alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Indramayu Jalankan Tata Kelola Pengiriman TKI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e61bffa2c06e0c478b456f/indramayu-jalankan-tata-kelola-pengiriman-tki

Indramayu Jalankan Tata Kelola Pengiriman TKI

Indramayu Jalankan Tata Kelola Pengiriman TKI


Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Program Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jabar tak berjalan optimal.

Dari sembilan kabupaten yang menjadi daerah percontohan, hanya satu kabupaten yang sudah menjalankan program LTSP.

"Baru Kabupaten Indramayu yang siap dari sembilan kabupaten," kata Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Kamis (6/4/2017).

Untuk delapan kabupaten lainnya, yaitu Cirebon, Majalengka, Karawang, Subang Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, dan Bandung, kata Deddy, pihaknya akan melakukan percepatan agar program LTSP segera berjalan optimal.

Pihaknya juga akan mengevaluasi kendala yang dialami kedelapan kabupaten itu dalam melaksanakan program LTSP. Sebab, kata dia, TKI yang akan berangkat ke luar negeri harus dilindungi.

"Saya khawatirkan ini sengaja tidak dimaksimalkan untuk membiarkan perekrut TKI ilegal terus beroperasi," kata Deddy seraya menyebut pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan anggaran dan bantuan untuk daerah yang ditunjuk melaksanakan program LTSP.

Dikatakan Deddy, 51 ribu TKI asal Jabar terdata berangkat ke luar negeri pada 2016. Namun ia meyakini jumlahnya lebih dari itu menyusul perputaran uang dalam praktik pemberangkatan TKI ilegal itu mencapai miliaran rupiah.

Itu mengapa pemerintah Provinsi Jabar mendesak kepada pemerintah kabupaten yang telah ditunjuk serius menjalankan program LTSP. Selain melindungi, program tersebut mengurangi beban TKI dalam hal pembiayaan.

"Indramayu yang sudah berjalan, prosesnya menghemat biaya 40 persen untuk perizinan dan segala macam untuk setiap TKi. Ini menguntungkan tenaga kerja kita. Kedua mereka berangkat dengan legal," kata Deddy.

Sekedar informasi, LTSP merupakan program yang dinisiais Pemerintah Provinsi Jabar bersama KPK pada 2016. Pelayanan itu untuk memperbaiki tata kelola layanan pengiriman TKI mulai dari pelayanan administrasi hingga pengiriman ke negara tujuan. (cis)




Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...pengiriman-tki

---

Baca Juga :

- Ketahuan Culik Bocah 6 Tahun, Pria Ini Dihakimi Warga

- TKI Asal Indramayu Tewas di Suriah, Deddy Mizwar Prihatin

- Detik-detik Banjir Bandang Terjang Satu Perumahan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di