alexa-tracking

KPK Periksa Tiga Saksi untuk Tersangka Baru Korupsi Bakamla, Nofel Hasan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f59122c0cb17a23e8b457b/kpk-periksa-tiga-saksi-untuk-tersangka-baru-korupsi-bakamla-nofel-hasan
KPK Periksa Tiga Saksi untuk Tersangka Baru Korupsi Bakamla, Nofel Hasan
KPK Periksa Tiga Saksi untuk Tersangka Baru Korupsi Bakamla, Nofel Hasan


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidikan baru di kasus suap pengadaan satelit monitoring di Bakamla RI tahun 2016 dengan tersangka Nofel Hasan (NH), Kabiro Perencanaan dan Organisasi Bakamla dimulai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hari ini, Selasa (18/4/2017) penyidik mengagendakan pemeriksaan pada tiga saksi untuk tersangka Nofel Hasan. Ketiganya berasal dari kalangan swasta.

"Hari ini kami periksa tiga saksi untuk tersangka NK. ‎ Mereka yakni Achad Halim alias Koh Acad, (swasta)‎, Bram Louis Alexander N (swasta) dan Erwin S Arif, managing Director PT Rohde and Schwarz Indonesia (swasta)," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Untuk diketahui, Nofel Hasan ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (12/4/2017) lalu. Penetapan ini merupakan pengembangan kasus yang sama dimana KPK telah menjerat empat tersangka sebelumnya termasuk suami artis Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah yang kini disidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Diungkapkaan Febri,‎ Nofel yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) diduga bersama-sama dengan Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Eko Susilo Hadi yang juga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) menerima hadiah atau janji dari Dirut PT Merial Esa, Fahmi Dharmawansyah terkait pengadaan satelit monitor di Bakamla.

"NH diduga menerima USD 104.500 dari nilai kontrak sebesar Rp 220 miliar. Pemberian hadiah itu untuk menggerakan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya terkait proses pengadaan satelit monitor di Bakamla," tegas Febri.

Atas perbuatannya, Nofel disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...la-nofel-hasan

---

Baca Juga :

- Lagi, Bakamla RI Tangkap Kapal Vietnam di Perairan Natuna

- Tersangka Suap Bakamla, Eko Susilo Hadi Siap Disidang

- Sidang Suap Bakamla, Jaksa KPK Hadirkan Kepala Bakamla sebagai Saksi

image-url-apps
Go.. Go... Kpk. Go...
×