alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Novel Spesialis Tangani Kasus Besar di KPK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ed61d9ded770af088b4575/novel-spesialis-tangani-kasus-besar-di-kpk

Novel Spesialis Tangani Kasus Besar di KPK

Novel Spesialis Tangani Kasus Besar di KPK


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik KPK Novel Baswedan, Selasa pagi (11/4) diteror dua orang pengendara motor tak dikenal. Novel disiram air keras seusai salat subuh di masjid Al Ihsan, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Novel merupakan seorang penyidik terbaik di KPK. Pria kelahiran Semarang pada tanggal 22 Juni 1977 adalah cucu dari salah satu pendiri bangsa, anggota BPUPKI, Abdurrahman (AR) Baswedan.

Novel mengawali kariernya di Kepolisian RI (Polri) tahun 1998, setelah lulus dari Akpol. Ia kemudian bertugas di Polres Bengkulu pada 1999 hingga 2005.Pada Januari 2007 ditugaskan sebagai penyidik untuk KPK.

Selama berkiprah sebagai penyidik KPK sudah banyak yang dilakukan Novel, terutama saat mengungkap kasus korupsi simulator SIM yang menjadikan Kepala Korlantas Polri saat itu Irjen Djoko Susilo sebagai tersangka.

Kasus itu hingga mengakibatkan dua institusi, KPK dan Polri memanas. Kasus penembakan terhadap enam pencuri sarang burung walet di Bengkulu, kala Novel menjabat Kasatserse Polres Bengkulu diangkat kembali. Novel sendiri akhirnya memilih melepaskan "seragamnya" di Polri dan bergabung sebagai penyidik KPK tahun 2014.

Belum lama, Novel Baswedan dikabarkan mendapat Surat Peringatan (SP) dari pimpinan KPK. Diduga kuat, hal itu lantaran protes Novel, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Wadah Pegawai KPK terkait rencana lembaga tersebut untuk mengangkat Ketua Satuan Tugas KPK dari luar KPK.

Novel selama ini menangani kasus-kasus besar yang ada di KPK. Dia merupakan penyidik yang dianggap tidak pandang bulu dalam menangani kasus. Pada Oktober 2012, sejumlah anggota Polri mendatangi gedung KPK untuk menjemput Novel, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penembakan terhadap pencuri sarang burung walet di Lampung pada 2004.

Penetapan tersangka itu dilakukan tak lama setelah Novel memimpin penggeledahan di Korlantas Polri. Saat itu, Novel menjabat sebagai Kepala Satgas kasus simulator SIM yang menjerat Irjen Djoko Susilo, yang saat itu menjabat Kakorlantas. Novel membantah memerintahkan penembakan terhadap pencuri sarang burung walet.

Kasus penembakan pencuri sarang walet itu terjadi saat Novel menjabat kepala satuan reserse kriminal di Polres Lampung. Novel dianggap bertanggung jawab atas penembakan tersebut.

Kasus ini kembali mencuat pada pertengahan 2015. Pada 1 Mei dini hari, Novel ditangkap di rumahnya di Kelapa Gading. Novel terbebas karena tidak cukup bukti. Kejaksaan Agung menerbitkan surat keputusan penghentian penuntutan (SKPP) atas dugaan menganiaya seorang pencuri sarang burung walet hingga tewas pada 2004.

Selanjutnya, pada Kamis (23/3), Mantan Anggota Komisi II DPR RI Miryam S Haryani mengaku ditekan oleh Novel Baswedan dan dua penyidik KPK.

Akhirnya, Miryam mencabut keterangannya dalam berita acara pemeriksaan (BAP) yang mengaku membagi-bagikan uang dalam proyek e-KTP.

Kasus besar yang ditangani Novel Baswedan lainnya:
1. Menyidik, Melacak dan membawa Nunun Nurbaeti yang kabur dari luar negeri terkait suap untuk 39 anggota DPR RI pada pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004 Miranda Goeltom.
2. Menyidik, melacak dan membawa M Nazaruddin yang kabur ke Cartagena Kolombia.
3. Menyidik kasus suap proyek penyesuaian infrastruktur daerah yang menyeret politikus PAN Wa Ode Nurhayati dan Fahd A Rafiq, Ketua AMPG
4. Menyidik, melacak dan menangkap Bupati Buol Amran Batalipu
5. Menyidik kasus suap anggaran Pekan Olahraga Nasional di Riau
6. Membongkar kasus jual beli perkara pemilukada yang melibatkan Ketua MK Akil Mochtar
7. Menyidik kasus simulator SIM yang menyeret mantan Kepala Korps Lintas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo
8. Menyidik perkara dugaan suap dan gratifikasi Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan. (tribunnews/tim)

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...s-besar-di-kpk

---

Baca Juga :

- Penyerang Novel Baswedan Tak Pakai Penutup Wajah

- Novel Baswedan Punya Foto Peneror

- Anies Baswedan: Mata Kiri Novel Baswedan Paling Banyak Terkena Siraman Air Keras

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di