alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5c95cdad770b17f8b4568/program-rumah-tanpa-dp-di-belanda
Program Rumah tanpa DP di Belanda
REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Eko Nugroho*)


Mencermati diskusi yang saat ini sedang hangat di Jakarta seputar program rumah tanpa uang muka (DP), saya tertarik untuk memberikan bahan perbandingan berupa uraian program kepemilikan rumah yang sudah lama diterapkan di negeri Belanda.

Apakah program rumah tanpa down payment (DP) realistis? Jawabannya adalah: sangat realistis. Sebagai bukti nyata, negeri Belanda sudah sejak puluhan tahun yang lalu menerapkan program rumah tanpa uang muka.

Penulis beserta ribuan warga Indonesia di Belanda dan jutaan penduduk lainnya di Belanda sudah memanfaatkan ‘program rumah tanpa DP’ ini untuk membeli rumah.


Di Belanda, sudah sejak abad yang lalu, setiap orang yang berpenghasilan tetap bisa membeli rumah. Program pinjaman untuk membeli rumah (dalam bahasa Belandanya hypotheek) yang diterapkan di Belanda adalah hypotheek tanpa DP. Program ini berlaku baik untuk membeli rumah susun maupun untuk membeli rumah biasa yang disertai dengan hak kepemilikan tanah.

Harga maksimal rumah yang bisa dibeli disesuaikan dengan penghasilan sang konsumen. Di Belanda tersedia rumah-rumah dengan harga yang sangat bervariasi, dari harga yang rendah hingga harga tinggi, tergantung jenis dan ukuran rumah serta lokasinya.Hal ini memungkinkan semua orang, termasuk juga warga kelas bawah, untuk membeli rumah.

Ada aturan umum yang diterapkan untuk mencegah risiko atau problem yang tidak diinginkan. Aturan umumnya adalah: harga maksimal rumah yang bisa dibeli = sekian x penghasilan per tahun dari sang konsumen. Berbagai kalkulasi mendasari aturan umum ini, di mana berbagai biaya dan kebutuhan rumah tangga seperti belanja, biaya listrik, biaya transportasi dan lain sebagainya sudah dimasukkan dalam kalkulasi tersebut. Sampai saat ini aturan umum ini terbukti menjadi ‘pagar pengaman’ yang sangat efektif untuk menghindari kemacetan kredit atau problem lain seputar pendanaan rumah.

Dengan adanya aturan ini si konsumen membayar cicilan sesuai dengan kemampuannya. Dan pada praktiknya, cicilan rumah yang harus dibayar setiap bulannya bukanlah sebuah beban pengeluaran baru yang muncul karena ia membeli rumah, melainkan hanya sebuah perpindahan alokasi biaya saja: biaya bulanan yang bulan lalu dipakai untuk membayar sewa rumah, sekarang dipakai untuk membayar cicilan rumah.

Jadi, secara singkat, program rumah tanpa DP sudah diterapkan di Belanda sejak puluhan tahun yang lalu. Program ini dirasakan oleh konsumen sebagai fasilitas yang memudahkan untuk membeli rumah. Kemudahan ini tidak dihantui risiko kredit macet karena ada aturan/persyaratan yang membatasi harga maksimal rumah yang dikaitkan dengan penghasilan konsumen.

Nah, apakah besarnya DP sekian persen atau DP nol persen ada korelasinya dengan risiko kredit macet? Sama sekali tidak. Dengan aturan yang disebutkan di atas tadi, pihak bank sejak awal sudah mengentahui bahwa beban cicilan adalah beban yang realistis bagi konsumen. Sementara pihak konsumen sendiri sejak awal juga sudah mengetahui bahwa dia tidak perlu banting tulang mencari penghasilan ekstra untuk membayar cicilan rumah.

Apakah program rumah tanpa DP menarik buat investor, dalam hal ini adalah bank? Program ini justru lebih menarik buat pihak bank karena jumlah pinjaman yang diberikan oleh pihak bank menjadi lebih besar, sehingga pemasukan buat bank juga menjadi lebih besar dibandingkan program dengan DP sekian persen.


* Karyawan profesional sebuah perusahaan swasta, berdomisili di Den Haag, Belanda.

sumur

di negara maju program rumah tanpa DP juga sudah berjalan sejak lama dan sangat realistis.

reserpret untuk komentar terpilih dan berbobot dari kaskuser dibawah
emoticon-Traveller

dilarang tasyabuh
yaudah sono pindah belanda, lagian harganya gak dicantumin
emoticon-Cool
Rumah tanpa DP, bebas pajak PBB, syaratnya harus ga boleh menapak bumi, dibangun melayang diatas awan karena wilayah udara DKI masih sangat luas, bukan rumah mengapung karena itu adalah program agus-silvy yg dibangun diatas sungai emoticon-Cool
Harga rumah max = sekian x penghasilan per tahun
Klo diliat standar kemapanan negri ini,yg msh berstatus negara berkembang khususnya lokasi lahn ibukota mungkin agk sulit yaa..tp klo lahannya di daerah yg pembangunan nya blom semaju jakarta,kmungkinan bisa saja diupayakan. Tinggal nanti pihak bank yg menginterview layak tidaknya yg mngajukan permohonan kpr
sulit kalo diterapin disini mah emoticon-Nohope

programnya aja revisi mulu emoticon-Nohope
emang bener kog, Anies itu gk bohong, ada rumah buat nasbung di Jakarta seharga 350jt, lebih murah malah emoticon-Big Grin

nih rumahnya
Spoiler for rumah nasbung:

Spoiler for rumah nasbung:
rumah tanpa dp sangat realistis krn dp cuma satu itupun dukung ahok pula, jd gak mungkin dp ada di tiap rumah
TS dungu kaw kira keadaan riil nya sama hah emoticon-Ngakak
terima kasih pada reklamasi yang membuat banyak lahan untuk dibangun rumah emoticon-Angkat Beer
banyak lahan kosong = bisa bangun banyak rumah = harga tanah murah

kalau disini, baru reklamasi dikit aja ud dpt banyak penolakan

dan yg paling konyol, ada cagub yg wacanain dp 0 tapi dia nolak reklamasi emoticon-Lempar Bata
cong gw nanya, lu pajak penghasilan dibelanda berapa???
Ya loe pindah aja ke belanda.. selesai
gue seri HYPOTHEEK di monopoli emoticon-Ngakak


kadang heran. harga tanah indo paling murah, tapi mayan udah lewat star dapet 20.000 dollaremoticon-Ngakak (S)
Poin nya kan

Harga maksimal rumah yang bisa dibeli disesuaikan dengan penghasilan sang konsumen

Kemungkinan hitungan nya gaji per tahun

Sekarang realita masyarakat jakarta gimana
harusnya belanda tuh yg talangin rumah dimari kan dulu udah keruk kekayaan Indonesia
Program Rumah tanpa DP di Belanda
Bank di sini ada yg mau ga dikasi program rumah tanpa DP emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By keretapisara
Rumah tanpa DP, bebas pajak PBB, syaratnya harus ga boleh menapak bumi, dibangun melayang diatas awan karena wilayah udara DKI masih sangat luas, bukan rumah mengapung karena itu adalah program agus-silvy yg dibangun diatas sungai emoticon-Cool


Bikin rumah pu'un aja gan gak napak tanah... atau gak rumah gantung
×