alexa-tracking

Jangan Sampai Industri Pariwisata Bernasib Seperti Wartel

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ed552d620881890d8b458a/jangan-sampai-industri-pariwisata-bernasib-seperti-wartel
Jangan Sampai Industri Pariwisata Bernasib Seperti Wartel
Jangan Sampai Industri Pariwisata Bernasib Seperti Wartel

Untuk dapat bertahan di industri, salah satu cara yang memang terbukti ampuh adalah melakukan inovasi. Inovasi sendiri bisa memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi.

Di ajang Astindo Travel Fair 2017, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyorot hal tersebut. “Di dunia, industri perjalanan manual sedang sekarat. Untuk bisa bertahan, para pelaku harus mulai go digital,” ungkap Arief.

Jadi, menurut Arief, bagi biro perjalanan yang tak mau mengadopsi teknologi untuk operasionalnya, ia bisa tertinggal, bahkan kalah bersaing. “Platform digital itu 44 kali lebih efektif dari platform konvensional. Jadi, mau tidak mau harus digunakan,” paparnya.

Hal ini pula yang menjadi dasar Kementerian Pariwisata dan Astindo membuat semacam hub untuk para pelaku bisnis pariwisata. Melalui hub ini, para pengusaha bisa belajar menggunakan platform digital tersebut agar operasionalnya menjadi lebih efektif.

“Kami sudah sediakan hub untuk para pengusaha. Jadi bisa langsung digunakan,” katanya. Arief juga mewanti-wanti agar industri pariwisata ini tidak bernasib seperti warung telekomunikasi (wartel).

“Dulu, wartel banyak digunakan orang. Namun, kini wartel sudah ditinggalkan orang karena kemajuan teknologi. Saya tidak ingin hal ini juga terjadi pada industri pariwisata. Makanya, mereka harus go digital,” pungkas Arief.

Sumber : http://smart-money.co/bisnis/jangan-...seperti-wartel



×