alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / ... / Berita Olahraga /
Hal yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nomor Punggung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ee03925a5163250a8b456b/hal-yang-mungkin-anda-belum-tahu-seputar-nomor-punggung

Hal yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nomor Punggung

Hal yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nomor Punggung

Quote:


Nomor Punggung memang menjadi salah satu syarat yang harus tercetak dalam jersey pemain sepakbola. Tak hanya sepakbola, olahraga lain juga mengadopsi identitas ini untuk menerapkan fungsinya dalam suatu pertandingan.

Penggunaan nomor punggung memang memiliki fungsi untuk memudahkan penggemar dan wasit beserta jajaran penyelenggara pertandingan untuk dapat mengenali dan membedakan pemain yang sedang bermain di atas lapangan.

Sebelum tahun 1928, semua tim sepakbola tak memakai nomor punggung di dalam jersey mereka. Hal ini kemudian membuat pengadil lapangan merasa kesulitan dalam mengambil keputusan, khususnya saat mengenali pemain yang telah menerima kartu kuning.

Hal yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nomor Punggung

Dari situ, gagasan soal pemberian nomor baru muncul. Federasi sepakbola Inggris, Football Association (FA) mengeluarkan keputusan untuk menambahkan nomor di punggung tiap pemain saat bertanding. Pada tanggal 25 Agustus 1928, pertandingan antara Sheffield Wednesday melawan Arsenal menjadi pertandingan pertama yang menerapkan regulasi ini.

Kala itu, sistem penomoran masih tak setertib sekarang. Pasalnya, mereka memberikan nomor urut 1-11 sesuai dengan posisi yang mereka mainkan di lapangam, sementara nomor selanjutnya akan dikenakan oleh pemain pengganti. Hal tersebut membuat nomor akan selalu berganti pada pertandingan selanjutnya, karena penomoran ditentukan oleh statusnya, sebagai pemain inti atau pengganti.

Peraturan tentang pemakaian nomor punggung terus berkembang. Dalam turnamen sepakbola tertinggi sepakbola dunia, Piala Dunia. Penomoran mulai diterapkan pada Piala Dunia 1954 di Swiss. Saat itu, panitia penyelenggara pertandingan mengharuskan masing-masing klub menyerahkan daftar nama dan nomor yang menjadi pemain inti maupun pengganti sebelum menjalankan pertandingan. Namun, sistem penomoran lama yang berdasarkan posisi bermain masih berlaku dalam kasus ini.

Cerita unik tersaji pada gelaran Piala Dunia 1958 di Swedia, dimana kala itu Brasil lupa menyerahkan daftar nomor punggung para pemainnya sebelum pertandingan. Hal tersebut membuat wasit yang kala itu memimpin pertandingan harus memberikan nomor punggung secara sepontan di atas lapangan. Penjaga gawang diberi nomor 3, pemain sayap, Garrincha mendapat nomor punggung 11, dan nomor 10 secara acak diberikan kepada Pele yang kemudian menjadikan nomor 10 sebagai identitasnya sepanjang karier.

Sejalan dengan berjalannya waktu, peraturan nomor punggung semakin membaik. Pada tahun 2002, FIFA menerapkan sistem baku nomor punggung era sepakbola modern. Peraturan tersebut berbunyi bahwa setiap negara peserta Piala Dunia dan turnamen konfederasi antarnegara untuk menetapkan nomor punggung 1 sampai 23.

Keputusan ini terbilang tegas tanpa terkecuali, dimana tiap tim mutlak harus mencantumkan pemain mulai nomor punggung 1 hingga 23. Bahkan permohonan Argentina untuk mempensiunkan nomor punggung 10 sebagai penghormatan kepada Diego Armando Maradona ditolak mentah-mentah oleh FIFA, lantaran konsisten dengan keputusan mereka.

Hal yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nomor Punggung

Untuk level liga, hampir semua liga di dunia tidak mengizinkan klub-klub pesertanya untuk mengganti nomor punggung pemainnya ketika liga berlangsung selama 1 musim. Pemain hanya boleh mengganti nomor punggung apabila ia pindah ke klub lain di tengah kompetisi.

Berbeda dengan peraturan Piala Dunia, di kompetisi Liga pemain bebas mengenakan nomor punggung berapa saja antara 1 sampai 99, asalkan nomor tersebut tetap digunakan oleh si pemain selama 1 musim kompetisi, kecuali Liga Spanyol.

Di Liga Spanyol setiap tim harus menyerahkan daftar nama pemain senior mereka yang berjumlah 25 pemain dengan minimal penjaga gawang 2 orang dan maksimal 3 orang. Ke-25 nama pemain senior tersebut harus menggunakan nomor punggung 1-25, dan untuk penjaga gawang harus mengenakan nomor punggung 1, 13 atau 25. Sementara nomor punggung 26 ke atas dikhususkan untuk pemain-pemain dari tim junior.

www,rebutbola,com
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di