alexa-tracking

Jalan Menuju Efisiensi Itu Bernama Inovasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ed714ddc06bd905b8b4568/jalan-menuju-efisiensi-itu-bernama-inovasi
Jalan Menuju Efisiensi Itu Bernama Inovasi
Jalan Menuju Efisiensi Itu Bernama Inovasi

Dalam bisnis, efisiensi merupakan hal yang penting. Artinya, bila perusahaan bisa memaksimalkan sumber daya yang ia miliki untuk merespons dan beradaptasi pada kondisi pasar yang dinamis, maka kemungkinan untuk perusahaan itu bertahan akan semakin besar.

Ada banyak cara untuk menuju efisiensi. Salah satunya adalah melalui inovasi, khususnya pada teknologi. Penggunaan teknologi dalam sebuah proses operasional bisnis akan banyak menghemat waktu.

Artinya, bila ada banyak waktu dihemat, perusahaan bisa melayani lebih banyak pelanggan. “Berkat inovasi dan otomatisasi, proses menjadi efisien,” ungkap Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono pada Smart-Money.

Pada tahun lalu, BCA meluncurkan myBCA. Kanal ini juga merupakan salah satu bentuk inovasi. Menariknya, hanya ada dua sumber daya manusia (SDM) yang siap siaga di myBCA untuk membantu orang yang kesulitan saat berkunjung.

BCA melengkapi kanal ini dengan teknologi terkini dan menempatkannya di lokasi strategis seperti di mal. Bila kamu mengunjungi tempat ini, kamu bisa melakukan transaksi ATM, membuka rekening Tahapan Xpresi melalui video chat, hingga pengajuan kartu kredit, KPR, KKB dan KSM.

“Kanal ini  (myBCA) kita luncurkan 25 April 2013 (di Ciputra World Surabaya). Tahun 2014 dilengkapi video banking, hanya dua CS (customer service) yang berjaga. Kebanyakan, orang melakukan transaksi sendiri,” katanya.

Armand mengungkap, selain melalui bagian penelitian dan pengembangan (litbang), pihaknya juga menarik ide inovasi dari karyawannya.  Sebagai informasi, BCA juga memiliki agenda tahunan untuk mengumpulkan ide inovasi dari para karyawannya melalui ajang BCA Innovation Award.

Ide terbaik akan mendapat penghargaan nantinya. “Kita ingin genetik inovasi ini juga mengalir pada karyawan,” kata Armand. Ada pula melalui ajang tahunan Finhacks. Dari ajang semacam ini, kata Armand, juga banyak lahir ide inovasi yang menarik.

Dari pemenang tahun lalu, BCA terinspirasi untuk membuat Chatbot. Inovasi baru ini akan melayani segala pertanyaan dasar nasabah yang datang ke situs BCA. Selain itu, BCA juga akan menambah ‘kantor cabang’ digital.

Ke depannya, calon nasabah yang ingin membuka rekening bisa langsung mengakses e-Branch BCA. Bedanya dengan kantor cabang fisik, kantor cabang virtual ini bisa melayani dengan lebih cepat.

“Semua kebutuhan cukup dimasukkan melalui ponsel, termasuk foto. Jadi calon nasabah bisa melakukan swafoto dan langsung melampirkannya,” kata Armand. Terakhir, Armand juga menggunakan masukan dari nasabahnya untuk menjadi bahan pertimbangan bila ingin melakukan penambahan suatu fitur.

Sumber : http://smart-money.co/inovasiana/jal...ernama-inovasi



×