alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f50fc3dac13e01648b456f/mou-antar-penegak-hukum-dikecam-cuma-kepentingan-untuk-saling-melindungi
MoU Antar Penegak Hukum Dikecam, Cuma Kepentingan Untuk Saling Melindungi
MoU Antar Penegak Hukum Dikecam, Cuma Kepentingan Untuk Saling Melindungi


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Junimart Girsang, menilai nota kesepahaman tentang kerjasama pemberantasan korupsi antara KPK, Polri dan Kejaksaan Agung membuat aparat penegak hukum saling melindungi.

Dia melihat tak ada hal yang signifikan dengan penegakan hukum. Ini diketahui saat Komisi III DPR RI mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kejaksaan Agung, pada beberapa waktu lalu.

"Saya dan teman di Komisi III curiga ada MoU ini. Kok kucuk-kucuk ada ini. Yang saya tangkap dalam MoU itu saling melindungi. Contoh, kalau selama ini KPK menggeledah tak perlu izin segala macam, tapi sekarang kenapa muncul MoU ini," tutur Junimart di RDP antara KPK dan Komisi III DPR RI, Senin (17/4/2017).

Menurut dia, MoU itu disebut tak mencerminkan sifat KPK yang asli. Sebab di salah satu pasal yang mengatur KPK perlu memberitahu pimpinan Polri atau kejaksaan jika ingin memeriksa atau menggeledah.

Seperti diketahui, pasal 3 ayat 7 MoU berbunyi, “Dalam hal salah satu pihak melakukan tindakan penggeledahan penyitaan atau memasuki kantor pihak lainnya maka pihak yang melakukannya memberitahukan kepada pimpinan pihak yang menjadi objek dilakukannya tindakan tersebut kecuali tangkap tangan.”

Padahal, di UU KPK jelas lembaga itu tidak perlu izin siapa pun.

"Dalam MoU, kami baca, kalau pihak KPK ingin memeriksa aparat hukum di instansi itu, meminta izin atau memberi tahu kepada pimpinannya. Ini kan tak equal, tak jadi panglima lagi hukumnya. Kenapa tak dengan BPK seperti itu. KPK yang kami kenal tak kayak gini. Tapi, sekarang muncul MoU itu. Kenapa istilah memberitahu atasannya, pimpinannya. Ini aneh-aneh,” kata Junimart.

Dia ingin KPK tetap tidak pandang bulu dan memandang siapa pun dalam melakukan penegakan hukum.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...ing-melindungi

---

Baca Juga :

- Anggota DPRD Tanggamus Ini Mengaku Takut Dengar Nama KPK

- Polri dan BNI Luncurkan Kartu Promoter

- Kenapa Harus Novel yang Diincar? Ini Penjelasan ICW