alexa-tracking

Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e60956dad770e7028b4578/nostalgia-vampire-china-tutup-hidung-rapat-rapat-bre
Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!
Udah beberapa bulan terakhir ini saya kebelet pengen nonton film vampire China, tapi baru kesampean hari ini nontonnya. Hehe kembali nonton film Vampire itu rasanyaaaaa bahagiaaaaa… I feell freeee. Dan sehari ini sudah berhasil download 6 film Vampire *yesss hahahaha *VampireLaugh. Film ini begitu populer di tahun 1998-1999 dan ditayangkan di salah satu televisi swasta setiap hari Jumat dan Sabtu. Seingat saya kalau hari Jumat film ini ditayangkan jam 10.00 pagi, dan hari Sabtu ditayangkan jam 11.00 siang. Kebetulan film ini tayang saat saya masih duduk dibangku SD, jadi setelah pulang sekolah saya selalu anteng didepan tv untuk menonton film Vampir China. Film ini selalu saya tunggu-tunggu tayangannya, setiap jam 10.00 teng dihari Jumat, dan jam 11 teng dihari Sabtu saya pasti sudah siap sedia didepan tv, walaupun terkadang suka kena marah sama Nyonya Besar perkara gak ganti baju dulu sepulang sekolah, malah langsung ngidupin tipi nonton film Vampire hahaha..

Sebelum bercerita lebih dalam, bagaimana kalau kita cari tahu dulu mengenai asal-usul si Vampire ini. Berikut adalah penjelesan singkat tentang Vampire China yang saya dapat dari internet.

Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!


Vampir China atau di negeri asalnya sering disebut Jiang-Shi. Jiang-Shi ini adalah mayat hidup yang membunuh mahkluk hidup untuk diserap energi kehidupannya. Menurut legenda, di siang hari, jiangshi terletak dalam peti mati atau bersembunyi di tempat gelap seperti gua. Pada malam hari, jiangshi bergerak di sekitar dan melompat-lompat, dengan tangan yang terentang.Jiang-Shi tercipta ketika arwah orang yang mati gagal untuk meninggalkan jasadnya karena kematian yang tidak wajar, bunuh diri, atau hanya ingin membuat masalah. Vampire dalam kebudayaan Tionghoa sebenarnya adalah sebutan untuk jenazah yang dikuburkan di tempat yang sangat kering, kurang lembab untuk memungkinkan organisme kecil membusukkan jenazah sehingga beberapa tahun berlalu, jenazah tadi tetap saja seperti sediakala. Jenazah seperti ini mengandung dan menyebarkan sejenis racun. Ini tidak heran karena mayat biasapun memang mengandung racun.

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis hantu barat, sebenarnya Vampir China bisa dibilang bukan vampir tapi lebih menyerupai zombie.Vampir China selalu digambarkan dengan pakaian khas China (pakaian pejabat dinasti Qing) dan gerakan khasnya yaitu melompat-lompat dengan tangan lurus ke depan. Dalam film-film, tidak semua vampir digambarkan dengan melompat-lompat, beberapa diantaranya ada yang pergerakannya lebih mirip zombie dan sering vampir cina yang seperti ini kekuatannya lebih besar atau sering dianggap sebagai raja vampir. Wajah vampir lebih mirip zombie yaitu kulit pucat, daging membusuk plus mempunyai taring seperti drakula.

Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!

Ada beberapa cara untuk menghindar dari vampir China. Dalam film, Jiang-Shi atau Vampir China dapat dilumpuhkan dengan meletakkan secarik kertas kuning dengan goresan mantra di dahi mereka. Jiang-Shi dalam legenda masyarakat China digambarkan sebagai sosok yang buta dan menyerang korbannya hanya dengan membaui aroma tubuh manusia, makanya dalam film sosok Vampir China bisa dihindari dengan tidak bernafas. Ada juga cara melawan vampir cina dengan cara melempar ketan putih tanpa campuran beras di dalamnya ke tubuh Vampir China maka mereka akan terbakar. Ketan putih juga berguna untuk menyembuhkan manusia yang digigit Jiang-Shi supaya tidak berubah menjadi Jiang-shi dengan cara berendam dalam air rendaman ketan putih. beberapa bahan lain untuk mengusir Jiang Shi adalah telur ayam dan darah anjing hitam.


Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!


Nah.. yang membuat saya rindu dengan film Vampir China salah satunya adalah aksi dari guru Tao (Lam Ching Ying), seorang Pendeta yang sakti dengan kungfu dan mantra-mantra yang ia kuasai, yang dengan mudah ia bisa menjinakkan vampire hanya dengan menempel selembar kertas di kening si hantu loncat-loncatan itu. Dalam film, Pendeta Tao dibantu oleh dua orang anak murid yang kebanyakan konyol dan penakut hahaa.
Lam Ching Ying


Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!
Guru Tao (Lam Ching Ying)


Dan hari ini tepatnya, saya baru tau kalau pemeran guru Tao di film Vampire China ternyata sudah meninggal, ia meninggal pada tahun 1997 di usia 44 tahun, karena penyakit kanker liver turunan yang di deritanya 😥 . Namun walaupun demikian, nama Lam Ching Ying akan selalu dikenang oleh pecintanya sebagai seseorang yang telah berdedikasi terhadap dunia perfilman dan puluhan masterpiece yang ia tinggalkan dapat terus dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya.. Rest in piece… Sifu, you’ll always be missed :’)


Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!


Okee.. kembali ke laptop. Kendati takut oleh tingkah si Vampire. Namun, selalu saja ada adegan-adegan lucu yang dilakukan oleh si Vampire, seperti adegan dimana ada Vampire yang selalu menggeol-geol kan badannya setiap berhenti melompat, ada juga Vampire yang setiap melompat, namun tangannya tidak lurus kedepan melainkan maju mundur kedepan dan kebelakang, dan adapula Vampire perempuan centil yang tidak memiliki gigi dan juga taring (ompong) *ada gitu Vampire ompong hahaha, dan tidak ketinggalan kekonyolan yang juga mengundang tawa dari 2 murid guru Tao. Ada beberapa film Vampire China yang dulu paling sering saya tonton dan menjadi favorit saya, seperti :

1. Mr.Vampire 1
2. Mr.Vampire 2
3. Mr.Vampire 3
4. Mr.Vampire 5
5. The Musical Vampire
6. Mr.Vampire 1992
7. The Ultimate Vampire 1991
Encounter Off the spooky kind 2
(khusus “Encounter Off the spooky kind 2” saya baru ingat judul film itu seletah browsing di yutub, kalo Mr.Vapire 1,2,3,5,1991,1992 dan The Musical Vampire memang sudah hapal luar kepala hahaha)

Dan salah satu film Vampire yang paaaallliiiiiiinnnnnnnngggggg saya kangenin, gak pernah bosen saya tonton dan dari dulu selalu saya tunggu-tunggu tayangannya adalah The Musical Vampire. Jadi, ada sebuah lagu yang menjadi ciri khas film ini. Apabila sebuah lagu dimainkan maka vampire akan datang. Lagu itu adalah lagu favorit vampire tersebut ketika hidup dulu. Tidak lain dan tidak bukan lagu yang dimaksud adalah London Bridge. Lagu London Bridge di film ini adalah kelemahan si vampire ganas yang sudah kebal dengan mantra-mantra pembasmi vampire. Berikut adalah kutipan dari lagu London Bridge

“London Bridge is falling down..falling down falling down.. London Bridge is falling down..my fair lady”

Dulu setiap kali saya menyanyikan lagu itu, saya selalu dibuat merinding, takut vampir yang ada di film itu datang. Yah.. namanya juga anak SD, hampir selalu percaya apa yang dilihat di tipi :-D. Bahkan. sampai sekarang pun lagu ini masih selalu terngiang dikepala saya, setiap kali mendengar lagu itu pasti selalu teringat akan sosok vampire tersebut hiiiiiiiii.

Jujur,.. saya teramat sangat rindu akan tayangan film Vampire China di televisi Indonesia. Sekarang, sudah tidak ada lagi tv di Indonesia yang menayangkan film vampire China. Saya sih berharap, setiap hari Sabtu-Minggu jam 10.00 pagi, ada televisi Indonesia yang kembali menayangkan film ini. Namun, apalah daya.. Capalah aku ini.. cuma bocah kecil yang tak tau apa-apa.. yang selalu ingin disayang dan dimanja.

*ehh ehh.. percaya atau enggak, barusan aja seperti ada suara musik London Bridge, gak tau yaa, mungkin saya kebawa suasana.. oemjii.. demi aposeh, eikeh ga berani noleh ke belakang, samping kanan-kiri.. asal ngana-ngana tau, saya nulis ini tepat diruang tamu, sendirian pula.. seketika suasana menjadi horor, baiknya saya akhiri saja nostalgia film vampire china sampai disini, merinding cuuuyyyy* babaaayyyy


Sumber



Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!
ha-ha-ha emoticon-Ngakak
Pilmny bikin mules bre..
Mungkin pocong indo juga kekgitu gan tangannya kalo ga di iket emoticon-Leh Uga
film waktu kecil emoticon-Big Grin
Mungkin ide bahwa jiangshi bergerak dengan meloncat-loncat itu muncul dari fenomena rigor mortis, kondisi dimana seluruh otot tubuh mengeras beberapa saat setelah kematian (Meski fenomena ini gak akan berlangsung terus-menerus). Jadi mereka pikir mayat yang kaku gak bisa menggerakkan tubuh secara bebas, sehingga mesti bergerak dengan melompat-lompat.

Walo ada juga jiangshi yang bisa bergerak bebas, macam LeiLei/Hsien-Ko dari Darkstalkers.
Bagi mantranya dong suhu emoticon-Leh Uga
ni hantu kalo adu lari sama pocong menang siapa yak? emoticon-Leh Uga
Kalo boleh ane bilang mungkin ini (Vampire) hantu paling gak seram didunia
intinya tahan nafas biar ngga diganggu emoticon-Ngakak
film jaman bocah dlu nih,jadi nostalgia emoticon-Matabelo
mules perut ane kalo nonton film ini ,apalagi kalo liat muridnya yg paling bodoh itu yg sering pake kaca mata....wkwkwkwkwkkk
TS jadul bgt keknya.. wkwkwkwk
bener tuh gan, yg musical vampire epic banget sama musiknya, tiap ane denger musik london bridge langsung teringat filem vampire jaman dulu wueeehehe
sembunyi dr pampir ga boleh napas trs ada yg kentut
tontonan ane abis pulang sekolah ni dan slalu ditemenin ama kakek ane klo nonton emoticon-Ngakak
"Kebetulan Film ini Tayang Saat Saya Masih Duduk Di bangku Sd"

Kaya nya umur Agan gk jauh Beda.

Sama bre, dulu jaman SD pulang sekolah, sabtu langsung nonton vampir. Berjamaah dg teman2 lebih afdhol dan terasa greget nya. emoticon-Ngakak
itu lagu dari jam bandul itu kan, yg bikin vampir jadi diem nyimak emoticon-Ngakak
Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!

kalo ini "Wong Baak Ming" doi vampire2 juga bukan ya? lupa ane emoticon-Big Grin
emoticon-Leh Uga
Fix ts orang jadul







Bawah ane orang tampan..

Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!
gemboked dolo

Nostalgia Vampire China. Tutup Hidung Rapat-rapat Bre!



×