alexa-tracking

Jadi Tersangka Pungli, Anggota DPRD Samarinda Mangkir Panggilan Bareskrim

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e61383d9d770421b8b4568/jadi-tersangka-pungli-anggota-dprd-samarinda-mangkir-panggilan-bareskrim
Jadi Tersangka Pungli, Anggota DPRD Samarinda Mangkir Panggilan Bareskrim
Jadi Tersangka Pungli, Anggota DPRD Samarinda Mangkir Panggilan Bareskrim


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPRD Kota Samarinda sekaligus Ketua Koperasi Komura, Jafar Abdul Ghafar, mangkir dari panggilan pemeriksaan pertama Bareskrim Polri sebagai tersangka pemerasan atau pungli di Pelabuhan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur.

Jafar melalui pengacaranya beralasan tak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan karena sakit.

Tapi, dia tidak menyertakan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Demikian disampaikan Direktur II Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agung Setya, di kantornya, Gedung KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017) petang.

"Hari ini JAG tidak datang dalam pemanggilan kami," ujar Agung.

"Dan apa (alasan) yang disampaikan ke saya, argumentasinya saya melihat suatu hal yang kurang tepat. Tentu kalau dia sakit, tentunya saya harus melihat surat dokternya. Tapi, saya tidak melihat surat dokternya," katanya.

Menurut Agung, ketidakhadiran Jafar sebagai tersangka untuk kasusnya tidak mengganggu proses penyidikan.

Penyidikan kasusnya tetap berjalan. Sebab, penyidik sudah punya cukup bukti tentang dugaan keterlibatannya dalam praktik pemerasan di Pelabuhan Palaran.

Meski begitu, lanjut Agung, pihaknya masih mengharap itikad baik dari Jafar untuk memenuhi panggilan ulang pemeriksaannya.

"Kami akan ambil keputusan setelah satu dua hari setelah dia tidak hadir hari ini," ujar Agung.

Saat dihubungi Kamis siang, Jafar mengaku akan memenuhi panggilan pemeriksaannya ini.

Dan ia mengaku sudah berada di sekitar kantor Bareskrim.

Namun, hingga Kamis petang tak tampak sosok Jafar di kantor Bareskrim. Justru, ia mengutus pengacaranya untuk menemui penyidik.

"Saya sudah di Jakarta. Ini saya sudah di Bareskrim, tap belum ke dalam (kantor Bareskrim). Yah nama dipanggil, pasti saya datang," kata Ketua DPD Partai Golkar Kota Samarinda tersebut.

Diberitakan, Jafar Abdul Ghafar selaku Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Samudra Sejahtera (Komura), adalah orang keempat yang ditetapkan sebagai tersangka pasca-tim gabungan Mabes Polri melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kasus pemerasan atau pungli di Pelabuhan Palaran, Samarinda, Kaltim, pada 17 Maret 2017 lalu.

Tiga tersangka sebelumnya adalah Heri Susanto Gun atau Abun alias HS selaku ketua ormas Pemuda Demokrat Indonesia Bersatu (PDIB), Nur Arsiansyah alias NA selaku sekretaris PDIB dan Dwi Harianto selaku Sekretaris Koperasi Komura.

Keempatnya diduga melakukan pemerasan atau pungli terhadap para pengusaha pengguna jasa bongkar muat, di antaranya pungutan uang parkir kontainer yang mengantre.

Abun selaku ketua ormas dan pemilik lahan parkir berperan mengkoordinir pungutan ke pengguna jasa, Nur Arsiansyah berperan sebagai membuat dan menentukan besaran tarif retribusi, serta Dwi Harianto selaku sekretaris menjadi tenaga administrasi untuk pencatatan masuk dan keluarnya uang hasil pungutan.

Dwi Harianto diduga banyak mengetahui siapa saja yang menikmati pungutan-pungutan tersebut.

Penyidik menemukan dokumen berisi catatan sejumlah nama penerima dana saat  menggeledah di lima rumahnya di Samarinda.

Adapun Jafar Abdul Ghafar diduga sebagai penanggung jawab utama koperasi yang sengaja memanfaatkan koperasi untuk mendapatkan keuntungan.

Diduga praktik pemerasan atau pungli ini telah terjadi sejak Pelabuhan Palaran mulai beroperasi pada 2010 silam.

Keempat tersangka dijerat pasal pemerasan, Undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Undang-undang tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...ilan-bareskrim

---

Baca Juga :

- Jadi Tersangka Pungli Pelabuhan, Anggota DPRD Samarinda Langsung Diperiksa

- Bareskrim Tetapkan Anggota DPRD Samarinda Tersangka Pungli di Pelabuhan

- Polisi Telusuri Aset Kekayaan Haikal Si Peretas 4.600 Situs

×