alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f8a698e052275d668b4568/wah-ternyata-proses-pemindahan-ibu-kota-negara-sudah-dimulai
Poll: Apakah agan setuju klw Ibu Kota RI dipindah ?
Setuju 92% (300 votes)
Tdk Setuju 8% (27 votes)
Wah Ternyata Proses Pemindahan Ibu Kota Negara Sudah Dimulai
POJOKBANDUNG.com – Pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bukan lagi sekadar wacana.

Saat ini, pemerintah pusat sudah mulai menggarapnya.Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan sejumlah kementerian dan lembaga terkait lainnya, untuk mematangkan rencana pemindahan ibu kota tersebut.

Hal itu dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

“Pak Presiden sangat serius soal ini, dan sudah menugaskan beberapa kementerian dan lembaga terkait, termasuk Bappenaas, untuk melakukan persiapan terkait rencana itu. Dan kita juga sudah membuat time table (jadwal kerjanya),” kata Bambang menjawab pertanyaan Kalteng Pos (Jawa Pos Group) di sela meninjau terminal penumpang baru Bandara Tjilik Riwut, Kamis (6/4/2917).

Bappenas/PPN sendiri, jelas Bambang, ditugaskan untuk melakukan kajian-kajian dan strategi pemindahan ibu kota, sehingga bisa berjalan lancar dan efektif. Terutama menyangkut pembiayaan yang diperkirakan akan cukup besar.

“Jadi kita tengah melakukan kajian dan menyusun strateginya, agar pemindahan ibu kota ini nantinya tidak terlalu memberatkan APBN,” papar Bambang.

“Jadi kita persiapkan skema-skema pembiayaannya, agar ibu kota baru itu nantinya bisa mandiri tanpa harus mengganggu APBN dan program prioritas lainnya.”

Diakuinya, proses pemindahan ibu kota tidak bisa dilaksanakan hanya dalam waktu satu atau dua tahun.

Menurutnya, diperkirakan proses tersebut memerlukan waktu cukup lama.

“Untuk perkiraan waktu prosesnya, menengah atau panjang. Tapi proses untuk itu saat ini sudah berjalan,” ujar dia.

Lebih lanjut dijelaskannya, alasan utama dipilihnya Palangka Raya sebagai lokasi prioritas calon ibu kota negara yang baru, tidak terlepas dari pertimbangan sejarah.

Presiden pertama RI Soekarno saat mengesahkan Palangka Raya, sudah mendesain Kota Cantik ini sebagai ibu kota RI selanjutnya.

“Latar belakang sejarah kan kita semua sudah tahu, bahwa Presiden Soekarno memang bercita-cita suatu saat nanti akan memindahkannya dari Jakarta ke Palangka Raya ini,” kata Bambang.

Seperti diketahui, wacana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangka Raya ini kembali menguat setelah Presiden Joko Widodo mengungkapkan hal itu, saat menghadiri Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Desember 2016 lalu.

Menindaklanjuti pernyataan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalteng bahkan telah membuat presentasi persiapan-persiapan yang dilakukan dalam rangka mendukung realisasi pemindahan ibu kota.

Salah satu yang dilakukan Pemprov Kalteng adalah telah menyiapkan lahan seluas 500.000 hektare (ha), untuk memfasilitasi wacana pemindahan ibu kota itu.

“Kita sudah mengidentifikas lokasi, mengkaji status lahan dan letak kawasan, serta menyinkronkan,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, beberapa waktu lalu.

“Wilayah yang kita persiapkan sekitar 500 ribu hektare, yang meliputi tiga daerah, yakni Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas.”

sumber



emoticon-Cool
Komeng kaskuser :

Quote:Original Posted By .o.o.o.o.o.o.o.
Kondisi kota palangkaraya terkini
Jakarta mah gk ada apanya
emoticon-Cool
Wah Ternyata Proses Pemindahan Ibu Kota Negara Sudah DimulaiWah Ternyata Proses Pemindahan Ibu Kota Negara Sudah Dimulai



Quote:Original Posted By conser
Ada yg dag-dig-dug ser
Mencak-mencak emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Wah Ternyata Proses Pemindahan Ibu Kota Negara Sudah Dimulai


Quote:Original Posted By praditya.92
memang bagus kok Palangkaraya
pernah liwat dulu jalannya memotong lurus ga belok belok motong sana sini
uda tertata basic nya
tinggal ngembangin aja

Bangku tempel nasbug
emoticon-Cool
Nah kalo pindah bagus donk
Gag akan sesumpek ini Jakarta.
Toh pusat bisnis ttp ada di Jakarta, sementara daerah kalimantan pastinya jadi berkembang karena pusat pemerintahan disana.
Stuju emoticon-Big Grin
Penataan kota akan lebih baik
Klw bisa jln dibangun lebar dan bersinergi antar trasportasi darat, laut & udara.


Saatnya pemerataan pembanguna emoticon-Ultah
yah ormas preman pada susah dong malak ke pejabatnya, soalnya jauh beda pulau. Harus pindah kantor pusat emoticon-Cool
Yah kok pindah....
Ntr gak ada objekan lagi buat warga nasbung dan nastak...
kalah minggat itu pilihan emoticon-Ngakak
kalo minggat yg jauh ya g usah balik emoticon-Ngakak
dayak Lebih kompeten jaga kebhinekaan Kita daripada betawi
memang sebaiknya pindah emoticon-Traveller
paling nyampe Pak Jokowi lengser gak bakalan pindah2, dari tahun ke tahun cuma wacana...
Panastaik pasti tidak tahu kalau waktu menengah itu adalah 5 tahun dan waktu panjang itu adalah di atas lima tahun.
Quote:Original Posted By NdRy-2x
Nah kalo pindah bagus donk
Gag akan sesumpek ini Jakarta.
Toh pusat bisnis ttp ada di Jakarta, sementara daerah kalimantan pastinya jadi berkembang karena pusat pemerintahan disana.


Jakarta udh gk layak jd ibu kota
Semua masalah numpuk disana
Udh sperti tong sampah gan emoticon-Big Grin
Mulai dri pengangguran, macet, kemiskinan, tdk aman, banjir, biang korupsi, intoleran dll...


Ane dukung setiap pembangunan yg tdk terpusat di jawa2 muluk.
emoticon-DP
taik taik taik! emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Di desain dulu sedemikian rupa dengan target 50/100 tahun ke depan biar nggak ada istilah banjir, macet dsb.
kita liat saja realisasinya.
klo emang pindah ya sukur
nggak pindah pun ndak mengapa
Yak deh, yg penting lu seneng aja. Kasian diketawain sekelas bupati gagal mamad dhani emoticon-Cool
Quote:Original Posted By KangPri
dayak Lebih kompeten jaga kebhinekaan Kita daripada betawi


Setuju ama Agan emoticon-afro

Ahok for gubernur New Ibukota RI Palangkaraya emoticon-Cool

Disisi lain wilayah kalimantan berbatasan dgn Malaysia, kita lihat sendiri selama ini perbandingan pembangunan di negara tetangga dgn kita sgt jomplang, mungkin dgn ini kita bisa mengimbangin.
Satu lg pengawasan di daerah perbatasan pun bisa lebih terkontrol.



NKRI harga mati emoticon-rose