alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5bfee98e31b430c8b456e/trik-komputer-cara-mengatasi-laptop-lemot-atau-sering-ngehang
Trik Komputer Cara Mengatasi Laptop Lemot Atau Sering Ngehang
Hallo Agan2 semua emoticon-Hai Apakah Anda mengalami masalah laptop Anda lemot atau kadang ngehang? jika ya, tentu hal tersebut sangat mengganggu dan merasa kesal. Akibatnya pekerjaan menjadi terhambat. Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab masalah tersebut. Langsung saja ikuti trik komputer berikut ini mengenai cara mengatasi laptop lemot atau ngehang.

[img][/img]

Hindari Menjalankan Aplikasi Bersamaan

Quote:Salah satu faktor penyebab paling umum laptop lemot dan ngehang adalah karena menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Misalnya, Anda membuka halaman internet penuh dengan tab, lalu menjalankan game, photoshop dalam waktu bersamaan.

Kondisi tersebut membuat RAM dan processor penuh dan kinerjanya menjadi sangat lambat. Jika spesifikasi RAM komputer Anda 2GB maka bisa dipastikan jika aktivitas yang disebutkan di atas dilakukan bisa membuat laptop lambat, bahkan ngehang. Jadi untuk menghindari masalah, sebaiknya jalankan aplikasi satu-satu, cukup aplikasi yang dibutuhkan saja.


Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Quote:Penyebab lainnya laptop lambat dan sering ngehang adalah terlalu banyak menyimpan aplikasi. Akibat terlalu banyak aplikasi yang disimpan di sistem komputer bisa memberatkan kinerja memori dan mempersempit ruang penyimpanan. Oleh sebab itu, sebaiknya hapus saja aplikasi yang tidak dibutuhkan agar performa laptop menjadi lebih cepat dan ringan saat dipakai,

Bersihkan Chache Dan Temporary File

Quote:Berikutnya, agar laptop tidak lemot sebaiknya bersihkan chacce atau temporary file yang ada di browser Mozilla firefox atau Google Chrome dan file temporary yang tersimpan di hardisk komputer. Dengan membersihkan chache membuat ruang hardisk menjadi lebih efisien dan kinerja browser menjadi lebih cepat.


Mengupgrade Memori RAM

Quote:Poin ini sangat penting, khususnya bagi Andayang menggunakan laptop yang RAMnya minim. Upgrade RAM adalah menambah kapasitas memori, misalnya RAM 2GB menjadi 4GB atau 8GB. Dengan melakukan upgrade, kecepatan laptop Anda semakin cepat berkali-kali lipat.

Perbaiki Hardisk Bad Sector

Quote:Hardisk komputer yang mengalami bad sector bisa membuat komputer berjalan sangat lambat bahkan sering ngehank. Jika hardisk mengalami bad sector biasanya akan mengalami masalah Windowstidak bisa masuk saat melakukan booting. Mengatasi masalah ini bisa dengan chkdsk dari command prompt atau cmd.

Matikan Windows Update Otomatis

Quote:trik komputer berikutnya agar laptop tidak lemot atau ngehang adalah menonaktifkan windows update otomatis. Karena jika fitur ini aktif, pada saat Anda terhubung melalui internet sistem akan melakukan pengecekan terkait ada tidaknya file windows yang harus segera di update. Artinya jika Anda melakukan pembaharuan bisa menyebabkan kuota internet dihabiskan. Jadi, sebaiknya matikan saja fitur windows update otomatis melalui control panel.

Demikian trik komputer cara mengatasi laptop yang lemot atau sering ngehank. Trik di atas dapat dilakukan juga pada perangkat komputer. Selamat mencoba!emoticon-Shakehand2

Sumber Artikel Trik Komputer Cara Mengatasi Laptop Lemot Atau Sering Ngehangemoticon-Toast emoticon-Hai emoticon-Toast
thread yang bagus gann.. kalau bs di jelasin jg gan caranya 1 per 1 gan, biar lebih keren emoticon-Wow emoticon-Wow
keep share nice thread gan emoticon-Toast
Kalo di windows 8.1/10 harus matiin superfetch sama windows search biar disk nya nggak 100%