alexa-tracking

Ingin Sukses Dalam Karier? Perhatikan Intonasi Suaramu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58edbd3dd44f9fbf538b458e/ingin-sukses-dalam-karier-perhatikan-intonasi-suaramu
Ingin Sukses Dalam Karier? Perhatikan Intonasi Suaramu
Ingin Sukses Dalam Karier? Perhatikan Intonasi Suaramu

Intonasi dalam berbicara ternyata bisa menjadi salah satu pemicu suksesnya karier. Kemampuan dalam mengatur panjang pendek atau keras dan lemah intonasi suara membuat seseorang dapat menjadi pemimpin atau pribadi yang lebih baik.

Seseorang yang berbicara dengan nada datar di suatu pidato, dalam tiga menit, bisa langsung terlihat menakjubkan. Padahal, isi pidatonya biasa saja. Namun, pembicaraan panjang dan penting di telepon selama sepuluh menit bisa terdengar menjemukan.

Apa yang terjadi? Kamu bisa memperhatikan tiga hal, volume suara, nada suara, dan kecepatan suara. Perhatikan hal ini ketika sedang berbicara.

Fokus Pada Satu Elemen Pembicaraan

Coba rekam suaramu sendiri dan dengarkan. Perempuan misalnya, dia biasanya akan berbicara dengan nada suara tinggi. Bandingkan dengan nada bicara Margareth Thatcher saat berbicara dengan nada rendah.

Ketika canggung dan harus berbicara di depan direktur, nadamu mungkin akan cepat. Coba berbicara dengan nada suara lebih rendah atau lebih pelan.

Jangan Terlalu Cepat

Ketika kamu mencoba untuk pertama kalinya dengan mengubah volume atau kecepatan berbicara, mungkin kamu tak langsung bisa menangkap perbedaannya. Namun, tetap fokus pada bagaimana kata-katamu dapat membangkitkan antusiasme.

Coba Memulai dengan Puisi

Berlatih dengan bait-bait beritme akan sangat membantu keluar dari hal-hal normal. Kamu bisa fokus pada bunyi kata-kata itu dibanding suaramu. Coba baca puisi yang berima itu enam kali secara keras-keras dengan variasi suara yang berbeda.

Kalau perlu, dengan gaya yang dilebihkan. Pelajari bagaimana suaramu akan berubah dan memiliki fokus yang berbeda. Setelah itu, kamu bisa turunkan nada suaramu dan ulangi lagi membaca puisi itu. Lihat perbedaannya.

Sumber : http://smart-money.co/lifestyle/ingi...tonasi-suaramu



×