alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5b8cf60e24b9e5c8b4567/singapura-bisa-jadi-contoh-kesuksesan-reklamasi
Singapura Bisa Jadi Contoh Kesuksesan Reklamasi
Quote:Singapura Bisa Jadi Contoh Kesuksesan Reklamasi

JAKARTA - Pakar Reklamasi Sawarendro menilai, Singapura bisa menjadi contoh kesuksesan proyek reklamasi. Karena sejatinya, reklamasi merupakan hal lazim dilakukan di berbagai negara guna mengatasi problem daya tampung dan daya dukung ruang suatu wilayah yang semakin kritis.

"Banyak negara di dunia yang sukses menambah luas negaranya dengan cara reklamasi. Singapura bisa menjadi contoh," kata dia dalam rilis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Reklamasi, tambah dia, bahkan menjadi strategi pemerintah Singapura untuk mengembangkan negara dan memperluas wilayah negara kota yang luasnya sangat terbatas itu. Saat ini luas wilayah Singapura sekitar 719 kilometer persegi (km2). "Lebih besar dari wilayah DKI Jakarta yang seluas 661 km2, namun lebih kecil daripada kota New York yang memiliki luas 784 km2," jelasnya.

Sejak merdeka, luas wilayah Singapura telah bertambah tak kurang dari 130 km2. "Sekitar 1960 luas wilayah Singapura baru seluas 581 kilometer persegi. Sementara pada 2015 luasnya berkembang menjadi 719 kilometer persegi," tutur dia.

Sawarendro mengatakan, hingga 2030, pemerintah Singapura merencanakan perluasan lahan sekitar 100 km2 dengan reklamasi. Hal ini untuk mengimbangi potensi perkembangan Singapura di masa mendatang.

Sementara, Pakar Teknik Perairan Institut Teknologi Bandung (ITB) Hernawan mengatakan, Jakarta juga membutuhkan reklamasi untuk mengatasi problem daya tampung dan daya dukung ruang wilayahnya yang semakin kritis. "Sebagai kota, Jakarta bahkan lebih padat dibandingkan dengan Singapura," katanya.

Dengan luas yang lebih kecil daripada Singapura, penduduk Jakarta bahkan lebih banyak. Saat ini diperkirakan Jakarta dihuni sekitar 10 juta orang. "Hal yang wajar jika Jakarta memerlukan reklamasi untuk Cumiarkan wilayahnya," tambah Hernawan.

Karena semakin padat, penduduk ibu kota membutuhkan lebih banyak ruang untuk tinggal dan bekerja. Pengembangan Jakarta, hanya memungkinkan ke utara. "Ke sisi timur, barat, dan selatan Jakarta sudah tidak bisa jadi pilihan," jelasnya.

Dengan reklamasi, Jakarta juga dapat mempercantik dirinya menjadi kota metropolitan kelas dunia. Konsep waterfront city yang akan dibangun di pantai utara Jakarta juga tidak kalah dengan yang ada di berbagai negara maju," ujarnya.

Waterfront city di pantai utara Jakarta yang menjadi bagian proyek NCICD, akan menawarkan daya tarik berupa ruang terbuka hijau, bangunan-bangunan untuk pusat aktivitas, hunian dan pusat perkantoran dalam suatu wilayah yang berdekatan. "Semua ini didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai bersebelahan dengan lingkungan perairan," kata dia.

(izz)
https://ekbis.sindonews.com/read/119...asi-1492496232


jgn jadikan JKT seperti singapura..emoticon-Mad
klo Venesia baru gw setuju.. emoticon-Big Grin
Tapi bukan kota dengan dam2 air lebih ke kota dengan air dmn2.. emoticon-Big Grin