CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 jenis railway fans teraneh di Jepang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ef184a60e24b9f488b4567/10-jenis-railway-fans-teraneh-di-jepang

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Tetsu-ota alias tetsu otaku atau railway fans bisa kita jumpai di setiap negara yang ada keretanya. Tapi di antara sekian banyak jenis tetsu-ota, ada jenis-jenis tetsu-ota unik yang cuma bisa dijumpai di Jepang. Ini dia 10 tetsu-ota paling unik yang ada di Jepang.

Receiver fan (jushin tetsu)
Level: eksentrik ★★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Para jushin tetsu adalah mereka yang hobi nguping dan memonitor percakapan dan sinyal komunikasi antara receiver para petugas railway. Tentu kita bertanya-tanya, ada banyak wireless communication yang bisa diamati dan dianalisis, kenapa harus yang berhubungan dengan railway ya?

Replica fan (moyou tetsu)
Level: unik ★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Nggak ada kereta asli, replika pun jadi. Tapi walaupun cuma replika, jangan salah, hobi ini butuh biaya yang mahal juga karena kebanyakan replika kereta di Jepang harganya di atas 100 ribu Rupiah. Apalagi para moyou tetsu yang sudah sangat fanatik yang berburu replika langka, budget jutaan bukan hal asing bagi mereka.

Items fan (shuushuu tetsu)
Level: unik ★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Sebenarnya tetsu-ota yang satu ini nggak aneh-aneh amat. Hobinya mengumpulkan barang-barang yang berhubungan dengan railway. Tapi hobi ini bakal jadi aneh, kalau barang-barang yang dikoleksi aneh. Ada orang Jepang yang mengoleksi pegangan tangan kereta, tiket kereta langka dan banyak barang aneh lainnya.

Stamp fan (oshi tetsu)
Level: aneh ★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Buat kamu yang pernah ke Jepang pasti tahu stamp yang ada di stasiun yang ada di Jepang. Setiap stasiun punya desain stamp-nya sendiri. Nah, oshi tetsu hobinya mengumpulkan stamp stasiunnya. Stamp ini juga kadang-kadang dipakai oleh perusahaan kereta untuk mengadakan campaign.

Schedule fan (jikokuhyou tetsu)
Level: eksentrik ★★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Jikokuhyou tetsu kemungkinan besar pasti suka matematika atau statistik. Mereka suka menganalisis jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta. Ini menarik karena jadwal kereta Jepang yang padat, namun presisi sampai hitungan menit. Jikokuhyou tetsu juga suka menghitung, kalau schedule kereta dipadatkan berapa gerbong kereta lagi yang dibutuhin, dan hitungan-hitungan menarik lainnya.

Old railway line fan (haisen tetsu/廃線鉄)
Level: aneh ★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Haisen tetsu punya hobi mengunjungi stasiun atau jalur kereta yang sudah tidak terpakai. Mendokumentasikan stasiun tua, gerbong kereta yang tak terpakai, rel kereta yang sudah usang, itu kerjaannya para haisen tetsu.

Rail-connection fan (haisen tetsu/配線鉄)
Level: eksentrik ★★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Banyaknya stasiun dan jalur kereta di Jepang membuat koneksi relnya terlihat rumit. Mereka yang hobi melihat, menganalisis, menggambar layout koneksi rel disebut haisen tetsu (Namanya mirip dengan old railway line fan, tapi kalau ditulis dengan kanji, tulisannya berbeda). Di foto di atas, kamu bisa melihat layout sederhana yang ditulis seorang haisen tetsu yang menganalisis, apa jalur rel yang sekarang ada benar-benar dibutuhin atau nggak.

Security fan (hoan tetsu)
Level: eksentrik ★★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Karena fasilitas keamanan kereta Jepang sudah lengkap dan canggih, nggak heran ada juga penggemar fanatiknya: hoan tetsu. Selain mendokumentasikan, menganalisis apparatus keamanan yang ada di stasiun, hoan tetsu juga menaruh perhatian pada fumikiri alias perlintasan kereta.

Drawing fan (egaki tetsu)
Level: aneh ★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Egaki tetsu hobi mengoleksi gambar, ilustrasi, lukisan, stiker, foto yang berhubungan dengan railway. Selintas, nggak terdengar seperti hobi yang mahal, tapi harga benda yang dikoleksi pun tergantung kelangkaan barangnya.

Fantasy-line fan (kakuu tetsu)
Level: eksentrik ★★★

10 jenis railway fans teraneh di Jepang

Nah kakuu tetsu suka membuat rute imajiner dari satu tempat ke tempat lain, lengkap dari stasiun pemberhentiannya, kereta jenis apa yang berhenti di setiap stasiun (kereta ekspress berhenti di stasiun mana saja), koneksi ke line lain, tarif kereta dan banyak faktor lain. Masih ingat rencana pemerintah membangun kereta cepat dari Jakarta ke Bandung? Mungkin kamu bisa jadi coba jadi kakuu tetsu dengan membuat diagram stasiun mana yang harus dilalui jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Artikel lengkapnya di sini: jepang.me
Diubah oleh tetsugakutekina
Halaman 1 dari 2
jepang memang anehemoticon-Cool
Diubah oleh fundenjack
gambar nya mana ? emoticon-Bingung
aneh juga
Gambarnya ga ada gan. Ihh
kasih mulustrasi bray emoticon-Big Grin
btw ngga ada yang bintang 5 kah ? emoticon-Ngakak
dijepang emang pada aneh ya gan emoticon-Traveller
No pict,gk asyik.
Gw ga baca jadi ga ngerti
emoticon-Cool
Quote:


Masih ngumpet kali bray bintangnya.


Quote:

mantap tuh kalau sampai ada bingang 5 emoticon-Ngakak
wih udah dikasih mulustrasi sama ts emoticon-Matabelo
paan nih bre?
kalau di indo banyak yang ngoleksi sekrup rel kereta. diambilin tu sekrup.
gak paham emoticon-Hammer
oh ini ya yang di bilang jejepangan itu..

agak aneh jadinya
ora kaget sama jepang gan slalu ada yang aneh2
Quote:


INOVASI emoticon-Jempol
ga aneh kok bray...yang aneh harganya...bisa bikin rumah meskipun koleksi mainannya ajaemoticon-Wow yang penting ga hobi demo ama makan nasbungemoticon-Wakaka
fansnya sampai segitunya, gokil emoticon-Matabelo
hmmmmmmmmmmmmm klo d sini pecinta lokomotifnya yes buoskuh
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di