alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5aea0dc06bd96718b456b/problem-mama-mertua
PROBLEM MAMA MERTUA
Hello kaskuser. Tolong masukan dan pendapatnya. Pusing banget neh masalah sama mertua.
Gw baru nikah setengah tahun. Tapi mama mertua gw selalu kayak cemburuan atau iri atau apa gitu sebutannya deh. Plus kayak ga suka anaknya nikah sama gw.

Flashback sedikit. Sebelum nikah mama mertua gw emang udah rese gitu. Tapi gw cuek aja, gw masih bisa sabar.
Suami gw ini bukan dari keluarga mampu. Dia dan mamanya tinggal sama saudara. Papanya udah cerai sama mamanya. Biaya pernikahan ini sekitar 80% ditanggung keluarga gw. Sampai akhirnya setelah nikah, papa gw juga bantuin bayar kontrak rumah buat kita. Trus kasih modal untuk mulai usaha kecil2an kita berdua. Keluarga gw jg bukan orang kaya tapi bisa dibilang cukup karena mereka rajin. Papa mama gw masih usaha dagang kecil2an.

Kemudian beberapa bulan setelah nikah masalah mulai muncul sama mama mertua. Dia minta tinggal bareng sama anaknya!! Selalu maksa2 suami gw supaya dia tinggal bareng. Gw awalnya masih mengalah. Gw bilang nginap aja seminggu di rumah kontrakan gw.
Mama mertua dateng nginap tuh bilangnya seminggu. Tapi dia malah kayak ga tau diri. Dia minta nginap 2 minggu. Gw udah mulai kesel. Gw ga banyak ngomong sama dia selama dia nginap. Udah gitu bonusnya udah kayak ratu yg selalu mau dilayani.

Yg paling bikin kesel tuh dia blg gini "papa mama km kan punya usaha, mama (maksudnya mama mertua gw) kan ga punya apa2 cuma cape bantuin di rumah tante, makanya mama setiap bulan mau istirahat kesini ya lumayan 2 minggu buat istirahat."

OMG gw jd merasa dia cuma mau numpang enak2an. Kayak ga mau cape2 kerja. Umur dia 60 thn, umur papa gw udah 63 thn, umur tante gw pun ada yg 68 thn tapi masih mau kerja jd tukang masak. Akhirnya gw sampe bandingin gitu gara2 dia ngomong "mama udah tua udah cape kerja".

Padahal anaknya (suami gw) udah jelas banget bilang "sekarang ini blm sanggup biaya untuk bawa mama, aku mau biayain istri dulu dan tanggung jawab bangun usaha."
Koq mamanya masih push kita terus ya. Masa iya ga bisa mikir gitu lho.

Gw jd kesel lama2 sama mama mertua. Bisa2 gw ga respect lagi. Biarin deh mau dibilang nanti dosa itu kayak mama sendiri. Tapi kalo dia kayak gitu salah ga gw jd kesel? Untung aja gw blm ngamuk. Gw masih diem ke mama mertua gw. Cuma suami gw yg akhirnya akhir2 ini sering ribut sama mamanya. Kasian suami gw. Dia sampe bilang ke gw mamanya ini ga punya rasa malu dan ga pengertian. Dia udah pusing jg menghadapi mamanya.

Ceritanya segini dulu deh. Soalnya panjang banget kalo detail hehehe.. Yg inti utamanya kayak gitu. Yg pasti gw udah merasa ga cocok sama mama mertua gw.

What should i do guys? Please help.
yg hrus kamuh lakukan skarang yaituh
bicara scara kekeluargaan antara kamu suami dan mama mertuamu emoticon-Smilie
tp ya hrs sopan juga sbab dia orang tua, ya mcm2 org tua ad yg gini gitu
tp ttp hrs hormati, dn bila dia ngekeh, blg suami
tp klo bwt gw sih pribadi gw ga enak klo hrs itung2ngan buat org tua
hrs sabar dan hadapi soalnya dia org tua kita juga itungannya
toh jg hidup ga "slamanya" brg kan, emoticon-Mewek
klo ane sih selalu cari cara tersimpel dlm menangani masalah..
buktiin dgn tindakan

kan udh dblg ya duitnya kurang klo nambah mertua, yaudah buktiin aja klo kurang
sista catet pengeluarannya ksh unjuk, ajak blanja bareng

masalahnya "cmn" krn ga ada biaya kan? yaudah solusi ane gtu
ksh unjuk aja sm ajak blanja
jd klo ngeluh ga ada makanan ya emng kgak ada
usaha ortu ya punya ortu, sista cewek, ga berhak nafkahi ortu suaminya, yg ada kebalikannya

emng laki2 itu punya ortunya dan perempuan itu punya suaminya tp bkn berarti yg dimiliki perempuan itu juga punya suaminya
sabar yaa..orang sabar pantatnya lebar emoticon-Hammer (S)
mungkin dia cemburu
mungkin dia kesepian

emoticon-Malu
waduh nyimak dulu gan, siapa tau bisa jadi pembelajaran buat ane ke depannya emoticon-Malu

semoga masalah dgn mertuanya cepat terselesaikan emoticon-Smilie
dari awal mau menikah sista sdh tahu dgn kondisi keluarga suaminya,
sdh tahu sifat mertua sista itu rese
yg nubi engga abis pikir itu kenapa sista tetap menjalankan pernikahan emoticon-Gila
nasi sdh menjadi bubur, sista sdh menikah dan wanita yg sista blg rese itu menjadi mertua sista
nikmatilah pernikahan dgn kondisi mertua seperti itu
jgn pernah berharap utk bisa merubah sifat mertua sista seperti yg sista harapkan,
yg terjadi malah sifat mertua sista semakin parah emoticon-Cape d... (S)
andai sista sdh engga kuat menjalaninya, jalan terbaik ya bubar aja selagi blom punya anak

sadarkanlah ibu mertuamu dengan bijak emoticon-Angel
Quote:Original Posted By MeiCHocoEido99
yg hrus kamuh lakukan skarang yaituh
bicara scara kekeluargaan antara kamu suami dan mama mertuamu emoticon-Smilie
tp ya hrs sopan juga sbab dia orang tua, ya mcm2 org tua ad yg gini gitu
tp ttp hrs hormati, dn bila dia ngekeh, blg suami
tp klo bwt gw sih pribadi gw ga enak klo hrs itung2ngan buat org tua
hrs sabar dan hadapi soalnya dia org tua kita juga itungannya
toh jg hidup ga "slamanya" brg kan, emoticon-Mewek


Kayaknya percuma sis. Udah pernah suami gw ngomong di depan gw dan di depan mamanya. Tp mamanya keras kepala banget ga bisa ngerti.
Pernah tuh mamanya ada jawab mau cari kerjaan yg gampang2 (contoh jahit vermak baju). Tapi bullshit. Tiba2 dia malah bilang dia disuruh kerja sama anaknya. Cape deh!! Berarti dia ga niat kerja kan? emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By 3770372
klo ane sih selalu cari cara tersimpel dlm menangani masalah..
buktiin dgn tindakan

kan udh dblg ya duitnya kurang klo nambah mertua, yaudah buktiin aja klo kurang
sista catet pengeluarannya ksh unjuk, ajak blanja bareng

masalahnya "cmn" krn ga ada biaya kan? yaudah solusi ane gtu
ksh unjuk aja sm ajak blanja
jd klo ngeluh ga ada makanan ya emng kgak ada
usaha ortu ya punya ortu, sista cewek, ga berhak nafkahi ortu suaminya, yg ada kebalikannya

emng laki2 itu punya ortunya dan perempuan itu punya suaminya tp bkn berarti yg dimiliki perempuan itu juga punya suaminya


Nahh ini jg salah satu masalah lg. Masa gw disuruh tanggung jawab mamanya jg. Sumpah gw kesel banget keluarganya ga tau diri. Dimana2 itu cowo yg biayain cewe. Udah bagus kan papa gw bantuin modal usaha kita. Sekarang diminta tanggung jawab mamanya jg. Suami gw aja sampe kesel. Dia udah pusing sama keluarganya.
Quote:Original Posted By route16
sabar yaa..orang sabar pantatnya lebar emoticon-Hammer (S)
mungkin dia cemburu
mungkin dia kesepian

emoticon-Malu

Mungkin gitu ya.
emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By misslassie


Kayaknya percuma sis. Udah pernah suami gw ngomong di depan gw dan di depan mamanya. Tp mamanya keras kepala banget ga bisa ngerti.
Pernah tuh mamanya ada jawab mau cari kerjaan yg gampang2 (contoh jahit vermak baju). Tapi bullshit. Tiba2 dia malah bilang dia disuruh kerja sama anaknya. Cape deh!! Berarti dia ga niat kerja kan? emoticon-No Hope


klo km nuntut mamanya kerja, suruh aja kerjaan rumah, tp ente gpp ya nyuruh2 org tua?
istilahnya mungkin minta meringankan beban rumah aja ya, minta bantuan dirumah gt
bantuin ente nyuci, masak, nyapu ngepel
Ane rasa agak kurang bijak memberikan saran tanpa mengetahui latar belakang keluarga kalian..

Tapi ane merasa agak kurang pantas menyebut orang tua sendiri gak tau malu karena numpang di rumah kontrakan anaknya sendiri dan terkesan ingin mengusirnya dan gak perlu dekat-dekat dengan kalian...

Apa kalian lebih tidak malu apabila kalian tinggal dirumah kontrakan sendiri, tapi orang tua masih numpang sama sodaranya?? anak macem apa yang meninggalkan ortunya dirumah sodara ortunya itu...

Karena bagaimanapun juga, dia itu orang tua dari suami sist yg udah membesarkan suami sist itu dengan keadaan yang berkekurangan seperti itu...Menurut ane sudah selayaknya dan sepantasnya kalian menjaga orang tua kalian itu...
Quote:Original Posted By hiimanonymous
waduh nyimak dulu gan, siapa tau bisa jadi pembelajaran buat ane ke depannya emoticon-Malu

semoga masalah dgn mertuanya cepat terselesaikan emoticon-Smilie

Kalo bisa seh jangan sampe ada masalah besar sama mertua emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kuching.kurap
dari awal mau menikah sista sdh tahu dgn kondisi keluarga suaminya,
sdh tahu sifat mertua sista itu rese
yg nubi engga abis pikir itu kenapa sista tetap menjalankan pernikahan emoticon-Gila
nasi sdh menjadi bubur, sista sdh menikah dan wanita yg sista blg rese itu menjadi mertua sista
nikmatilah pernikahan dgn kondisi mertua seperti itu
jgn pernah berharap utk bisa merubah sifat mertua sista seperti yg sista harapkan,
yg terjadi malah sifat mertua sista semakin parah emoticon-Cape d... (S)
andai sista sdh engga kuat menjalaninya, jalan terbaik ya bubar aja selagi blom punya anak



Iya betul malah semakin parah tuh. Gw pernah bilang ke suami gw kalo kayak gitu terus lebih baik pisah. Tapi suami gw diem aja. Pusing lama2 kalo begini terus.
Quote:Original Posted By misslassie

Mungkin gitu ya.
emoticon-Ngakak



ente blm merasakan sih..emoticon-Malu
Quote:Original Posted By MeiCHocoEido99


klo km nuntut mamanya kerja, suruh aja kerjaan rumah, tp ente gpp ya nyuruh2 org tua?
istilahnya mungkin minta meringankan beban rumah aja ya, minta bantuan dirumah gt
bantuin ente nyuci, masak, nyapu ngepel


Gw ga pernah suruh2 dia kerja. Gw masih ada rasa ga enak. Mama gw yg pernah bilang ke mertua gw kalo nginap bantuin masakin buat anak ya. Tapi buntutnya tuh mertua gw malah ribut lg, katanya dia kayak pembantu. Cape kan? Padahal dia kalo lg nginap cuma masak doank siang dan malam dan itu pun kadang2 masih beli sayur jadi di luar.
waduh ini sih kebalikannya...Klo Ane malah pengin Ortu tinggal bareng, tapi ortu kekeh mau d rumahny sendiri ....
Quote:Original Posted By princesilver
Ane rasa agak kurang bijak memberikan saran tanpa mengetahui latar belakang keluarga kalian..

Tapi ane merasa agak kurang pantas menyebut orang tua sendiri gak tau malu karena numpang di rumah kontrakan anaknya sendiri dan terkesan ingin mengusirnya dan gak perlu dekat-dekat dengan kalian...

Apa kalian lebih tidak malu apabila kalian tinggal dirumah kontrakan sendiri, tapi orang tua masih numpang sama sodaranya?? anak macem apa yang meninggalkan ortunya dirumah sodara ortunya itu...

Karena bagaimanapun juga, dia itu orang tua dari suami sist yg udah membesarkan suami sist itu dengan keadaan yang berkekurangan seperti itu...Menurut ane sudah selayaknya dan sepantasnya kalian menjaga orang tua kalian itu...


Soalnya rumah kontrakan jg yg bayar ini papa gw, bukan suami gw atau mertua gw. Kalo kayak gini gw jg ga enak sama keluarga. Posisi gw kan cewe (yg seharusnya dibawa dan dibiayain keluarga cowo) tapi ini papa gw masih bersyukur masih mau bantu. Masa iya harus jg menanggung si besan (mama mertua) hidup sama kita?

Kalo dia punya rasa malu harusnya ga enak hati. Tapi dari omongan2 dia malah dia bilang kayak intinya itu kenapa harus malu kan udah nikah harus mau terima mamanya jg. Gw lama2 jg bisa ga respect lg sama dia.
Ane menikah baru 11 tahun, hubungan dgn mertua atau ibu sendiri ya mirip-mirip seperti itu.
Ane sama bini sepakat, walau bagaimanapun orang tua, tetep harus diperlakukan baik.
Tiap keluarga punya masalah, kelebihan dan kekurangan tersendiri. emoticon-Cendol Gan
Simpel sist, biarin aja dia tinggal bareng ama kalian, kalian berdua sibuk bangun usaha kan? yaudah, ajak dia kerja juga. sibuk-sibuk terus aja lah sist biar ga ada waktu ngelayanin dia. Suami sista juga sepaham sama sist kan? udah enak itu.

Soal kewajiban kepada mama mertua, bisa sista lakukan dengan memenuhi kebutuhan2 dasarnya dia aja. kasih makan, kasih kamar, kasih pakaian, udah. pokonya kewajiban sista sebagai menantu sudah sista lakukan, sista ga perlu merasa bersalah. sista kan juga manusia, wajar kalau sabarnya sista ada batasnya.

Kalau nanti sista sudah merasa jenuh, atau ga tahan sama sikap mertua sist, gantian sist yg liburan dulu ke rumah ortu. biarkan suami sist berdua aja sama mamanya. terserah mereka mau menyelesaikan masalah seperti apa, yg penting sista nggak stres... emoticon-Kiss (S)