alexa-tracking

Politikus PDIP Menentang Nota Keberatan DPR Soal Pencegahan Novanto

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ee42dc5a5163fe398b4580/politikus-pdip-menentang-nota-keberatan-dpr-soal-pencegahan-novanto
Politikus PDIP Menentang Nota Keberatan DPR Soal Pencegahan Novanto
Politikus PDIP Menentang Nota Keberatan DPR Soal Pencegahan Novanto


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR Junimart Girsang menentang nota keberatan DPR terkait pencegahan Setya Novanto keluar negeri oleh KPK. Ia mengingatkan KPK memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam menjalankan tugasnya.

"Jalau ada nota keberatan dengan alasan seseorang itu jadi pejabat di suatu tempat dan lembaga itu terganggu kinerjanya, saya menentang keras nota keberatan itu. Ini pencekalan ini kepentingan pribadi atau kepentingan lembaga? Jadi jangan dibenturkan, nggak boleh begitu," kata Junimart di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Junimart menilai alasan kinerja Pimpinan DPR terganggu tidak relevan. Sebab, pimpinan DPR berjumlah lima orang. Sehingga, bila seorang Pimpinan DPR berhalangan dapat digantikan yang lainnyam

"Enggak usah ada ketakutan lah, biarkan proses hukum berjalan," kata Junimart.

Junimart lalu menceritakan saat berstatus pengacara memiliki kilen yang dicekal padahal tidak berstatus tersangka. Namun, ketika proses hukum selesai, pencekalan tersebut dicabut KPK.

"Jadi KPK punya pertimbangan kenapa seorang sampai dicekal. Itu kuncinya," kata Junimart.

Junimart mengaku tidak mengetahui rapat Bamus yang dihadiri Fraksi PDIP. Tetapi, ia menjelaskan Komisi III tidak dapat melaksanakan tugas melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan pihak imigrasi.

"Komisi III hanya punya fungsi pengawasan terhadap mitra kerja. Kalo ada mitra kerja melakukan penyimpangan, maka Komisi III ada kewenangan untuk mengundang ke RDP atau raker. Jadi Komisi III tidak punya kewenangan lho untuk investigasi," ujar Politikus PDI Perjuangan itu.

Junimart juga khawatir nota keberatan yang akan dikirimkan ke presiden dianggap bwntuk intervensi hukum. "Enggak boleh," kata Junimart.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...egahan-novanto

---

Baca Juga :

- DPR Kirim Nota Protes Pencegahan Novanto, Sikap Hanura Abstain

- DPR Protes Novanto Dicekal, Politisi PDIP Tanya: Ini Kepentingan Pribadi atau Lembaga?