alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5cacad89b0957778b4571/mengenal-sosok-robert-joppy-kardinal-ketua-baru-fraksi-golkar-di-dpr
Mengenal Sosok Robert Joppy Kardinal Ketua Baru Fraksi Golkar di DPR
Mengenal Sosok Robert Joppy Kardinal Ketua Baru Fraksi Golkar di DPR


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Golkar merotasi posisi Ketua Fraksinya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Partai Berlambang Beringin ini menunjuk Robert Joppy Kardinal menggantikan Kahar Muzakir sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar.

Sebelum menjadi ketua Fraksi Golkar, oleh Ketua Umum Golkar periode 2014-2019, Setya Novanto ia diberi tugas di posisi bendahara umum Partai.

Ketua Fraksi Golkar yang baru ditunjuk itu lahir di tanah Papua pada 7 April 1960 silam.

Joppy lahir, tepatnya, di pulau Doom. Masa kanak-kanak hingga SMA dia habiskan di kota ini.

Setelah itu Joppy merantau dan bekerja di Jakarta.

Joppy menikah dengan Wiwik Ariyani pada 7 April 1960 dan dikaruniai 4 orang anak.

Berdasarkan data dari laman Fraksi Golkar yang dikutip Tribunnews.com, Joppy mengawali perjalanan politiknya dengan aktif di organisasi afiliasi dibawah Golkar, Pemuda Pancasila sebagai Ketua bidang Pengerahan Massa Pemuda Pancasila (1990-1995), Ketua Harian DPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta dan Pengurus DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) (1996-1999) dan Barisan Inti AMPG (2003-sekarang).

Joppy menjadi Anggota DPR RI periode 2004-2009 Fraksi Golongan Karya (Golkar) Daerah Pemilihan Irian Jaya Barat, yang kini merupakan Papua Barat.

Ia merupakan anggota Kaukus DPR RI yang merupakan gabungan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia asal Provinsi Papua dan Papua Barat utusan Tanah Papua.

Berdasarkan catatan Joppy menjadi anggota DPR RI sejak periode 2004-2009 dari Daerah Pemilihan Irian Jaya Barat (kini Papua Barat) dari Partai Golkar.

Ia terpilih mewakili Kabupaten Fak Fak, Kaimana, Kota Sorong, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama.

Joppy kembali mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPR RI dari Partai Golkar nomor urut 1 daerah pemilihan Papua Barat pada 2014 ini.

Joppy terpilih kembali menjadi DPR RI nomor 89 dari 91 Caleg DPR RI terpilih dari Partai Golkar.

Joppy duduk di Komisi IV DPR RI, yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan.

Dikutip dari laman Fraksi Golkar, Joppy pernah menjadi Anggota Kaukus DPR RI yang merupakan gabungan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia asal Provinsi Papua dan Papua Barat.

Selama Robert menjabat sebagai Anggota DPR RI, ia menjadi anggota Kaukus DPR RI utusan Tanah Papua.

Kaukus ini pernah membahas masalah Limbah dan ancaman dari aktivitas perusahaan PT Freeport Indonesia terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya,kerusakan lingkungan akibat pembangunan infrastruktur, pembukaan perkebunan kelapa sawit dalam skala besar.

Tercatat juga Joppy merupakan satu anggota DPR RI yang ikut serta dalam kunjungan kontroversial ke Prancis dan Cina.

Robert Joppy Kardinal ikut dalam kelompok yang ke Cina di bawah pimpinan Herman Khaeron (dari Partai Demokrat) bersama 16 orang anggota DPR RI lainnya.

Senin, 13 Oktober 2008, ia juga pernah diperiksa di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi alih fungsi hutan lindung di Tanjung Api-api.

Pada tahun 2013 silam, Joppy termasuk anggota DPR RI yang meminta PT Freeport Indonesia untuk membangun Pabrik Smelter (pemurnian) di Papua.

Menurutnya, Undang-Undang Otonomi Khusus bisa jadi salah satu celah untuk tetap membuka peluang PT Freeport ekspor keluar negeri.

Tapi dengan satu syarat, PT Freeport bangun pabrik smelter alias pemurnian di Papua.

Diberitakan Robert J Kardinal ditunjuk mengisi posisi Ketua Fraksi Golkar. Partai berlambang pohon beringin itu mengaku pergantian Ketua Fraksi Golkar dari Kahar Muzakir ke Robert J Kardinal merupakan penyegaran.

"Lagi diproses, tanya Sekjen," kata Robert ketuka dikonfirmasi, Selasa (18/4/2017).

Robert J Kardinal untuk sementara merangkap sebagai Bendahara Fraksi Golkar.

Robert belum dapat meenanggapi banyak mengnai pergantian tersebut. "Nanti dulu belum dilantik," kata Robert.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...-golkar-di-dpr

---

Baca Juga :

- Robert Kardinal Gantikan Kahar Jabat Ketua Fraksi Golkar

- Pimpinan DPR Belum Terima Surat Pergantian Ketua Fraksi Golkar

- Komisi II Yakin Arief Budiman Bikin KPU Solid