alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Teknik /
Fungsi Vent dan Drain pada Sistem Perpipaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58eda4cf56e6af68388b4567/fungsi-vent-dan-drain-pada-sistem-perpipaan

Fungsi Vent dan Drain pada Sistem Perpipaan

Vent adalah suatu alat pembuangan gas, udara atau uap air, sedangkan Drain adalah suatu alat pembuangan zat cair. Pada sistem pembuangan yg terdapat pada pipa. Vent dan Drain dalam cara kerjanya dapat dibagi dua bagian yaitu : bekerja dan tidak bekerja. Untuk Vent dan Drain yg dikelompokkan bekerja, dimaksudkan bahwa peralatan ini digunakan pada pipa jepang atau jenis lainnya dalam keadaan bekerja dalam jangka waktu lama atau terus menerus.

Vent dan Drain dikelompokkan tidak bekerja hanya digunakan pada waktu tertentu saja, misalnya pada saat pengetesan, start up atau shut down. Untuk Vent dan Drain pemasangannya haruslah disetujui piping engineering group terlebih dahulu, baik mengenai pemakaiannya maupun penempatannya. Selain itu harus pula diperhatikan pemasangan sumbat pada katupnya seperti plug atau blind flange.

Penempatan vent dan drain haruslah benar-benar diperhitungkan sehingga penggunaannya benar-benar efektif serta aman. Jangan sampai pemasangan vent dan drain ini terbalik, akan hal ini akan berakibat fatal, misalnya untuk aliran beracun atau mudah terbakar. Penempatan vent pada pipa diusahakan pada tempat yg paling tinggi karena fungsinya sebagai pembuangan ke udara. Begitu pula pada penempatan drain haruslah pada tempat yg rendah sesuai fungsinya sebagai pembuangan cairan atau pembersihan cairan serta pembuangan kotoran pada jalur pipa.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gan, kalau boleh kasih saran...
itu di kasih gambar2 gtu trus d jelasin gambarnya..
hehe thx gan udah berbagi...
ane emg g jurusan ini, tp kalau jelas kan lemayan nambah pengetahuan emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di