alexa-tracking

Penasihat Hukum Ahok Terima Faktor Keamanan Jadi Alasan Sidang Tuntutan Ditunda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e61bf9642eb6d9628b456d/penasihat-hukum-ahok-terima-faktor-keamanan-jadi-alasan-sidang-tuntutan-ditunda
Penasihat Hukum Ahok Terima Faktor Keamanan Jadi Alasan Sidang Tuntutan Ditunda
Penasihat Hukum Ahok Terima Faktor Keamanan Jadi Alasan Sidang Tuntutan Ditunda


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badroel Munir anggota tim penasihat hukum terdakwa Basuki Tjahaja Purnama menerima jika pihak kepolisian memberikan saran agar sidang pembacaan amar tuntutan kasus dugaan penodaan agama, ditunda hingga pencoblosan Pilkada DKI Jakarta.

Dirinya mengaku siap mengikuti saran kepolisian dan pengadilan jika hal tersebut menjadi alasan.

"Kami mengikuti saja. Tapi kalau ada pertimbangan keamanan, kami juga tak mau memaksakan. Karena kami tetap mempertimbangkan kebaikan bersama. Jadi apapun keputusan mahkamah kami siap," kata Badroel kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, jika sidang tertunda hingga pilkada berakhir, hal ini tidak akan sesuai dengan simulasi jadwal persidangan yang telah disusun kuasa hukum dan telah mendapatkan persetujuan dari majelis hakim.

Sekalipun tidak sesuai dari simulasi tersebut, Badroel menegaskan tidak ditugikan jika sidang dengan agenda pembacaan tuntutan ditunda.

"Jika penundaan mulai dari tuntutan, tidak ada yang dirugikan. Kami siap," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya mempertimbangkan rawannya situasi keamanan di DKI Jakarta.

Terutama, jelang putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah Jakarta yang berlangsung 19 April 2017.

Dengan dalil kepentingan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta akan dilaksanakan pengamanan tahap pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Permintaan tertuang dalam surat resmi Polda Metro Jaya yang diterima wartawan pada Kamis (6/4/2017).

Surat itu ditandatangani oleh Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan dan dikeluarkan pada Selasa (4/4/2017).

"Di mana perkuatan pasukan Polri dan TNI akan dikerahkan semua, maka disarankan kepada Ketua agar Sidang dengan Agenda Tuntutan Perkara Dugaan Penistaan Agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk ditunda setelah tahap pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua," tulis isi surat tersebut.

Tak hanya proses hukum Ahok yang diminta untuk ditunda. Polda Metro Jaya juga menginformasikan, proses penyelidikan terhadap laporan polisi yang menyeret nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan serta Sandiaga Uno, juga ditunda hingga pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua selesai dilaksanakan.

"Berkaitan dengan hal tersebut diinformasikan bahwa proses hukum terhadap terlapor Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, baik pemanggilan dan pemeriksaan oleh penyidik Polri, ditunda pelaksanaannya setelah tahap tahap pemungutan suara Pemilukada DKI Putaran II," tulis surat tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jakarta Waluyo membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima surat tersebut pada Rabu (5/4/2017).

"Sudah diterima pada 5 April," ujar Waluyo saat dikonfirmasi, Kamis (6/4/2017).

Sementara itu, pihak Polda Metro Jaya dan Pengadilan Negeri Jakarta Utara belum dapat memberikan informasi perihal surat permohonan penundaan pelaksanaan sidang lanjutan kasus penistaan agama dengan terdakwa Ahok ini.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, akan melakukan pengecekan terlibih dulu.

"Saya cek dulu, saya belum dapat informasinya," ujar Argo.

Sumber : http://www.tribunnews.com/metropolit...ntutan-ditunda

---

Baca Juga :

- Minta Pembacaan Tuntutan Ahok Ditunda, PN Jakarta Utara: Polisi Harus Sampaikan dalam Sidang

- Disarankan Polisi Tunda Pembacaan Tuntutan Sampai Usai Pencoblosan, Ini Jawaban PN Jakut

- Ini Isi Surat Permintaan Kapolda Metro Jaya Soal Penundaan Pembacaan Tuntutan Jaksa ke Ahok