alexa-tracking

Buntut Pencegahan Setnov oleh KPK, Wacana Pergantian Ketua Umum Golkar Kembali Muncul

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ed9a1996bde6e96b8b457f/buntut-pencegahan-setnov-oleh-kpk-wacana-pergantian-ketua-umum-golkar-kembali-muncul
Buntut Pencegahan Setnov oleh KPK, Wacana Pergantian Ketua Umum Golkar Kembali Muncul
Buntut Pencegahan Setnov oleh KPK, Wacana Pergantian Ketua Umum Golkar Kembali Muncul


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pencekalan Setya Novanto merupakan sinyal KPK bahwa mereka telah memiliki cukup bukti atas keterlibatan Ketua Umum Golkar dalam kasus mega skandal korupsi e-KTP.

Demikian dikatakan Politikus Golkar Ahmad Doli Kurnia melalui pesan singkat, Rabu (12/4/2017).

"Dengan situasi seperti itu bagi Partai Golkar seharusnya tidak ada pilihan lain selain segera konsolidasi mengambil langkah antisipasi hingga kemungkinan terburuk,"kata Doli.

"Bila tidak ingin selalu dibawa-bawa, menjadi bulan-bulanan, dan dikaitkan dengan kasus tersebut secara institusi," tambah Doli.

Doli mengaku telah menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan di Golkar agar duduk bersama membicarakan kasus yang sedang dihadapi oleh Ketua Umum. Termasuk, membicarakan perlunya kepemimpinan baru baik sementara ataupun permanen. 

"Sekarang tingkat keseriusannya harus semakin tinggi. Opsi langkah-langkahnya pun harus semakin konkret," kata Doli.

Menurut Doli, pergantian kepemimpinan sudah hampir bisa dikatakan bukan lagi menjadi opsi, tapi keharusan.

Bila melihat perkembangan sidang dan langkah yang diambil KPK, pembicaraan yang dilakukan pada tingkat pimpinan partai sudah harus lebih tegas. 

"Tinggal pilihannya sementara atau permanen. Bila yang dipilih adalah pergantian sementara, ya segeralah dilakukan. Atau bila pilihannya pergantian secara permanen, maka step-stepnya pun harus dipersiapkan," kata Doli.

Terpenting, Doli mengatakan  pergantian itu tidak membuat kegaduhan baru dan mengundang konflik baru serta didukung oleh semua pihak

"Jadi bagi kawan-kawan yang di DPP jangan lagi malu-malu dan berpura-pura sungkan untuk memulai membahas hal tersebut. Juga termasuk Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, dan Dewan Pakar. Semua yang dilakukan adalah demi untuk kebaikan partai dan mungkin juga untuk kebaikan Pak Setya Novanto," kata Anggota Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) itu.

Sebelumnya,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meminta pihak Imigrasi untuk melakukan pencegahan ke luar negeri pada Ketua DPR Setya Novanto‎.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya permintaan pencegahan itu selama enam bulan kedepan.

"Terkait kasus korupsi e-KTP dengan tersangka AA (Andi Agustinus alias Andi Narogong), kami minta pencegahan ke Imigrasi untuk Setya Novanto ‎selama 6 bulan kedepan," terang Febri, Selasa (11/4/2017).

Adanya permintaan pencegahan juga dibenarkan oleh Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie. Dikonfirmasi soal hal itu, Ronny mengatakan permintaan pencegahan dikirim KPK pada Senin (10/4/2017) malam.

"Kemarin malam kami sudah menerima Surat Permintaan Pencegahan untuk tidak bepergian keluar negeri atas nama bapak Setya Novanto," ungkap Ronny.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...kembali-muncul

---

Baca Juga :

- Novanto Dicegah Keluar Negeri, DPR Kirim Surat Protes kepada Presiden Jokowi

- Dicegah KPK, Setya Novanto: Saya Taat Hukum

- Kasus KTP Elektronik Menyeret Setya Novanto Dapat Menyandera Golkar