alexa-tracking

Inilah Perbedaan Antara Playmaker dan Trequartista, berikut ulasannya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ee02e81a9975345a8b456a/inilah-perbedaan-antara-playmaker-dan-trequartista-berikut-ulasannya
Inilah Perbedaan Antara Playmaker dan Trequartista, berikut ulasannya
Inilah Perbedaan Antara Playmaker dan Trequartista, berikut ulasannya

Quote:


Pesepakbola memiliki segudang rahasia yang menarik untuk dibahas disetiap sudutnya. Bukan hanya satu atau dua sisi, tetapi sepakbola bisa dilihat disegala aspeknya.

salah satu yang menarik untuk dibahas adalah posisi atau tempat seorang pemain ditempatkan. Sejatinya, sepakbola sangat berbeda dengan olahraga-olahraga yang ada. Dalam segi jumlah, sepakbola harus memiliki kurang lebih 22 pemain di dalam lapangan.

Posisi para pemain tersebut berbeda-beda. Ada kiper, pemain belakang, pengatur serangan atau gelandang, dan tugas pencetak gol di pegang oleh seorang penyerang.

Namun, ada tugas lebih di dalam diri seorang gelandang. Mereka memiliki peranan penting yang berbeda di setiap penempatannya. Tentu anda pasti mengenal yang namanya playmaker dan trequartista.

Dua elemen penting dalam sepakbola tersebut berbeda satu sama lain. Meski banyak orang mengatakan dua posisi itu memiliki peran yang sama, tetapi bila diperhatikan lebih dekat, dua elemen tersebut sangatlah berbeda.

Mari kita bahas playmaker dan trequartista secara mendalam

Playmaker
Inilah Perbedaan Antara Playmaker dan Trequartista, berikut ulasannya

Dimulai dari posisi playmaker. Playmaker merupakan pemain yang secara umum mengendalikan jalannya pertandingan dalam timnya. Posisi asli dari seorang playmaker, yaitu Central Midfielder atau Attacking Midfielder.

Dia berperan sebagai pengalir bola secara efektif kepada rekan-rekannya. Playmaker berhak menentukan dari mana serangan akan dimulai, mau dari sisi kanan atau kiri, dan juga ia memiliki tugas sebagai pengumpan bola.

Pergerakan playmaker hanya berfokus di tengah lapangan. Namun, jika timnya sedang diserang, playmaker juga turun ke bawah membantu pertahanan. Biasanya seorang playmaker sangat jarang berada di aera kotak penalti lawan, kecuali bila posisi aslinya sebagai attacking midfilder yang lebih cenderung ke depan.

Playmaker juga menuntun rekan-rekannya agar dapat menguasai bola. Contoh pemain dari posisi playmaker yang kita kenal seperti Zinandine Zidane, Andrea Pirlo, dan Rui Costa.

Trequartista
Inilah Perbedaan Antara Playmaker dan Trequartista, berikut ulasannya

Beralih ke posisi gelandang yang bertugas lebih ke depan, trequartista. Posisi 3/4 atau yang lebih kenal di Italia trequartista memiliki posisi asli sebagai Attacking Midfielder atau Second Striker.

Tugasnya sebagai pembuka cela lawan dengan passing seperti playmaker, tetapi trequartista dituntut harus memiliki dribling dan pergerakan tanpa bola yang baik, sama hanya dengan Deep Lying Forward ataupun datang dari second line seperti Inside Forward.

Bukan hanya itu, trequartista juga diharuskan memiliki finishing yang baik layaknya seroang striker. Ia tidak diharuskan untuk menjemputbola, ia biasanya terlihat hanya menunggu di depan.

Trequartista tidak ditugaskan sebagai penahan serangan apa lagi membantu pertahanan. Hal ini dikarenakan posisi trequartista lebih vital di depan dibandingkan di belakang. Ia bisa leluasa bergerak di daerah lawan dan ketika tim diserang, ia cenderung diam seperti sedang bersitirahat.

Peran tersebut bukanlah hal yang mudah, karena seorang trequartista harus memiliki bakat yang lebih dibanding posisi lain dalam hal mengolah bola dan visi juga kecerdasan yang tinggi dalam menghadapi situasi dalam pertandingan.

Contoh pemain trequartista biasanya lebih banyak di Italia, seperti Alessandro Del Piero, dan salah satu yang disebut sebagai trequartista murni dan salah satu yang terbaik yaitu Francessco Totti.

Kesimpulan
Sudah jelas bukan? Intinya seorang playmaker hanya bergerak di tengah dan cenderung melakukan pertahan. Perannya sebagai pengatur alur permainan tim. Sedangkan trequartista bertugas sebagai pengatur serangan. Ia juga bisa bertugas sebagai target man sama seperti seorang striker. Trequartista memiliki kebebasan bergerak di lini depan lawan.

www,rebutbola,com
Woghh.. ngga tau jadi tau deh...
Semacam Messi dan Iniesta kah???

emoticon-Toast
r. baggio kan.
kaka...