alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5c3c0c0cb17f4218b457a/ritual-umat-hindu-sukses-di-aceh
Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh
Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh



MHD SAIFULLAH16 April 2017 16:40

"...Kita di Banda Aceh lebih kurang sekitar 25 (orang). Etnis Tamil semuanya,” kata Rada Krisna.

   

BANDA ACEH - Tiga hari terakhir, umat Hindu di Banda Aceh merayakan hari Dewa Muruga. Ritual keagamaan ini dipusatkan di Kuil Palani Andawer, yang berada di Gampong Keudah, Banda Aceh.

“Kita melakukan persiapannya dari tanggal 14, 15, 16. Acara kegiatannya ulang tahun Dewa Muruga. Jadi setiap tahun kita merayakan dan semalam sudah membawa keliling arca. Kita harus membawa arca itu keluar melihat dunia luar,” kata Rada Krisna, pendeta Hindu Kuil Palani Andawer, Minggu, 16 April 2017.

Prosesi keagamaan ini setiap tahunnya dipimpin oleh para pendeta Hindu dari Kota Medan. Sementara mereka yang ikut dalam ritual tersebut berasal dari umat Hindu Medan dan Banda Aceh.

“Itu sekitar 80-an, itu dari Medan dan Banda Aceh. Kita di Banda Aceh lebih kurang sekitar 25 (orang). Etnis Tamil semuanya,” katanya lagi.

Amatan portalsatu.com, perayaan ini dilakukan dengan mengarak patung dewa dari Kuil Palani Andawer menuju ke bantaran Krueng (sungai) Aceh yang tak jauh dari kuil. Setelah itu, penganut Hindu melakukan ritual penusukan besi tajam ke beberapa orang peserta perayaan.

“Itu ada suatu niatan, dia orangtuanya mungkin dalam keadaan sakit. Dia mengambil niat untuk bisa disembuhkan orangtuanya atau dengan usaha yang telah dilakukan dia,” kata Rada Krisna.

Rada Krisna bersyukur pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan sukses meskipun Hindu merupakan penganut agama minoritas di Banda Aceh. Dia berharap kegiatan seperti ini bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

“Cukup bagus, sampai sekarang belum ada satu gesekan apapun. Malah banyak didukung oleh banyak mayoritas,” kata Rada Krisna.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

- See more at: http://portalsatu.com/read/news/ritu....tsuY5Ejn.dpuf

Aceh yang pake syariah Islam aja boleh in acara seperti itu , kenapa Jawa yang secara historis kental budaya Hindu justru nggak bisa ngadain acara seperti itu . Apa takut dibubarkan oleh FPI
Kalo ga rusuh, sepi komen emoticon-Embarrassment

Ajaran kasih emang gitu, kalo rusuh, kasih komen.. kalo mau menang kasih sembako emoticon-Stick Out Tongue
Umat Hindu Banda Aceh Rayakan Upacara Thaipusam



MHD SAIFULLAH16 April 2017 11:00

   

BANDA ACEH - Puluhan umat Hindu Banda Aceh melakukan upacara keagamaan Maha Puja Pangguni Uthiram di Kuil Palani Andawer di Gampong Peulanggahan, Banda Aceh, Minggu, 16 April 2017. Perayaan ini juga dikenal dengan sebutan Thaipusam, pertama kali dilakukan pada April 2013 lalu di Banda Aceh.

Amatan portalsatu.com, perayaan Thaipusam ini dilakukan dengan mengarak patung dewa dari Kuil Palani Andawer menuju ke bantaran Krueng (sungai) Aceh yang tak jauh dari kuil.

Perayaan keagamaan ini juga menyedot antusiasme warga sekitar untuk menyaksikan.

Thaipusam merupakan perayaan untuk menghormati Dewa Hindu dan Dewa Murugan, serta upacara untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang dilakukan selama ini. Thaipusam dirayakan pada bulan Thai atau bulan kesepuluh dalam kalender Tamil.[]

Editor: IHAN NURDIN

- See more at: http://portalsatu.com/read/budaya/um....IyYNNFbp.dpuf
emoticon-Selamat
Toleransi Aceh untuk Hindu dan Kafir Zimmi Lain, Dulu Kini dan Esok



THAYEB LOH ANGEN17 April 2017 14:00

   

KEMARIN, Minggu, 16 April 2017, portalsatu.com mengabarkan, di Kuil Palani Andawer di Gampong Peulanggahan, Banda Aceh, puluhan umat Hindu Banda Aceh membuat acara Maha Puja Pangguni Uthiram.

Perayaan ini merupakan upacara keagamaan yang juga dikenal dengan sebutan Thaipusam. Pertama kali dilakukan pada April 2013 lalu di Banda Aceh.

Perayaan Thaipusam ini dilakukan dengan mengarak patung dewa dari Kuil Palani Andawer menuju ke bantaran Krueng (sungai) Aceh yang berada di dekat kuil itu juga. Masyarakat sekitar datang berduyun-duyun menyaksikan  upacara itu. Sesuatu yang unik, biasanya dilihat di dalam film Inidia, tapi kini ada di depan mata.

Thaipusam merupakan perayaan untuk menghormati Dewa Hindu dan Dewa Murugan, serta upacara untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang dilakukan selama ini. Thaipusam dirayakan pada bulan Thai atau bulan kesepuluh dalam kalender Tamil.

Keberadaan orang Hindu di Aceh, sejak zaman kesultanan, aman sentosa. Disebabkan sultan Aceh menerapkan ajaran Islam, bahwasanya Rasulullah saw memerintahkan untuk melindungi kafir zimmi (nonmuslim).

Selain orang Hindu, orang Kristen, Budha, dan lainnya, pun diizinkan tinggal dan beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya.

Sampai kini, dan selamanya, umat nonmuslim dan rumah ibadahnya tidak akan pernah disentuh oleh orang Aceh.

Disebutkan, pada suatu ketika, Sultan Aceh bahkan pernah mengizinkan kaum Nasrani mendirikan sebuah gereja di Banda Aceh.

Menjaga kerukunan antarumat beragama bagi orang Aceh merupakan budaya yang telah berlangsung selama ratusan tahun. 

Toleransi artinya kita melindungi mereka, menjaga hak-haknya. Tetapi kaum minoritas sendiri harus menjaga diri, sebagai tamu. Anda sopan, kami segan.

Yang terjadi baru-baru ini, mungkin mulai keluar dari batas keramahan, misalnya, jika kafir zimmi yang dikontrol dari luar mulai membuat kelompok untuk mempengaruhi kaum muslimin. Itu melanggar batas adat.

Umat Islam di Aceh, terutama di Banda Aceh adalah penduduk kota paling toleran antarumat beragama di Asia Tenggara. 

Penduduk Aceh itu 99 persen Islam dan menghormati kaum minoritas. Kita bisa melihat tingkat peradaban sebuah bangsa dengan bagaimana mereka memperlakukan orang kecil dan minoritas.

Aceh akan terus menerus dengan sikap toleransinya, meskipun ada usaha penghasutan dari luar, karena Aceh memiliki karakter mulia ini.[]

Thayeb Loh Angen, aktivis kebudayaan

Editor: THAYEB LOH ANGEN

- See more at: http://portalsatu.com/read/opini/tol....3hyQxdbE.dpuf
PERCAYALAH... yang kayak gini bakal sepi koment...
nunggu komen komen menggelitik emoticon-Malu kalo ada
Mungkin karena gak ada pemberitahuan sebelumnya

Sehingga sumbu pendek kecolongan emoticon-Wink
Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh


Ritual Umat Hindu Sukses di Aceh

@PORTALSATU.COM/MHD SAIFULLAH

[FOTO]: Menengok Perayaan Thaipusam di Banda Aceh



MHD SAIFULLAH16 April 2017 14:40

   

BANDA ACEH - Puluhan umat Hindu Banda Aceh melakukan upacara keagamaan Maha Puja Pangguni Uthiram di Kuil Palani Andawer di Gampong Peulanggahan, Banda Aceh, Minggu, 16 April 2017. Perayaan ini juga dikenal dengan sebutan Thaipusam, pertama kali dilakukan pada April 2013 lalu di Banda Aceh. Peringatan ini diwarnai dengan atraksi barongsai.

- See more at: http://portalsatu.com/read/budaya/fo....f9Pu2yCH.dpuf
berita sepi ini. ketepatan apa pilkadal DKIemoticon-Traveller