alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Analisa Wapres JK atas Teror yang Menimpa Novel Baswedan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ed785f642eb60a138b4570/analisa-wapres-jk-atas-teror-yang-menimpa-novel-baswedan

Analisa Wapres JK atas Teror yang Menimpa Novel Baswedan

Analisa Wapres JK atas Teror yang Menimpa Novel Baswedan


TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Presiden  Jusuf Kalla punya analsia sendiri mengenai kasus penyerangan dan teror terhadap Novel Baswedan. Ia menduga aksi bukan dilakukan oleh orang biasa, tetapi oleh orang suruhan yang dibayar.

"Iya setidaknya orang suruhan. Kalau tidak, mana mungkin sampai begitu,"  ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (11/4). Ia mengaku prihatin dan  meminta kepada Polri untuk segera mengusut tuntas penyerangan terhadap  Novel Baswedan.

Senada dengan Jusuf Kalla,  aktivis Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi, Haris Azhar, menyebut pelaku penyerangan telah lama mengumpulkan data mengenai Novel Baswedan. "Penyerangan itu dilakukan secara terencana, yakni dengan mempersiapkan air keras," ungkap Haris di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta.

Haris menambahkan penyerangan dilakukan secara profesional dan ada pembagian tugas yang sangat apik. "Serangan dilakukan profesional. Banyak yang sudah mengikuti Novel, tidak hanya satu orang. Jadi dalam beberapa menit ada kesempatan, pelaku langsung memanfaatkan," tambahnya.

Apakah ada kaitan dengan penyidikan kasus megakorupsi proyek pengadaan e-KTP? Mantan Ketua KPK, Busyro Muqoddas, menyebut teror tersebut tidak bisa dipisahkan denngan kasus korupsi e-KTP yang tengah diadili di Pengadilan Tinda Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, dan penyidikan lanjutan di KPK.

Busyro mengingatkan Novel Baswedan pernah mengalami teror ketika tengah menyidik kasus besar yaitu korupsi pengadaan simulator ujian SIM yang melibatkan petinggi Korlantas (Korps Polisi Lalui Lintas) Polri. Saat itu Novel mendapat tindakan yang tak rasional dari lembaga yang dulu pernah dinaunginya.

"Tentu lah, tentu ada (kaitan dengan kasus e-KTP). Posisi Novel tak bisa dilepaskan. Dulu waktu pengungkapan kasus Korlantas, ada langkah-langkah yang tak rasional terhadap Novel, sekarang e-KTP," terang Busyro.

Mengenai jenis teror yang pernah dialami Novel, sang sepupu, Anies Baswedan mengungkapkan rinciannya.  "Pertama kali, motor mau ditabrak. Kedua, diproses hukum ketika menangani kasus korupsi di Korlantas. Ketiga, dijaring sebagai tersangka," kata mantan Mendikbud tersebut.

Sedangkan teror keempat yaitu mobil Novel ditabrak seseorang. Dengan demikian penyerangan menggunakan air keras yang terjadi Selasa (11/4) pagi merupakan teror kelima.

Mantan pengacara Novel,  Julius Ibrani, juga mengungkapkan Novel pernah diserempet sebuah mobil misterius  saat hendak pulang ke kediamannya, kawasan Kelapa Gading. "Novel Baswedan sempat diserempet mobil dari samping. Akibatnya motornya sampai menabrak warung rokok, tapi langsung ditolong (warga sekitar)," ujarnya.

Novel memang kerap mengendarai sepeda motor. "Beruntung waktu itu lalu lintas sedang ramai, jadi penyerempet tidak sempat ngapa-ngapain Novel," kata Julius.

Ia  mengetahui cerita tersebut dari Novel Baswedan. Sampai saat ini, belum jelas siapa pelaku di balik penyerempetan tersebut. Novel tidak sempat  melihat mobil pelaku karena langsung tancap gas melarikan diri. (tribunnetwork/tim)

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...novel-baswedan

---

Baca Juga :

- Saat Tangani Kasus Simulator SIM Novel Baswedan Dijaga Marinir, Mengapa Kini Tanpa Pengawalan?

- Kronologi Teror Air Keras terhadap Novel Baswedan

- Novel Dikawal Marinir Bersenjata Saat Tangani Kasus Simulator SIM, Tapi Tidak Saat Kasus e-KTP

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di