alexa-tracking

Jepang AS Sepakat Dorong China Bertindak Lebih Tegas Terhadap Korea Utara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f640051ee5dffe248b456f/jepang-as-sepakat-dorong-china-bertindak-lebih-tegas-terhadap-korea-utara
Jepang AS Sepakat Dorong China Bertindak Lebih Tegas Terhadap Korea Utara
Jepang AS Sepakat Dorong China Bertindak Lebih Tegas Terhadap Korea Utara


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence telah sepakat akan pentingnya peranan Cina dalam menghadapi ancaman yang terus meningkat dari Korea Utara.

Pence tiba di Jepang dari Korea Selatan pada hari Selasa n(18/4/2017), dan makan siang dengan Abe di Kantor Perdana Menteri.

Mereka bergabung dengan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida, Menteri Ekonomi Hiroshige Seko dan Sekretaris Niaga AS Wilbur Ross.

Abe menyatakan harapannya untuk unjuk kekuatan aliansi Jepang-AS kapan pun ketika situasi Korea Utara semakin memanas.

Ia juga menekankan perlunya untuk terus menekan Korea Utara. Jepang menyambut sikap Presiden AS Donald Trump terhadap Korea Utara.

Wapres AS ini menjelaskan bahwa AS bertekad untuk bekerja sama dengan Jepang dan sekutu lainnya untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di wilayah itu.

Dia mengatakan AS memahami bahwa ini adalah waktu yang menantang bagi Jepang, yang hidup dengan meningkatnya provokasi di seberang laut Jepang. Dia menambahkan bahwa AS bersama Jepang 100 persen.

Abe dan Pence menegaskan kebutuhan untuk memperkuat aliansi bilateral melalui kerjasama yang erat pada isu-isu keamanan dan ekonomi.

Mereka juga sepakat pada kebutuhan untuk meningkatkan upaya untuk mendorong Cina agar mau menggunakan pengaruh yang dimiliki terhadap Korea Utara, karena ancaman dari Pyongyang terus meningkat.

Pence juga sempat mengingatkan Korea Utara tidak menguji tekad Presiden Donald Trump untuk menggerakkan kekuatan pasukan bersenjata di Kawasan Semenanjung Korea.

Hal itu disampaikan Pence, Senin (17/4/2017) menanggapi keras Korea Utara yang mempercepat program pengembangan nuklir dan rudalnya.

Pence memberikan pernyataan dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Korea Selatan Hwang Kyo-ahn, setelah perundingan keduanya di Seoul.

Pence mengatakan AS ingin proses penyelesaian Korea Utara dilakukan secara damai.

Tapi, semua pilihan tetap mungkin diambil.

Hwang mengatakan dirinya dan Pence sepakat bahwa militer AS akan mengerahkan sistem pertahanan rudal THAAD di Korea Selatan lebih dini guna meningkatkan persekutuan bilateralnya.

Ia juga mengatakan bahwa komunitas internasional harus meningkatkan tekanan pada Korea Utara serta menerapkan sanksi-sanksi dengan pasti, guna menghentikan negara itu mencapai tujuannya.

Sejauh ini militer AS mengerahkan sebuah armada tempur angkatan laut menuju semenanjung Korea.

Satuan tempur Carl Vinson yang terdiri dari sebuah kapal induk dan sejumlah kapal perang lainnya telah bergerak menuju Pasifik Barat terkait berbagai ujicoba rudal Korea Utara.

Sumber: NHK/AP

Sumber : http://www.tribunnews.com/internasio...ap-korea-utara

---

Baca Juga :

- Wapres Amerika dan PM Jepang Menyinggung Krisis Semenanjung Korea

- Hampir 300 Warga Korea Utara Akan Dideportasi Dari Malaysia Karena Melebihi Batas Ijin Tinggal

- Es Meleleh di Pegunungan ini, Kisah Tragis Masa Lalu Pun Terungkap