alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Punya Posisi Strategis, Ganjar Pranowo Paling Berkepentingan dengan E-KTP
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5ef8514088d23258b456c/punya-posisi-strategis-ganjar-pranowo-paling-berkepentingan-dengan-e-ktp

Punya Posisi Strategis, Ganjar Pranowo Paling Berkepentingan dengan E-KTP

Punya Posisi Strategis, Ganjar Pranowo Paling Berkepentingan dengan E-KTP

Ada yang menarik dari persidangan lanjutan E-KTP hari ini, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017). Ketua DPR Setya Novanto yang hadir dalam persidangan tersebut mengaku terkejut dengan keterangan mantan pimpinan Komisi II DPR Ganjar Pranowo mengenai arahan dalam proyek e-KTP. Sebab Novanto mengaku tak pernah berpesan soal 'jangan galak untuk e-KTP' sebagaimana keterangan Ganjar.

Jaksa KPK menanyakan apakah artinya keterangan yang diberikan Ganjar adalah sebuah kebohongan. Menjawab itu, Novanto hanya menyatakan sangat kaget atas pernyataan Gubernur Jawa Tengah itu.

Dalam persidangan, Novanto berulang kali membantah pernah terlibat dalam pembahasan untuk mengawal anggaran e-KTP di DPR. Novanto mengaku tak pernah memberikan instruksi kepada fraksinya selain berpesan agar proyek-proyek yang diajukan pemerintah sebagai kepentingan nasional yang harus didukung dan dijalankan sesuai aturan yang berlaku.

Lantas, apa yang sebenarnya melandasi Ganjar Pranowo mengemukakan perihal pertemuannya dengan Novanto tersebut?

Sebelumnya, Ganjar dalam kesaksiannya di persidangan mengaku menyinggung e-KTP saat bertemu Novanto di Bandara Ngurah Rai, Bali sekitar tahun 2011-2012. Ganjar menjelaskan saat itu bertemu dengan Setya Novanto tetapi beda pesawat. Tentang perkataan Novanto 'jangan galak-galak', menurut Ganjar hal itu lantaran adanya perdebatan terkait proyek e-KTP yang sedang dibahas Komisi II DPR. Tetapi apakah benar penyebutan 'jangan galak-galak' Novanto merujuk pada pembahasan E-KTP? Inilah yang harus diperdalam majelis hakim Tipikor.

Ada 3 spekulasi pernyataan 'jangan galak-galak' Setya Novanto seperti yang disebut Politisi PDI-P itu dalam pengadilan. Pertama, bisa saja penyataan Novanto diartikan supaya Ganjar tidak kritis dalam pembahasan proyek E-KTP, mengingat pentingnya proyek itu bagi administrasi kependudukan. Pernyataan ini penting diungkap persidangan.

Kedua, bisa jadi maksud dari celetukan Novanto di Bandara Ngurah Rai itu terkait dengan pembahasan lain di DPR. Dan spekulasi lainnya adalah karangan yang dibuat sendiri Ganjar untuk meloloskan dirinya dari jerat hukum dengan mengaburkan fakta-fakta yang sesungguhnya terjadi.

Setiap pimpinan Komisi II mempunyai agenda sendiri untuk melakukan rapat secara berkala, guna membahas program-program yang diajukan pemerintah. Saat duduk sebagai wakil ketua Komisi II DPR, Ganjar Pranowo mempunyai tugas membidangi urusan Kemendagri dan Pilkada.

Berdasarkan posisi strategis yang dimilikinya saat itu, tentu Ganjar menjadi satu-satunya anggota Komisi II yang paling sering terlibat dalam pembahasan. Bahkan bukan tidak mungkin, dirinya selaku Wakil Ketua Komisi II yang membidangi proyek-proyek basah kementerian Gamawan Fauzi, paling intens berhubungan dengan para tersangka yang sudah di tetapkan KPK, khususnya Irman dan Sugiharto.

Jadi, sangatlah aneh apabila dirinya membantah tidak mengenal satu pun tersangka yang mengalirkan dana E-KTP melalui sejumlah pihak. Atau jangan-jangan, bantahan yang disampaikannya bahwa ia tidak menerima aliran dana tersebut hanyalah akal-akalan dan karangannya belaka untuk meloloskannya dari sanksi hukum.

Jaksa dalam dakwaannya menyebut Ganjar Pranowo saat menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR yang membidangi urusan Kemendagri dan Pilkada menerima aliran dana pengadaan E-KTP sebesar 520 ribu dolar AS. JPU KPK Irene Putri menyebut itu di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta saat membacakan dakwaan kasus korupsi e-KTP terhadap Irman dan Sugiharto, pejabat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, seperti diberitakan Detikcom https://goo.gl/oKY0it
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ane ga dapat apa2
Ini yg ngamuk2 di terminal gara2 pungli recehan ya
emoticon-Bingung
Hahahaaa emoticon-Wakaka
Quote:


Bukannya jembatan timbang bray ??
Ntar ada yg bilang "buktikan aja dipengadilan, jangan berkoar koar" emoticon-Big Grin
munafik
kadernya siapa ya?
kapan nih ada tersangka baru lagi?
gak korup
(klo kecil)

klo gede bukan korup
(itu pemberian/fee proyek)

emoticon-Najis
dalam dunia perkorupsian itu tidak ada saling percaya sob baik saat proses korupsi itu berlangsung atau saat ketahuan,kalo lagi proses pasti ada mata telinga (agen) yang posisikan (dekat principal) untuk memantau jalannya korupsi agar sesuai skenario,kalo ketahuan pasti saling bunuh membunuh untuk cari selamat.

yah kita lihat saja nanti siapa lagi kena.
Diubah oleh sukhoivsf22
gimana nih pdip? gubernur ente di duga "main" di proyek ektp?
Oooo mana mungkin ganjar ikutan proyek..
Ganjar kalo naik kereta eksekutif aja tidur di lantai kok emoticon-Betty
Quote:


saia dapet 1 lembar,......


E-KTP nya mbah



emoticon-Ngakak
Quote:


Heheheee
Quote:


PDIP tuh emoticon-Smilie
Quote:


Nah kan emoticon-Wakaka
Quote:


Siap. Ane setuju gan emoticon-2 Jempol
Quote:


Kan kabarnya ketuanya dah mau pensiun tuh gan emoticon-Smilie)
Quote:


Ganjar memang kereeeeen emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
klo Aher yg kesebut pasti nih thread udah berhamburan spermanya nastaik sampe berpage2
ouw curiga kayak dpt juga..
katanya ganjar di enggak nerima..
ya enggak terima rupiah tp nerima dollar..hahaha
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di