alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
gan minta saran untuk mobo dan psu nya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58edd1b85c77985e308b456a/gan-minta-saran-untuk-mobo-dan-psu-nya

gan minta saran untuk mobo dan psu nya

agan2 sekalian minta saran donk ane harus ganti ganti ini psu dan mobo(karena slot 2 ram ga bisa di pasang memory klo di pasang bunyi beep panjang) mending ane ganti apa ya?ane mau ganti juga karna ane maen dbxenoverse 2 kuat tapi aga lama komp nge reset tapi bukan blue screen..berikut spec komp ane..

-MB gigabyte am3+ ga-78lmt-s2p rev.5.1(di ganti karna slot 2 ram nya ga ditec seperti yg atas ane bilang) ato ttp pakai model ini?
-proc phenom II x4 965
-gt 630 2g pixel view nvidia
-memory vsp ddr3 4gb pc10600
-psu power logic model magnum pro 475(sebelumnya karna sering mati lampu jadi ini psu rusak ga mau ngangkat apa bisa di betulin atau harus ganti?klo ganti dengan model apa ato pake model ini saja?)skr ane pake psu power yg biasa 500watt no pure

untuk budget nya ane sedia sekitar 2jtan agan boleh kasih saran + price list nya ya gan makasih
minta sarannya gan dari para suhu" dan sesepuh" di kaskus
terima kasih
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Quote:


kalau ada bunyi beep artinya itu mobo belum tentu rusak. bisa jadi yang masalah ram nya. (kecuali ga ada bunyi). Masalah BlueScreen banyak faktor, biasa nya aplikasi yang dipakai terlalu berat, dalam artinya HDD bisa jadi corrurpt, bisa jadi memang memory nya sudah tidak mampu menjalankan aplikasinya, bisa jadi virus yang running dan mengambil resouce, bisa jadi over heat.

Sebelum nya windows nya Bajakan atau ori ?

Apa yang harus dilakukan bunyi beep panjang :
- Coba copotin memory di kedua slot, terus nyalani bunyi Beep Panjang ga ? jika iya, itu artinya mobo agan ga rusak. Terus agan pasangin memory nya disalah satu slot, liat hasilnya. terus pindahin ke slot nya.
- coba pinjam memory temen yang DDR 3 PC 10600. dan lakukan pasang di kedua slot. sebelum pasang di slot yang empty, di bersihkan dahulu dalaman slot nya. (pakai penyedot debu).
- Jika masih bunyi beep panjang lagi. coba claim warranty.

Untuk kasus bluescreen.
- Dengerkan HDD, apakah ada bunyi crak crak pada saat lagi jalanin aplikasi. (jika ada coba defragment hdd, karena ada kemungkinan itu badsector)
- Tekan Ctrl + ALT + DEL, pilih task manager, lalu ke performance processor dan memory, liat grafiknya jika hijau nya tinggi. pada kondisi IDLE, kemungkinan ada virus. yang makan resource processor dan memory dan akhirnya over heat, jika overheat bisa restart dan terjadi bluescreen)
- Aplikasi yang dijalanin membutuhkan resource memory yang besar. dan memory agan sudah tidak memadai. dapat mengakibatkan bluescreen atau restart.


Note :
- untuk jaman sekarang memory 4GB sudah tidak cukup, saran aja diupgrade menjadi 32 GB aja, jika ada budget 2 juta. 4GB di jual aja.
- Disarankan menggunakan windows asli, karena krack nya itu salah satu virus.

Semoga membantu

makasih gan nnti ane coba test saran2 nya...

untuk bunyi beep panjang itu klo di lepas ke 2 slot blm pernah coba gan..tapi klo di coba slot 1 pake ram baru bisa slot 1 lepas pasang slot 2 masih menggunakan ram baru bunyi beep panjang sama hal nya dengan ram yg lama..untuk waranty udah ga ada gan waranty nya hehe..
ane pake nya bajakan gan ane no seri nya pake window loader hehe siap nnti ane coba saran yg ini karna emang blm pernah di coba..

nah klo misal nih klo di ganti ane msh pake mobo itu apa ganti?terus psu nya ganti juga?
wahh yg 32gb 1keping apa 2 kecipng?apakah mobo itu bisa untuk di pasang ddr5 di slot memory/vga?
dan sekalian klo untuk anti virus pake apa ya yg bagus untuk mengan tisipasi adanya virus yg memakan resource nya..
Quote:


ohh masa sih habis warranty bisa warranty mobo bisa sampai 5 tahun.
di coba dlo aja gan. di lepas 2 - 2 nya. coba slot 2 nya gan pakai sedot debu. bisa jadi didalam nya kotor gan. sehingga pin nya ga connect ke slot nya. ane pernah punya pengalaman soalnya.

PSU nya belum tentu rusak gan, mesti check satu per satu, umum nya PSU itu jarang rusak kalau soal restart sendiri itu biasa nya over heat processornya. bukan karena PSU nya. kalau PSU nya rusak, otomatis komputer akan MATOT, ga ada aliran listrik sama sekali. kalau mo ganti mobo mendingan dipikirin dahulu. karena AMD FX series dalam 2 - 3 tahun kedepan bakal ketinggalan jaman. yang terbarunya AMD Ryzen. mendingan coba upgrade max memory dahulu gan, pakai 2 - 3 tahun. setelah itu baru ganti New tekologi. jika ganti mobo terus memory ga diupgrade masalah yang sama akan timbul kembali. software sekarang 4 GB ya tentu kurang, beda sama jaman dahulu 4GB itu sakti sekali. agan coba check aja performance processor dan memory.
Untuk DDR 3 ternyata max 1 keping nya 8 GB, ane pikir ada 1 X 16GB untuk DDR3. kalau mobo agan punya 2 slot artinya cuma 16 GB (2 X 8GB). tapi untuk memory 16GB cukup lah sampai 3 tahun kedepan karena min sekarang 8 GB (itu pun pas - pasan). Kalau Mobo agan cuma bisa support DDR 3 aja, ga support DDR4.
Untuk anti virus ane pakai symantech original. ada banyak merk. mcaffe juga bagus (keluaran Intel).

Note : Teknologi ga akan habis diikutin, apa lagi dunia game. sadis dan parah unlimited uang. jadi sesuai dengan kebutuhan aja itu aja udah lebih dari pada cukup.



Quote:


Coba reset bios mobo dulu dengan cara lepas baterai di mobo tunggu beberapa menit lalau pasang lagi atau reset sesuai cara di buku manual mobo.

Jika masih error juga slot ram itu berarti memang mobo yang rusak.

Lebih baik upgrade hardware di bawah ini. Kalo untuk main game menggunakan psu yang berkualitas itu wajib. Jika di rumah sering mati lampu dan listrik tak stabil sebaiknya pake ups. Biasa nya hardware rusak itu karena mati lampu, listrik tak stabil dan pake psu murahan. Nanti jika ada budget bisa upgrade ram ke 2 x 4 GB.

Gigabyte GA-78LMT-USB3 AMD Socket AM3 Rp 844.000

Zumax Power ZU500 - 500W - 80+ Bronze Certified - Japanese Version Rp 570.000

APC BX800LI-MS Back-UPS RS 800VA 230V , AVR, Universal Outlets UPS APC Rp 838.000

emoticon-Cendol (S)
ke KSKN
Sticky Thread
Baca Pageone sebelum bertanya
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di