi admiral alias laksamana angkatan laut.

nih ya, sebelum kartini sudah ada para wanita yang berjuang dengan kerja nyata.


. Raden Dewi Sartika.
Spoiler for :



. Aisyah We Tenriollle

Spoiler for :


Nyi Ageng Serang
Spoiler for :

Quote:Original Posted By VinayDelZexay
bukannya kejam, kenyataan nya kontribusi nya emang gak ada kok.

nih ya, sebelum kartini sudah ada para wanita yang berjuang dengan kerja nyata.


. Raden Dewi Sartika.
Spoiler for :



. Aisyah We Tenriollle

Spoiler for :


Nyi Ageng Serang
Spoiler for :


emoticon-Wow
Ente paham sangat ama sejarah gan
Teladani Perjuangan Kartini Melalui Lima Fakta Ini
Jadi napa kok ibu Kartini yg dijadiin hari Nasional ya gan?
Padahal bener ente banyak jasa mereka dari ibu kartini
emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By grepe.lovers
Nama ibu ane kartini


RA nya ga ada bray emoticon-Big Grin
semoga tetap jadi panutan perempuan indo emoticon-Cool


Teladani Perjuangan Kartini Melalui Lima Fakta Ini
Banyak pejuang perempuan jaman dahulu, koq cuma kartini yg dirayain... emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By VinayDelZexay


bukannya kejam, kenyataan nya kontribusi nya emang gak ada kok.
kata siapa cewek zaman segitu cuma mikirin dapur? di jawa doang kali. di aceh sama perempuan sudah jadi admiral alias laksamana angkatan laut.

nih ya, sebelum kartini sudah ada para wanita yang berjuang dengan kerja nyata.


. Raden Dewi Sartika.
Spoiler for :



. Aisyah We Tenriollle

Spoiler for :


Nyi Ageng Serang
Spoiler for :



nice info bre. ane baru tau malahan
Quote:Original Posted By wahyu3auv3


emoticon-Wow
Ente paham sangat ama sejarah gan
Teladani Perjuangan Kartini Melalui Lima Fakta Ini
Jadi napa kok ibu Kartini yg dijadiin hari Nasional ya gan?
Padahal bener ente banyak jasa mereka dari ibu kartini
emoticon-Bingung


Menurut Prof. Harsja W. Bachtiar merujuk artikel di kompasiana tentang kenapa kartini ?

Karena kartini dekat dengan kolonial.
wanita yang emansipatoris itu, bukan wanita lembut diam di rumah, wanita santun, ramah penurut, tapi wanita yang tegas lagi kritikal
Quote:Original Posted By VinayDelZexay
bukannya kejam, kenyataan nya kontribusi nya emang gak ada kok.
kata siapa cewek zaman segitu cuma mikirin dapur? di jawa doang kali. di aceh sama perempuan sudah jadi admiral alias laksamana angkatan laut.

nih ya, sebelum kartini sudah ada para wanita yang berjuang dengan kerja nyata.


. Raden Dewi Sartika.
Spoiler for :



. Aisyah We Tenriollle

Spoiler for :


Nyi Ageng Serang
Spoiler for :


nah ini emoticon-Wink
tapi bener juga sih
kartini enak.lahir dikaum priyai
Jangan lupa nonton kartini yg maen neng dian emoticon-Malu emoticon-I Love Indonesia
abis kenyang terbitlah ngantuk emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By VinayDelZexay
Menurut Prof. Harsja W. Bachtiar merujuk artikel di kompasiana tentang kenapa kartini ?

Karena kartini dekat dengan kolonial.
wanita yang emansipatoris itu, bukan wanita lembut diam di rumah, wanita santun, ramah penurut, tapi wanita yang tegas lagi kritikal


Wokeh gan
emoticon-2 Jempol
Ane baru ISO
Cobain cendol ane ya
emoticon-Cendol Gan
Selamat Hari Kartini

21-April-2017