alexa-tracking

MAKI Laporkan Setya Novanto ke KPK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58edf592dbd77072308b4581/maki-laporkan-setya-novanto-ke-kpk
MAKI Laporkan Setya Novanto ke KPK
MAKI Laporkan Setya Novanto ke KPK


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Ketua DPR RI, Setya Novanto ke KPK, Rabu (12/4/2017).

Dalam laporannya, MAKI melaporkan Setya Novanto dengan dua pasal yakni pasal 21 dan 22 UU No 31 tentang Tindak Pidana Korupsi tahun 1999.

"MAKI melaporkan dugaan perbuatan menghalangi penegakan hukum dan memberikan keterangan tidak benar perkara korupsi e-KTP yang sedang ditangani KPK, semuanya diduga dilakukan oleh Setya Novanto," ucap Boyamin Saiman, koordinator MAKI di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Diungkapkan Boyamin, peristiwa mempengaruhi saksi untuk memberikan keterangan tidak benar di persidangan serta merintangi penyidikan terjadi di Jakarta dan Bandung pada 2016-2017.

‎Untuk mendukung laporannya, MAKI membawa bukti soal Setya Novanto yang diduga menyuruh atau memberi arahan kepada Nazaruddin, Andi Agustinus alias Andi Narogong dan Diah Anggaraeni untuk menutupi peran Setya Novanto dalam perkara korupsi e-KTP.

"Jadi Nazaruddin meminta Elza Syarif tidak menyebut nama Setya Novanto dalam kasus e-KTP dengan alasan Setya Novanto telah berlaku baik kepada Nazaruddin dan terbukti ketika Nazaruddin menjadi saksi di persidangan terdakwa Irman dan Sugiharto menyatakan tidak adanya peran setya Novanto atau setidak-tidaknya menyatakan lupa," ucap Boyamin.

Padahal sebelumnya Nazaruddin menyebut peran Setya Novanto dalam pengaturan anggaran dan pelaksanaan proyek e-KTP, bahkan Nazaruddin kepada KPK telah memberikan sketsa gambar pertemuan di gedung DPR yang melibatkan Setya Novanto dan beberapa anggota DPR dalam urusan penganggaran proyek e-KTP.

Selain itu, Setya Novanto juga diduga meminta Andi Narogong untuk menyampaikan keterangan bahwa keduanya hanya bertemu dua kali dan hanya membahas persoalan penawaran kaos dan tidak pernah bahas proyek e-KTP.

"Padahal Setya Novanto lebih dari dua kali bertemu dengan Andi Agustinus dan melakukan pembahasan penganggaran proyek e-KTP," kata Boyamin.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...novanto-ke-kpk

---

Baca Juga :

- Jokowi Tanggapi Protes DPR soal Pencekalan Setya Novanto ke Luar Negeri

- Tersangka Korupsi e-KTP Andi Narogong Kembali Menjalani Pemeriksaan KPK

- Menurut Fahri, Pencegahan Novanto ke Luar Negeri Langgar Putusan MK