alexa-tracking

Tax Amnesty Dinilai Tak Capai Tujuan, Indef Beri Rapor Merah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e65de954c07a03338b4572/tax-amnesty-dinilai-tak-capai-tujuan-indef-beri-rapor-merah
Tax Amnesty Dinilai Tak Capai Tujuan, Indef Beri Rapor Merah
Tax Amnesty Dinilai Tak Capai Tujuan, Indef Beri Rapor Merah


Kamis, 06/04/2017 18:21

Reporter: Safyra Primadhyta , CNN Indonesia

Tax Amnesty Dinilai Tak Capai Tujuan, Indef Beri Rapor MerahProgram tersebut dinilai gagal mencapai tujuan yang diamanatkan Pasal 2 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Institute For Development of Economics and Finance (Indef) memberikan rapor merah bagi pelaksanaan amnesti pajak (tax amnesty). Pasalnya, program yang berlangsung selama sembilan ini gagal mencapai tujuan yang diamanatkan Pasal 2 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak.

"Kalau berdasarkan amanat UU Nomor 11 Tahun 2016, pelaksanaan tax amnesty sudah pasti gagal," tutur Direktur Eksekutif Indef Enny Sri Hartati dalam konferensi pers di Kantor Indef, Kamis (6/4).

Untuk diketahui, pasal 2 ayat (2) UU Pengampunan Pajak mengamanat tiga tujuan utama program amnesti pajak.

Pertama, amnesti pajak bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan restrukturisasi ekonomi melalui pengalihan harta (repatriasi), yang antara lain akan berdampak terhadap peningkatan likuiditas domestik, perbaikan nilai tukar rupiah, penurunan suku bunga dan peningkatan investasi.

Berdasarkan uji statistik yang dilakukan oleh Indef, aset repatriasi yang diperoleh dari program amnesti pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel likuiditas, nilai tukar, suku bunga, dan investasi.

"Dampaknya [repatriasi] positif, tetapi tidak signifikan," jelasnya.

Variabel-variabel tersebut lebih dipengaruhi oleh kondisi di luar tax amensty seperti kondisi ekonomi global, pertumbuhan ekonomi, daya saing investasi.

Namun demikian, Enny mengakui bahwa uji statistik hanya dilakukan satu waktu karena program hanya berjalan selama sembilan bulan. Karenanya, perlu penelitian lebih lanjut dengan menggunakan data time series dan variabel yang lebih kompleks.

Tujuan kedua, program amnesti pajak dilaksanakan untuk mendorong reformasi perpajakan menuju sistem pajak yang lebih valid, komprehensif, dan terintegrasi.

Hasilnya, dari sisi wajib pajak, program amnesti pajak hanya mampu menjaring 50.385 wajib pajak baru atau 0,15 persen dari wajib pajak potensial 2016,

Secara keseluruhan, program ini juga hanya diikuti oleh 965.983 wajib pajak atau hanya 2,95 persen dari wajib pajak terdaftar 2016, 32,8 juta.

Dari sisi objek pajak, program amnesti pajak mampu mengungkap lebih dari Rp4.000 triliun harta wajib pajak yang selama ini tidak pernah dilaporkan. Hal ini mencerminkan lemahnya sistem perpajakan pajak penghasilan (PPh) selama ini.

Mengingat objek PPh adalah penghasilan bukan harta, otoritas pajak harus segera memilah harta tambahan yang benar-benar berpotensi menjadi sumber penghasilan wajib pajak.

Tujuan terakhir, implementasi amnesti pajak dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak, yang antara lain akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan.

Sepanjang tahun lalu, penerimaan uang tebusan negara sebesar Rp107 triliun memang menjadi penolong utama pemerintah dari jeratan defisit anggaran.

Jika tidak ada tambahan dari tebusan tax amnesty defisit fiskal tahun lalu bisa mencapai 3,3 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Padahal, mandat UU Keuangan Negara menyatakan defisit fiskal tak boleh melebihi 3 persen dari PDB.

Karenanya, Enny mengimbau, pemerintah ke depan harus lebih berhati-hati dalam mengoptimalkan penerimaan dan mengalokasikan belanja negara. Ia juga mengingatkan, pemangkasan belanja pemerintah akan berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi.

"Jangan sampai tax amnesty menjadi jalan pintas untuk menyelamatkan fiskal negara," ujarnya.

Ke depan, lanjut Enny, pemerintah memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan peningkatan kepatuhan pajak peserta tax amnesty. Dengan demikian, perluasan basis pajak dari Rp4.868 triliun lebih harta yang selama ini tidak tercatat bisa optimal dalam mendorong penerimaan negara.

http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20...i-rapor-merah/


apbn kreasi regime pdip dkk ternyata tidak kredibel sama sekali!
tanpa kedatangan smi dapat dipastikan kapal oleng. emoticon-Turut Berduka
halah uangnya dipake bayar buat dpd tawuran
image-url-apps
Wkwkwk ayam sayur petok petok
KASKUS Ads
mending ngutang lagi aja pak emoticon-2 Jempol

janji" busuk lu udah di lupakan kok emoticon-2 Jempol
image-url-apps


Quote:

gak gampang ternyata ngatur negara!
tidak cukup hanya taat konstitusi aja sob!
emoticon-Berduka (S)
image-url-apps


Quote:

udah banyak orang stress tuh dijalan
makin hari makin berat idup emoticon-Berduka (S)

image-url-apps
Quote:


Gw setuju buk sm penyelamat rejim kodok. Tapi ibarat tim bola, satu orang jago sedangkan yang lain kek taik maennya ya wassalam aja deh emoticon-Ngakak (S)
Quote:


gimana gk berat , harga minyak rendah tapi harga sembako tetep tinggi bukan ikut turun ... giliran minyak meroket bakal goyang nih negara keknya emoticon-Angel
image-url-apps


Quote:


itu bukan orang parpol loh!
yg bukan bagi2 kursi!
klo komisaris2 bumn baru bagi2 kursi emoticon-Betty (S)
image-url-apps


Quote:

betul sob subsidi dicabut2 kayaknya kurang signifikan juga!
ntah duitnya buat apa!
dl udah cabut tuh subsidi bbm
sekarang listrik, gas!
sudah mulai bullish tuh harga minyak!
belum efek global nanti perang dagang us ama cinak emoticon-norose
image-url-apps
Quote:


Yang kedatangannya disambut suka cita penjilat rejim sebangsa tukang molor adian napitulul setelah sebelumnya dihujat habis-habisan emoticon-Ultah
Jalan-jalan ke Sini aja gan. emoticon-Cipok
image-url-apps
Nunggu hasilnya..
Nanti kalo pemerintahnya dominan warna biru, maka apapun programnya rapornya juga biru semua emoticon-Ngakak
image-url-apps
Namanya juga program tipu2.... yg makmur yaa pejabatnya dan aparaturnya, rakyat cuma dapet ampas hoohohohog
image-url-apps
Quote:


Penelitiannya baru sebagian tp udah berkoar2..
emoticon-Big Grin

Nunggu tanggapan aj deh dr menkeu..
emoticon-Hansip
image-url-apps
Kirain si Bustanul. Kalau INDEF ingetnya dia doang emoticon-Leh Uga
image-url-apps

Quote:

Tax Amnesty Dinilai Tak Capai Tujuan, Indef Beri Rapor Merah
image-url-apps
Dampaknya [repatriasi] positif, tetapi tidak signifikan,"



Cari panggung aja ni...

tu dah diakui berdampak positif, masih aja protes...toh emang undang undang bilang harus signifikan? signifikan itu standarnya siapa? subjektif bgt tergantung orangnya....
image-url-apps
setidaknya pemerintah skrg udah berusaha..
ternyata banyak yg gak minta ampun, jadi ya mau gak mau diburu.. emoticon-Big Grin
×