alexa-tracking

DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58edb01f98e31bdb1a8b4571/dpr-menilai-pencegahan-novanto-tak-sesuai-uu-imigrasi
DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi
DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR akan melayangkan surat nota protes kepada Presiden Jokowi. Nota protes itu terkait pencegahan Ketua DPR Setya Novanto ke luar negeri oleh Direktorat Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM atas permintaan KPK.


'Mengingat (Novanto) adalah ketua DPR dan UU (Nomor 6 Tahun 2011) Imigrasi mengharuskan pejabat imigrasi melakukan pencegahan dengan prosedur yang harus teliti,' kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 12 April 2017.


Fahri mengaku menemukan sejumlah kejanggalan dalam pencegahan Novanto. Di antaranya, kasus Novanto belum masuk pro justitia.


'Dia (Novanto) saksi berdasarkan keputusan MK yang menganulir salah satu pasal di UU Imigrasi. (Pencegahan) itu tidak boleh dilakukan,' ujar dia tanpa menyebutkan pasal yang dimaksud.


Kemudian, lanjut dia, pencegahan itu juga menghambat posisi ketua DPR sebagai diplomat. Fahri mengatakan Novanto harus menghadiri sejumlah pertemuan internasional di luar negeri.


'Khususnya lobi DPR melanjutkan ikhtiar yang sudah kita lakukan pada saat kedatangan Raja (Arab Saudi) Salman (bin Abdulaziz) kemarin,' ujar dia.


Baca: Novel Dicekal, DPR Mengadu ke Jokowi


Fahri menuding Imigrasi juga menyalahi etik saat merespons permintaan KPK. 'Karena pak Novanto tidak pernah mempersulit proses penyelidikan yang dilakukan oleh penegak hukum selama ini,' ujar dia.


Surat berisi nota protes sudah dibuat pagi tadi. Surat segera dikirimkan kepada Presiden Jokowi agar membatalkan pencegahan Novanto.


'Kita juga meminta Presiden teliti dan mengamanatkan ketelitian terhadap pejabat di bawahnya. Kalau ada pelanggaran hukum, permintaan cekal yang melanggar hukum, ya jangan dipenuhi,' kata dia.


DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi

Pasal di UU Imigrasi yang mengatur tentang protes pencegahan


Pimpinan DPR Selasa malam 11 April menggelar rapat pengganti Badan Musyawarah (Bamus). Rapat merupakan tindak lanjut dari surat yang dilayangkan Fraksi Partai Golkar yang keberatan dengan status pencegahan ke luar negeri terhadap Novanto.


'Hampir semua fraksi hadir, hanya Demokrat yang tak datang. Dan semua fraksi bersepakat meneruskan nota protes,' beber politikus PKS itu.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/yb...ai-uu-imigrasi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi Setya Novanto Dicegah ke Luar Negeri

- DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi Diduga Ada Mark Up Harga Pengadaan Barang di Proyek KTP-el

- DPR Menilai Pencegahan Novanto Tak Sesuai UU Imigrasi Anggota Tim Teknis Akui Terima Duit dari Terdakwa Korupsi KTP-el