alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f594e8582b2e130c8b456c/menjemput-tki-ilegal-dengan-pesawat-pribadi
Menjemput TKI ilegal dengan pesawat pribadi
Menjemput TKI ilegal dengan pesawat pribadi
Ilustrasi TKI Ilegal
Ihwal kriminalitas, kata-kata Bang Napi, karakter dalam program Sergap nan populer pada awal hingga pertengahan dekade 2000-an, boleh dipegang: "Kejahatan tidak selalu terjadi karena niat pelakunya, tapi juga kesempatan".

Menempelkan aforisme tersebut ke kasus penggagalan penyelundupan tenaga kerja Indonesia ke Malaysia, satu variabel mesti ditambah ke dalam kalimat berujung "Waspadalah, waspadalah" itu: Uang.

Kalau membaca kabar di sejumlah media, alat pengiriman orang-orang berlabel TKI itu sungguh tidak murah dan modusnya tergolong baru. Pasalnya, para pekerja gelap itu rencananya bakal dijemput dengan memakai pesawat pribadi dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (16/4).

Informasi mengenai upaya pengiriman 13 manusia itu--12 lelaki dan seorang perempuan--disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Cucu Koswala. Dilansir Kompas.com, Cucu mengatakan jet tersebut berasal dari Malaysia dan dimiliki seorang pengusaha perkebunan kelapa sawit.

"Ini gunakan pesawat pribadi, pesawat jet yang dikirim dari Malaysia. Ini modus pertama kali," ujarnya, Senin (17/4).

Lebih dari selusin calon pekerja dimaksud berasal dari"Ogan Ilir, Sumatera Selatan, dan Blitar, Jawa Timur."

Mereka dijemput oleh dua orang berkewarganegaraan Malaysia yang telah bekerja sama dengan beberapa warga Indonesia. Menurut Cucu, kedua warga asing tersebut sedang diperiksa pihak imigrasi demi mengetahui kemungkinan keterkaitannya dengan sindikat perdagangan orang.

Para warga Malaysia itu mengaku baru sekali melakukan penjemputan. Namun, imigrasi Indonesia menemukan bahwa paspor keduanya tidak menunjukkan hal demikian.

"Dari paspor dari 2015 sudah berapa kali ke sini. Tapi, kita enggak tahu apakah cuma datang atau bagaimana," kata Cucu dikutip Kompas.com.

Poskotanews.com memberitakan, dengan mengutip Cucu, bahwa prosedur keberangkatan TKI-TKI itu bermasalah.

"Jika ingin bekerja harus izin terlebih dahulu. Katanya mau dipekerjakan di perkebunan sawit dan masjid di Malaysia," ujar Cucu.

Dalam hemat Cucu, para calon pekerja tidak memiliki di bidang pekerjaan yang sudah dijanjikan. Selain itu, perekrutan mereka pun tidak menyertakan pemungutan biaya.

"Mereka dari wawancara (pemeriksaan) tidak membayar sepeser pun. Ini agak aneh juga," katanya seperti ditulis Tribun Medan. Cucu menambahkan, pencegahan para lulusan SMA itu ke Malaysia dimaksudkan demi menghindarkan mereka dari korban tindak pidana perdagangan orang atau TPPO.

Saat ini, orang-orang itu berada di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

Jika memakai tarif sewa jet di Indonesia sebagai tolok ukur--di luar kenyataan bahwa pesawat yang akan dipakai oleh para TKI bersifat noncarteran--upaya pengiriman ke Malaysia itu tidak murah.

Simaklah penuturan Bayu Sutanto dari PT Transnusa Aviation Mandiri kepada Merdeka.com pada 28 April 2015 saat berbicara mengenai penarifan pesawat pribadi.

Dia mengatakan perusahaannya menerapkan tarif berdasarkan sejumlah kriteria seperti jenis pesawat, jarak antartujuan, serta tingkat pelayanan.

Bayu mencontohkan pesawat bertipe ATR42 dikenai tarif sekitar 5.000-6.000 dolar AS per jam. Lain hal untuk Fokker 70 atau yang sekelasnya. Uang sewa yang mesti disiapkan berkisar 7.000 dolar AS hingga 9.000 dolar AS per jam.

Namun, untuk klien korporasi, prosedur lazim adalah lewat tender atau lelang jangka panjang atau pendek. Itu pun masih menyesuaikan dengan tipe pesawat dan frekuensi penerbangan.

Perihal harga beli, pengakuan Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo Subianto, bisa jadi patokan.

Pengusaha itu memiliki jet pribadi berjenis Empresa Brasileira de Aeronautica (Embraer) Legacy 600 dengan panjang 26 meter dan berkapasitas 13 penumpang (minus awak pesawat).

Hashim mengatakan, dikutip detikcom, bahwa dia membeli pesawat itu "27 juta dolar. Sejak 2008".
Menjemput TKI ilegal dengan pesawat pribadi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...esawat-pribadi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Menjemput TKI ilegal dengan pesawat pribadi Permintaan Jokowi kepada ulama menjelang Pilkada DKI

- Menjemput TKI ilegal dengan pesawat pribadi Investasi belum mampu angkat Papua

- Menjemput TKI ilegal dengan pesawat pribadi Ledakan hantam konvoi pengungsi Suriah, 126 tewas