alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f63e98c0cb17fa198b4572/sejak-januari-2017-kementerian-kelautan-amankan-43-kapal-nelayan-asing
Sejak Januari 2017, Kementerian Kelautan Amankan 43 Kapal Nelayan Asing
Sejak Januari 2017, Kementerian Kelautan Amankan 43 Kapal Nelayan Asing


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak awal Januari 2017 ini, sudah 42 kapal nelayan asing ilegal yang diamankan karena menangkap ikan ilegal di perairan Indonesia. Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Eko Djalmo Asmadi mengatakan, rinciannya adalah 4 kapal dari Malaysia, 4 kapal dari Filipina dan sisanya kapa dari Vietnam.

"Paling banyak dari Vietnam," ujar Eko Djalmo Asmadi kepada wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2017).

Kapal-kapal asal Vietnam diamankan di sekitar Pulau Natuna, yang lokasinya bersebelahan dengan wilayah Vietnam.

Sedangkan kapal asal Filipina diamankan dari perairan sebelah utara Pulau Bitung, yang lokasinya tidak jauh dari perairan Filipina.

"Kapal asal Malaysia itu adanya di sekitar Selat Malaka," katanya.

Jumlah kapal nelayan asing yang diamankan pada triwulann pertama 2017 sebanyak 42 unit, jauh lebih banyak dibandingkan triwulan pertama tahun 2016 lalu yang mencapai 32 unit.

Eko Djalmo Asmadi menduga salah satu faktornya adalah moratorium di Tiongkok dan Thailand.

"Jadi mereka sudah tidak boleh mancing di negaranya sendiri, sekarang meraka mau lari kemana, sedangkan pekerjaan mereka mencari ikan," terangnya.

Untuk mengantisipasi serbuan nelayan asing ilegal, pemerintah akan memperkuat patroli di sebelah utara Indonesia, di titik-titik di mana biasa dimanfaatkan para pencuri ikan masuk ke wilayah Indonesia.

Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...-nelayan-asing

---

Baca Juga :

- Tangkap Ikan Pakai Cantrang, 5 Kapal Nelayan dari Pulau Jawa Diamankan Polisi

- Kepala Asosiasi Orangtua Murid SD di Jepang Bunuh Anak Usia 9 Tahun

- Lagi, Bakamla RI Tangkap Kapal Vietnam di Perairan Natuna

mantep deh makin tegas