alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5c6a2582b2ee9698b457a/mau-langsing-makan-5-kali-sehari-tapi-porsinya-kecil-ya
Mau Langsing? Makan 5 Kali Sehari, Tapi Porsinya Kecil Ya
Mau Langsing? Makan 5 Kali Sehari, Tapi Porsinya Kecil Ya


TRIBUNNEWS.COM - Kita yang lelah menahan nafsu makan karena diet sekarang bisa bernafas lega.

Para ahli mempercayai bahwa makan 5 kali dalam sehari dalam porsi kecil lebih efektif menurunkan berat badan.

Seperti diketahui, makan 3 kali sehari sudah jadi ilmu paten di seluruh dunia.

Lalu bagaimana jika mau menurunkan berat badan? Banyak orang hanya makan satu atau dua kali sehari, skip sarapan dan hanya makan di siang hari.

Cara diet di atas sebenarnya salah besar. Melewatkan sarapan hanya akan membuat tubuh kelaparan dan akhirnya makan dalam porsi lebih besar di siang harinya.

Yang menganggetkan, banyak ahli kesehatan di seluruh dunia justru menyarankan kita untuk makan lebih sering yaitu 5 kali dalam sehari ketimbang hanya makan 3 atau 2 kali.

Mengapa Bisa Begitu?

Alasannya sederhana, karena tubuh tidak akan sanggup membakar kalori besar yang kita makan sekaligus, sehingga akhirnya malah tersimpan sebagai lemak.

Sebaliknya, bagi kalori 2 kali makan itu menjadi 5 – 6 kali makan dalam porsi kecil. 3 kali makanan utama dan 2 kali makanan ringan.

Makan lebih sering juga akan meringankan kerja sistem pencernaan karena beban yang lebih sedikit.

Porsi yang terlalu besar dalam sekali makan justru akan membebani sistem pencernaan dan membuat kerjanya jadi melambat.

Akibatnya, kita jadi mengantuk dan tidak produktif setiap kali selesai makan. Jeda makan yang terlalu jauh juga akan membuat energi dan gula darah kita menurun.

3 kali makan + 2 snack
Sarapan: Mulailah hari dengan makan pagi sekitar pukul 7 pagi. Jangan makan terlalu besar. Kurangi porsi makan pagi kita sedikit-sedikit hingga akhinrya menjadi setengahnya saja.

Snack 1 : Jam 10 pagi, konsumsilah aneka makanan ringan sehat seperti buah, tahu, tempe, atau kacang-kacangan. Kita juga bisa membagi makan pagi kita untuk snack. Misalnya kita biasa makan pagi dalam seporsi nasi goreng. Setengahnya saat sarapan dan makan lagi setengahnya untuk snack. Intinya, kita tetap punya asupan energi yang sama tapi dipecah dalam 2 kali makan.

Makan siang : Jika biasa kita makan siang dalam porsi besar, kali ini makanlah setengah dari porsi biasa. Toh kita baru saja makan snack di jam 10 sehingga jeda waktunya belum membuat perut terlalu lapar.

Snack 2 : Jam 3 sore, kembali konsumsi aneka camilan sehat mulai dari telur rebus, tahu, tempe, buah, kacang atau masih banyak lagi.

Makan Malam : Makan malamlah juga dalam porsi kecil dan terkontrol.

Tubuh Kita Pintar
Percaya atau tidak, tubuh manusia dibuat dengan sistem yang super pintar. Jika kita sering kelaparan karena makan terlalu jarang, tubuh akan otomatis menyimpan lemak sebagai energi cadangan untuk bertahan hidup.

Itu karena tubuh tidak tahu kapan lagi dia akan mendapat makanan selanjutnya.

Sebaliknya, makan lebih sering dalam porsi kecil akan membuat tubuh tenang untuk membakar energi dan tidak menyimpannya menjadi tumpukkan lemak.

Selain itu, makan lebih sering juga menurunkan keinginan kita untuk makan secara berlebihan. Tubuh sudah merasa cukup dengan ritme makan 3 jam sekali.

Tapi perlu diingat, pola makan ini bisa diterapkan dengan porsi makan yang lebih kecil dan bukan sama dengan biasanya ya.

Perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung lebih banyak protein dan serat dengan karbohidrat dan lemak yang lebih sedikit. Jangan lupa juga berolahraga.

Sumber : http://www.tribunnews.com/kesehatan/...sinya-kecil-ya

---

Baca Juga :

- Rachel Maryam Terus Ikhtiar Jalani Program Kehamilan

- Sudah Mati-matian Diet, Mengapa Masih Gagal Langsing? Ini Jawabannya

- Sarapan Tak Perlu Repot, Skotel Roti Ini Solusinya