alexa-tracking

[TIPS] 7 Tips Memulai Bisnis UKM Menjadi UKM Online

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ee2c779a0951232d8b4567/tips-7-tips-memulai-bisnis-ukm-menjadi-ukm-online
[TIPS] 7 Tips Memulai Bisnis UKM Menjadi UKM Online
Ijin share tips ya gan. Ini dari beberapa pengalaman saya sendiri, dan sepertinya boleh untuk dibagi. Bagi yang merasa sudah tau, mohon diabaikan ya, buat yang belum tau saja, ingin berbagi.

Ada banyak tips cara memulai bisnis UKM. Sebagian besar, menginformasikan bagaimana memulai bisnis UKM mulai dari nol. Namun, di jaman serba internet saat ini, sudah saatnya UKM menggunakan media teknologi khususnya Internet dalam memasarkan usahanya. Banyak cara, mulai yang gratis maupun yang membutuhkan dana lebih sebagai biaya pemasaran. Ini dia tips memulai bisnis UKM secara online yang patut kamu ketahui, berdasarkan pengalaman ane ya gan :

1. Memiliki Bisnis yang dapat di-online kan.
UKM sekarang berbondong-bondong “go online”. Karena berdasarkan pengalaman banyak UKM, media ini menjadi saluran yang mudah, murah dan menguntungkan. Namun Agan harus cek sendiri dulu, apakah produk Agan dapat di-online kan. Ada beberapa yang tidak bisa, misalkan karena tetap harus COD alias datang ke tempat agan untuk bertransaksi dan membawa pulang produk. Jika demikian, UKM Online nya agan hanyalah etalase saja di Internet. Beda ya ini gan, dengan “online business”.

2. Memiliki SDM yang dapat mengoperasikan pemasaran online.
Oke, Agan mau memulai meng-online kan UKM. Pertama, mungkin mudah, bisa di-handle sendiri dengan gadget pribadi. Lama kelamaan, agan pasti membutuhkan bantuan. Sejatinya, karyawan agan sendiri yang juga dapat menjadi “Customer service” online maupun pemasar jaringan bisnis produk agan ya. Tapi gampag-gampang susah. Banyak anak muda sudah biasa di dunia online, tapi tak MENGERTI. Karena menjawab pertanyaan melalui teks, memberikan informasi tertulis, hingga teknis upload foto dan mengelola produk secara online membutuhkan skill lebih dari sekedar biasa chatting di Facebook dan messenger lainnya.

3. Memiliki infrastruktur online (koneksi untuk online).
Ya iyalah gan. Namanya online, Agan tentu harus memiliki paling tidak dua hal. Pertama, gadget untuk promosi online, dan kedua, jaringan internet. Gunakan akun toko Agan di berbagai platform online, jangan nama pribadi. Pisahkan saja agar profesional. Saat ini, banyak sekali smartphone, tablet dan laptop yang murah meriah namun dapat dimanfaatkan untuk promosi bisnis UKM online. Untuk jaringan internet pun, beberapa operator melakukan promo koneksi khusus bisnis UKM yang tentu menguntungkan. Bisa juga untuk Agan jadi membuat Hotspot kalau produk agan resto, jasa kuliner. Bisa sambil promosi online, pelanggan juga senang makan di tempat Agan dengan free-wifi. Ambil contoh, ane pake Paket XL Sukses (bukan promosi, cuman contoh ajah) ane bisa berbagi kuota internet, nelpon, dan SMS antar karyawan ane dengan harga terjangkau. Selain itu, gratis kuota nelpon dan SMS untuk semua operator yang ane manfaatkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun supplier. Ini bagian dari tips ane soal kepercayaan di nomer 4 dan nomer 5 ya gan. Ada banyak sih gan penawaran dari operator lain gan, Info silakan cari sendiri yach. Pasti ada buat UKM krn UKM merupakan barang "seksi" jadi bandingin aja gan.

4. Membangun kepercayaan pelanggan di ranah online.
Sebenarnya gan, jujur tips ini masih berkembang, karena ada banyak cara membangun kepercayaan. Ini penting, sebab bisnis online adalah bisnis kepercayaan. Tentu, karena calon pembeli tidak dapat merasakan, mencium, meraba, melihat barang yang Agan jual. Dulu aja pernah ada yang punya rekber katanya terpercaya tetap aja ngabur. So kepercayaan itu patokannya ngga jelas. Untuk itu, salah satu hal yang penting adalah Portofolio penjualan. Di berbagai media, portofolio dapat berbentuk testimonial, ulasan yang baik, bintang-bintang yang banyak/tinggi, hingga “Cendol” yang banyak kalau di platform Kaskus kita kan gan. Bagaimana agar portofolio penjualan ini meningkat? Caranya adalah ya agan harus responsif, jangan “nyuekin” diskusi atau pertanyaan calon pelanggan. Kemudian memberikan banyak informasi, serta sejelas-jelasnya agar tidak miskomunikasi. Berikan informasi produk yang lengkap, dan foto produk terbaik. Untuk memfoto produk, ada pula tips nya yang akan saya bagi di lain kesempatan.

[B]5. Menjaga kepercayaan konsumen maupun supplier. [B]
Setelah mendapatkan pelanggan bisnis UKM online harus pula menjaga kepercayaan pelanggan. Ini terkait aftersale services, promosi untuk produk lainnya, misalnya bagi pelanggan yang sudah membeli, akan ada promosi produk lain dengan harga spesial, dan seterusnya. Kontak dengan pelanggan penting, namun sesekali saja, jangan terus-terusan sehingga menjadi spam. Untuk supplier pun sama. Ketika kita mendapatkan suplai bahan produk, atau produk jadi jika Agan reseller, maka jika dipercaya supplier Agan akan mendapatkan lebih murah lagi. Apalagi jika semakin besar kuantitas permintaannya. Untuk itu, selalu lakukan order dan pembayaran tepat waktu, misalnya.


[B]6. Melakukan beragam promosi online.[B]
Beragam promosi online wajib dilakukan tentunya gan. Misalnya dengan iklan di facebook Ads, di google Ads, atau review dari bloggers melalui berbagai platform untuk mempromosikan produk bisnis UKM Agan. Murah meriah kok ini. Hasilnya juga cepat keliatan. Below the line pun bisa dimanfaatkan dengan mengikuti bazar-bazar bisnis UKM lokal. Biasanya, ada pula dukungan dari pemerintah setempat, misalnya gratis pameran. Jadi jaringan ke asosiasi/perkumpulan bisnis UKM dan pemerintah juga tak boleh diabaikan.

7. Bekerjasama dengan platform bisnis online lainnya.
Nah, saat ini, UKM menjadi bagian dari bisnis online. Banyak platform bisnis seperti marketplace alias “pasar” yang membantu Agan menjual produk dan membuat “toko” online. Manfaatkan situs ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain sebagai channel (Saluran) orang membaca dan membeli produk Agan. Udah punya lum gan? Buat ya. Bahkan, ada pula platform pemasaran seperti gadget yang diisi marketplace tertentu misal ala Kudo atau Kioson gitu ya gan, dan Agan mendapat bonus jika menjual disana. Ini nanti akan pula dibahas di bagian lain ya. Ingat, harus responsif dengan kontak yang jelas.

Demikian 7 Tips Dasar Memulai Bisnis UKM Online yang menjadi syarat bagi agan-agan dan utamanya pengalaman ane kemarin yang menurut ane bisa ane bagi. Baik yang sudah menjadi pelaku UKM untuk membuat bisnis UKM Online maupun Agan yang akan langsung memulai bisnis online.

Ane bukan expert ya gan, cuman pengalaman aja. Itupun masih berkembang terus, namanya dunia internet berkembang, tips online buat bisnis pun pasti berkembang. Maaf kalau ada yang salah ya gan.Berdasar pengalaman ajah.

Salam UKM Indonesia!emoticon-Blue Guy Peace


image-url-apps
Thanks infonya gan^^
image-url-apps
Manfaat banget buat calon UKMners...tks
KASKUS Ads
image-url-apps
Emang nih info ajib buat newbie kaya ane.Bismillah baru mulai merintis usaha.Tengkyu ya Gan😊
image-url-apps
SDM nah itu dia Gan, sama ajah buat tim kerja yg kuat yak? Sering gagal di sini nih.
UKM menjadi bagian dari bisnis online.
iya banget, banyak platform bisnis yang juga bisa membantu

anehnya.. masih galau menggunakan jasa tersebut, Gan!
Iya, SDM menurut pengalaman ane gan.. dulu merasa ah gampang bisa dikerjain sendiri. Padahal ternyata butuh yg dedicated gitu, ga bisa pake gadget pribadi, skrg ada ane khusus buat pemasaran, kasih aja andro** yang murah tp fiturnya sdh bagus utk inet, ambil foto produk, posting, edit2.
×